Satyendra Nath Bose

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Satyendra Nath Bose
সত্যেন্দ্র নাথ বসু
Shottendro-Nath Boshū

Satyendra Nath Bose in 1925
Lahir 1 Januari 1894
Calcutta, India
Meninggal 4 Februari 1974 (umur 80)
Calcutta, India
Tempat tinggal India
Kebangsaan Indian
Bidang Mathematics and Physics
Institusi University of Calcutta
University of Dhaka
Alma mater University of Calcutta
Pembimbing
akademik
none
Dikenal atas Bose–Einstein condensate, Bose–Einstein statistics, Bose gas
Catatan
*Note that Bose didn't have a doctorate, and the highest degree he obtained was an M. Sc. from the University of Calcutta in 1915; his mentor was Sahill Poddar.

Satyendra Nath Bose (bahasa Bengali: সত্যেন্দ্র নাথ বসু Shottendronath Boshū, Templat:IPA-bn; 1 Januari 1894 – 4 Februari 1974), FRS adalah seorang ahli mathematika dan fisika asal India yang terkenal oleh karena kolaborasinya dengan Albert Einstein dalam mengembangkan teori kualitas radiasi elektromagnetik. Bose sangat terkenal oleh karena hasil penelitiannya dalam bidang kuantum mekanik pada tahun 1920-an. Hasilnya antara lain adalah Statistik Bose-Einstein dan teori kondensat Bose-Einstein. Untuk mengingat jasanya, namanya dipakai untuk nama Boson yaitu partikel sub-atomik yang mengikuti karakteristik prinsip-prinsip statistik Bose-Einstein

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dia dilahirkan Kolkata. Ayahnya adalah seorang insinyur di perusahaan East India Railway. Setelah lulus dari sekolah dasar, dia melanjutkan ke Presidency College. Di sanalah dia bertemu dengan J. Chandra Bose dan P. Chandra Ray, ilmuwan-ilmuwan yang memberikan inspirasi positif baginya.

Karirnya sebagai dosen fisika dijalaninya antara tahun 1916 hingga 1921 di Universitas Kolkata. Pada tahun 1921 dia bergabung pada Departement Fisika di Universitas Dhaka di Bangladesh. Pada tahun 1924, Bose menulis artikel yang menurunkan Prinsip kuantum Planck tanpa referensi pada fisika klasik dan hanya menggunakan cara-cara yang baru. Makalahnya ini diterjemahkannya sendiri ke dalam bahasa Jerman dan dikirimnya ke Albert Einstein di Jerman. Setelah itu, dia diundang berkunjung ke Eropa selama 2 tahun.

Ide-ide Bose banyak yang diterima oleh masyarakat fisika dunia. Pada tahun 1924, dia bekerja sama dengan Marie Curie dan beberapa ilmuwan Eropa terkenal lainnya. Setelah itu dia bekerja di Berlin bersama Albert Einstein. Bidang-bidang karyanya dimulai dari kristalografi dengan sinar X, teori medan, dan juga bersama Meghnad Saha memublikasikan persamaan dari gas riil.

Pada tahun 1926, Bose kembali ke Universitas Dhaka dan menjadi professor pada Departement Fisika. Oleh karena pembagian India di kemudian hari, Bose kembali ke Universitas Kolkata dan mengajar hingga tahun 1956. Pada tahun 1958, Bose diangkat menjadi seorang Fellow dari Royal Society of London.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • S. N. Bose. "Plancks Gesetz und Lichtquantenhypothese", Zeitschrift für Physik 26:178-181 (1924). (The German translation of Bose's paper on Planck's law)
  • Abraham Pais. Subtle is the Lord...: The Science and Life of Albert Einstein. Oxford and New York: Oxford University Press, 1982. (pp. 423–434). ISBN 0-19-853907-X.
  • "Heat and thermodynamics" Saha and Srivasthava.
  • Lev Pitaevskii and Sandro Stringari. "Bose-Einstein Condensation". Clarendon Press, 2003, Oxford.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]