Brabant Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Provincie Noord-Brabant
Provinsi Brabant Utara
North Brabant-Flag.svg Lambang Brabant
Bendera Lambang
Map: Provinsi Brabant Utara di Belanda Holland Selatan Holland Utara Friesland Groningen Drenthe Flevoland Overijssel Gelderland Utrecht Limburg Brabant Utara Zeeland
Tentang gambar ini
Ibu kota 's-Hertogenbosch
Kota besar Eindhoven
Komisaris Ratu Wim van de Donk
Agama (2005) Protestan 6%
Katolik 57%
Muslim 4.5%
Luas
 • Darat
 • Air
 
4,919 km² (ke-2)
162 km²
Populasi (2006)
 • Total
 • Kepadatan

2,415,946 (ke-3)
491/km² (ke-5)
Lagu kebangsaan -
ISO NL-NB
Situs Web Resmi www.brabant.nl

Brabant Utara (bahasa Belanda: Noord-Brabant, [ˈnʊːrt ˈbraː.bɐnt]  ( dengarkan)), kadang disebut Brabant adalah sebuah provinsi yang terletak di selatan negara Belanda, berbatasan dengan Belgia di selatan, Sungai Meuse (Maas) di utara, Limburg di timur dan Zeeland di barat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sampai abad ke-17, daerah yang kini membentuk provinsi Brabant Utara sebagian besar merupakan bagian dari Kadipaten Brabant, sedangkan bagian selatannya menjadi negar Belgia. Pada abad ke-14 dan 15, daerah tersebut mengalami zaman keemasan, terutama kota-kota Leuven (Louvain), Antwerpen (keduanya sekarang di Belgia), Breda dan 's-Hertogenbosch.

Setelah Uni Utrecht ditandatangani pada tahun 1579, Brabant menjadi medan perang antara Protestan Republik Belanda dan Katolik Spanyol yang menduduki Belanda selatan. Sebagai hasil dari Perdamaian Westfalen, bagian utara Brabant menjadi bagian dari Belanda sebagai wilayah Staats-Brabant (Negara Brabant) di bawah pemerintahan federal, berbeda dengan provinsi pendiri Republik Belanda yang memiliki pemerintahan sendiri.

Upaya untuk memperkenalkan agama Protestan ke wilayah ini sebagian besar tidak berhasil; Brabant Utara tetap teguh pada Katolik Roma. Selama lebih dari satu abad, Brabant Utara menjabat sebagai zona penyangga militer. Pada tahun 1796, ketika diadakan konfederasi Republik Belanda menjadi kesatuan Republik Batavia, Staats-Brabant menjadi provinsi Bataafs Brabant. Status ini berakhir dengan reorganisasi oleh Perancis dan wilayah tersebut dibagi atas beberapa departemen.

Pada tahun 1815, Belgia dan Belanda bersatu dalam Kerajaan Serikat Belanda, provinsi Brabant Utara didirikan dan dinamakan demikian untuk membedakannya dari Brabant Selatan yang pada saat ini - Belgia yang memisahkan diri dari Kerajaan pada tahun 1830. Batas antara Belanda dan Belgia sangat khusus dalam hal ini, tidak membentuk garis perbatasan tetapi meninggalkan beberapa kantong-kantong kecil (dan terdapat kantong lagi di dalamnya) di kedua sisi perbatasan. Beberapa penyimpangan ini sudah dibetulkan, (Luyksgestel telah diganti menjadi Lommel), tetapi beberapa tetap, terutama Baarle-Hertog.

Ketika provinsi sekarang itu diadakan, wilayahnya diperluas dengan bagian dari provinsi Holandia dan mantan wilayah Ravenstein yang sebelumnya milik Kadipaten Kleve, serta beberapa mantan badan otonom kecil lainnya.

Periode dari 1900 sampai 1960-an disebut sebagai Het Rijke Roomse Leven (diterjemahkan sebagai 'kehidupan Romawi yang makmur', dengan 'Romawi' diartikan sebagai 'Katolik Roma'), sebuah kebangkitan agama dan spiritual. Het Rijke Roomse Leven muncul sebagai hasil dari dorongan emansipasi penduduk Katolik yang kurang beruntung dan didukung oleh pilar Katolik Roma, yang diarahkan oleh para ulama dan tidak hanya meliputi gereja, tetapi juga sekolah-sekolah Katolik Roma dan rumah sakit yang dikelola oleh biarawati. Pada masa itu setiap desa di Brabant Utara memiliki biara yang dijalankan para biarawati. Secara politik, provinsi ini didominasi oleh partai-partai Katolik: Roomsch-Katholieke Staatspartij dan penerusnya setelah perang, Katholieke Volkspartij yang sering memegang sekitar 75% suara.

