Sicco Mansholt

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sicco Mansholt
Presiden Komisi Eropa ke-4
Masa jabatan
1972 – 1973
Didahului oleh Franco Maria Malfatti
Digantikan oleh François-Xavier Ortoli
Informasi pribadi
Lahir 13 September 1908
Ollerom, De Marne, Groningen
Meninggal 30 Juni 1995 (umur 86)
Wapservene, Westerveld, Drenthe
Kebangsaan Belanda
Partai politik Partai Buruh
Suami/istri Henny J. Postel

Sicco Leendert Mansholt (lahir di Ulrum, De Marne, 13 September 1908 – meninggal di Wapserveen, Westerveld, 30 Juni 1995 pada umur 86 tahun) adalah Presiden Komisi Eropa ke-4 antara tahun 1972-1973. Sebelumnya, ia menjabat Komisaris Pertanian Eropa antara tahun 1958-1972.

Mansholt berasal dari keluarga petani sosialis dari Groningen. Ayah dan kakeknya adalah pendukung tokoh sosialis awal seperti Multatuli, Domela Nieuwenhuis dan Troelstra. Ayahnya Lambertus H. Mansholt adalah delegasi untuk Partai Buruh Sosial Demokrat di dewan provinsi Groningen. Ibunya Wabien Andreae, puteri seorang hakim di It Hearrenfean, adalah wanita pertama yang belajar ilmu politik. Sang ibu mengatur pertemuan politik untuk wanita, biasanya di rumahnya sendiri. SL. Mansholt masuk sekolah menengah di Groningen dan kemudian pindah ke Dèventer untuk belajar Sekolah Pertanian Tropis karena hendak menjadi petani tembakau.

Ia pindah ke Jawa di Hindia-Belanda (sekarang Indonesia) dan mulai bekerja di perkebunan teh. Ia kembali ke Belanda pada tahun 1936 karena tak betah dengan sistem kolonial. Ia ingin menjadi petani dan pindah ke Wieringermeer, sebuah polder yang direklamasi pada tahun reclaimed in 1937. Di sana, ia mulai bertani sendiri.

Di sana, ia menjadi anggota Sociaal-Democratische Arbeiderspartij, sebagai sekretaris lokal. Ia menduduki beberapa jabatan umum untuk SDAP di Wieringermeer, termasuk wali kota sementara di sana. Pada Perang Dunia II, ia aktif dalam gerakan perlawanan terhadap Jerman Nazi. Ia membantu orang yang sedang dalam bahaya untuk bersembunyi di Wieringermeerpolder; ia mengorganisir distribusi makanan gelap untuk provinsi-provinsi di barat. Segera setelah perang, PM PvdA yang berhaluan sosialis Wim Schermerhorn memintanya menduduki jabatan menteri pertanian, perikanan, dan distribusi makanan dalam kabinetnya. Mansholt menjadi anggota termuda di kabinet itu yang baru berusia 36.

Ia menjadi anggota dalam 6 kabinet: Schermerhorn-Drees pada tahun 1945; Beel pada tahun 1946; Drees-Van Schaik pada tahun 1948, dan 3 kabinet Drees pada tahun 1951, 1952, dan 1956. Sebagai menteri pertanian selama masa itu, ia merupakan salah satu arsitek penting Kebijakan Pertanian Umum Komisi Eropa. Pada tahun 1958, ia menjadi salah satu komisaris Komisi Eropa yang baru. Ia menjadi Komisaris Pertanian, memodernisasi pertanian Eropa dan wakil presiden lembaga tersebut. Ia menjadi Presiden Komisi Eropa pada tanggal 22 Maret 1972 (Komisi Mansholt) dan mendudukinya hingga tanggal 5 Januari 1973. Di masa inilah, ia banyak mendapat pengaruh dari Klub Roma.

Pada tahun 1954, debat parlemen atas anggaran departemen pertanian ditunda. Mansholt pernah mengikuti skating es di Elfstedentocht yang panjangnya mencapai 200 kilometer di Fryslân. Ia ikut pertandingan tersebut 2 kali seumur hidupnya.

Ia menikah dengan Henny J. Postel pada tahun 1938, dan memiliki 2 putera dan 2 puteri. Mansholt menghabiskan hari tuanya di Wapservene, Belanda timur laut sampai akhir hayatnya.

Didahului oleh:
A. Saal
Walikota Wieringermeer
1945
(sementara)
Diteruskan oleh:
G.G. Loggers
Didahului oleh:
Johannes Hendrik Gispen (pertanian)
Jim de Booy (perikanan)
Menteri Pertanian, Pertanian, dan Distribusi Bahan Pangan
1945-1958
Diteruskan oleh:
Kees Staf
Didahului oleh:
Gerardus Huysmans
Menteri Urusan Ekonomi
1948
(sementara)
Diteruskan oleh:
Johannes Roelof Maria van den Brink
Didahului oleh:
jabatan baru
Komisaris Eropa untuk Kebijakan Pertanian
1958-1972
Diteruskan oleh:
Carlo Scarascia-Mugnozza
Didahului oleh:
Franco Maria Malfatti
Presiden Komisi Eropa
1972-1973
Diteruskan oleh:
Francois-Xavier Ortoli
Didahului oleh:
jabatan baru
Komisaris Eropa dari Belanda
1958-1973
Diteruskan oleh:
Pierre Joseph Lardinois