Drenthe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Provincie Drenthe
Provinsi Drenthe
Flag Drenthe.svg Lambang Drenthe
Bendera Lambang
Map: Provinsi Drenthe di Belanda Holland Selatan Holland Utara Friesland Groningen Drenthe Flevoland Overijssel Gelderland Utrecht Limburg Brabant Utara Zeeland
Tentang gambar ini
Ibu kota Assen
Kota besar Assen
Komisaris Ratu Jacques Tichelaar
Agama (2005) Protestan 22.7%
Katolik 7.6%
Muslim 1.7%
Luas
 • Darat
 • Air
 
2,642 km² (ke-7)
38 km²
Populasi (2010)
 • Total
 • Kepadatan

489,918 (ke-10)
183/km² (ke-12)
Inclusion 1796
Lagu kebangsaan Mijn Drenthe
ISO NL-DR
Situs Web Resmi www.drenthe.nl

Drenthe (Tentang suara ini pengucapan ) adalah sebuah provinsi yang terletak di timur laut Belanda. Ibukotanya adalah Assen. Provinsi ini berbatasan dengan Overijssel di selatan, Friesland di barat, Groningen di utara, dan Jerman (distrik Emsland dan Bentheim) di timur.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti wilayah lainnya di Belanda, Drenthe telah menjadi daerah pedesaan yang jarang penduduknya sejak abad pertengahan. Lahan di Drenthe umumnya digunakan untuk pertanian, kecuali untuk beberapa industri di Assen dan Emmen.

Drenthe telah dihuni manusia sejak zaman prasejarah. Artefak dari Tahap Wolstonian (150.000 tahun lalu) merupakan artefak tertua yang pernah ditemukan di Belanda. Kenyataannya, daerah ini adalah salah satu yang paling padat penduduknya di Belanda sampai Zaman Perunggu. Bukti paling nyata dari ini adalah dolmen (hunebedden) dibangun sekitar 3500 SM, 53 dari 54 dolmen di Belanda dapat ditemukan di Drenthe dan terpusat di timur laut provinsi.

Drenthe pertama kali disebutkan dalam dokumen dari tahun 820, disebut sebagai Pago Treanth (distrik Drenthe). Dalam arsip dari "Het Utrechts Archief" tahun 1024-1025 "distrik Drenthe" dicantumkan, ketika Kaisar Henry II memberikannya kepada Uskup Adalbold II dari Utrecht.

Setelah lama tunduk pada Keuskupan Utrecht, pada tahun 1528 Uskup Henry dari Wittelsbach menyerahkan Drenthe kepada Kaisar Charles V dari Habsburg, yang memasukkan daerah ini ke Habsburg di Belanda. Ketika Republik Belanda dideklarasikan pada 1581, Drenthe menjadi bagian dari wilayah ini meskipun tidak mendapatkan status provinsi sampai 1 Januari 1796 karena kemiskinannya.

Sesaat sebelum pecahnya Perang Dunia Kedua, pemerintah Belanda membangun sebuah kamp di dekat kota Hooghalen untuk menampung pengungsi Jerman (Yahudi). Ironisnya, selama Perang Dunia Kedua, penjajah Jerman menggunakan kamp tersebut (yang mereka namakan KZ Westerbork) sebagai "Durchgangslager" (transit kamp). Banyak orang Yahudi Belanda, Sinti, orang Rom, pejuang dan penentang politik dipenjara sebelum dipindahkan ke kamp lain di Jerman dan Polandia. Anne Frank dideportasi di kereta terakhir dari Westerbork.

Nama daerah ini dikatakan berasal dari *thrija-hantja, "tiga daratan".

Politik[sunting | sunting sumber]

Dewan provinsi (Provinciale Staten) memiliki 51 kursi dan dipimpin oleh Komisaris Ratu, saat ini Jacques Tichelaar. Sementara dewan provinsi dipilih oleh penduduk, Komisaris diangkat oleh Ratu dan kabinet di Belanda. Dengan 19 kursi, sosial demokrat PvdA adalah partai terbesar di dewan. Urusan harian provinsi diurus oleh Gedeputeerde Staten, yang juga dipimpin oleh Komisaris; anggotanya (gedeputeerden) sebanding dengan menteri.

Map of Drenthe
Amsterdam Almelo Almere Amersfoort Arnhem Assen Breda Den Haag Delft Delfzijl Den Bosch Den Helder Dordrecht Enschede Haarlem Hilversum Maastricht Middelburg Zwolle Lelystad Leiden Utrecht (kota) Katwijk Nijmegen Eindhoven Vlissingen Rotterdam Leeuwarden Heerenveen Groningen (kota) Emmen Almelo Apeldoorn Alkmaar Zaanstad Tilburg Venlo Heerlen Drenthe Flevoland Friesland Gelderland Groningen Limburg Brabant Utara Holland Utara Overijssel Holland Selatan Utrecht Zeeland
Peta Belanda, menghubungkan ke artikel provinsi; titik merah menandai ibu kota provinsi dan titik hitam merupakan kota-kota penting lainnya.

Kota[sunting | sunting sumber]

Karena reorganisasi pada 1990-an, jumlah kota di Drenthe telah dikurangi menjadi dua belas. Oleh karena itu, sebagian besar munisipilitas kini terdiri dari beberapa kota dan desa.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Selain ibukota Assen, Emmen, Meppel dan Hoogeveen merupakan pusat utama perkotaan di provinsi ini. Drenthe sebagian besar terdiri dari padang rumput, tidak memiliki sungai atau danau yang berarti.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Pertanian merupakan mata pencaharian yang penting, meskipun kawasan industri banyak ditemukan di dekat kota. Heningnya provinsi juga semakin menarik banyak wisatawan.

Drenthe dikenal sebagai "Provinsi Bersepeda" di Belanda dan merupakan tempat yang luar biasa untuk liburan bersepeda, memiliki ratusan kilometer jalur sepeda melalui hutan, semak dan sepanjang kanal juga banyak kota dan desa-desa yang menawarkan tempat beristirahat di sepanjang jalan.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Lebih dari setengah penduduk Drenthe berbicara bahasa Drents. Setiap kota atau desa memiliki versi tersendiri. Semua versi adalah bagian dari kelompok bahasa Saxon Bawah Belanda. Bahas Saxon Bawah Belanda telah resmi diakui oleh pemerintah Belanda sebagai bahasa daerah dan dilindungi oleh Piagam Eropa untuk Bahasa Daerah atau Minoritas.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]