Sebuah tanda mengatakan, "Selamat datang di Brabant". Brabant Utara sering hanya disebut sebagai "Brabant".

Pada tahun 1960-an, sekularisasi dan emansipasi yang sebenarnya dari penduduk Katolik membawa pembubaran secara bertahap terhadap pilar Katolik, seperti kehadiran gereja yang mengalami penurunan di Brabant Utara seperti tempat lainnya di Eropa Barat. Pengaruh Het Rijke Roomse Leven masih tersisa dalam bentuk pendidikan dalam Katolik Roma (kini dijalankan oleh guru profesional daripada biarawati) dan di Brabant Utara berupa budaya, politik, cara berpikir dan kebiasaan (folklor) seperti karnaval. Provinsi ini masih memiliki suasana Katolik yang berbeda bila dibandingkan dengan provinsi di utara sungai besar.

Politik[sunting | sunting sumber]

Dewan provinsi (Provinciale Staten) memiliki 55 kursi dan dipimpin oleh Ratu Komisioner, saat ini Wim van de Donk. Sementara dewan provinsi dipilih oleh penduduk, Komisioner diangkat oleh Ratu dan kabinet Belanda. Dengan 12 kursi, People's Party for Freedom and Democracy adalah partai terbesar di dewan, diikuti Christian Democratic Appeal dengan 10 kursi.

Urusan harian propinsi diurus oleh Gedeputeerde Staten yang juga dipimpin oleh Komisioner; anggotanya (gedeputeerden), sebanding dengan menteri.

Wilayah administrasi[sunting | sunting sumber]

Brabant Utara saat ini dibagi menjadi 68 munisipalitas. Dulu hampir setiap kota adalah sebuah munisipalitas yang terpisah, namun jumlah mereka berkurang banyak pada 1990-an dengan memasukkan kota-kota kecil ke kota-kota tetangga atau melalui penggabungan lainnya. Munisipalitas di Brabant Utara diantaranya:

Peta Brabant Utara
Amsterdam Almelo Almere Amersfoort Arnhem Assen Breda Den Haag Delft Delfzijl Den Bosch Den Helder Dordrecht Enschede Haarlem Hilversum Maastricht Middelburg Zwolle Lelystad Leiden Utrecht (kota) Katwijk Nijmegen Eindhoven Vlissingen Rotterdam Leeuwarden Heerenveen Groningen (kota) Emmen Almelo Apeldoorn Alkmaar Zaanstad Tilburg Venlo Heerlen Drenthe Flevoland Friesland Gelderland Groningen Limburg Brabant Utara Holland Utara Overijssel Holland Selatan Utrecht Zeeland
Peta Belanda, menghubungkan ke artikel provinsi; titik merah menandai ibu kota provinsi dan titik hitam merupakan kota-kota penting lainnya.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan daerah di Belanda, Brabant Utara sebagian besar datar, tapi hampir setiap bagian dari Brabant Utara di atas permukaan laut, sehingga kanal tidak sebanyak yang ada di bagian rendah Belanda. Sementara kebanyakan penduduk tinggal di daerah perkotaan, provinsi disebar ke desa-desa dan sebagian besar tanah diolah. Karena konstan dengan alam, wilayah, hutan, padang rumput dan daerah gundukan dapat juga ditemukan.

Sungai dan delta

Provinsi ini berbatasan dengan Sungai Meuse di utara. Deltanya mengalir melalui sebuah taman nasional di daerah Biesbosch.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Lapangan pekerjaan dapat ditemukan di sektor pertanian, industri dan jasa. Produk utama pertanian adalah gandum dan gula bit, sedangkan sapi dan babi dijadikan ternak. Industri utamanya meliputi produksi mobil, elektronik (keduanya sebagian besar di Eindhoven), tekstil dan sepatu.

Pada abad ke-20, pariwisata telah menjadi sektor yang penting untuk Brabant Utara, hutan dan suasana yang tenang dikombinasikan dengan keindahan beberapa kota terbukti berhasil. Objek wisata besar lainnya adalah taman bermain Efteling di Kaatsheuvel yang terbesar di Benelux. Meskipun pariwisata penting untuk ekonomi Brabant, konsumsi bir masih menjadi perangsang terbesar bagi perekonomian lokal.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 51°40′LU 5°00′BT / 51,667°LU 5°BT / 51.667; 5.000