Jigme Dorji Wangchuck

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Jigme Dorji Wangchuck
Jigme Dorji Wangchuck Name.svg
Raja Bhutan ke-3
Masa kekuasaan 27 Oktober 1952–21 Juli 1972
Pendahulu Jigme Wangchuck
Pengganti Jigme Singye Wangchuck
Pasangan Ashi Kelzang Chhoedon Wangchuck
Anak Ashi (Permaisuri) Sonam Choden Wangchuck, Ashi (Permaisuri) Dechen Wangmo Wangchuck, H.M Jigme Singye Wangchuck, Ashi (Permaisuri) Pema Choden Wangchuck, Ashi (Permaisuri) Kesang Wangmo Wangchuck
Wangsa Dinasti Wangchuck
Ayah Jigme Wangchuck

Jigme Dorji Wangchuck (Wylie: 'jigs med rdo rje dbang phyuk; 2 Mei 1928 – 21 Juli 1972) adalah raja Bhutan ketiga.

Ia mulai membuka Bhutan kepada dunia luar, merintis modernisasi, dan mengambil langkah pertama menuju demokratisasi. Setelah menggantikan ayahnya, Jigme Wangchuck, pada tanggal 27 Oktober 1952, Jigme Dorji Wangchuck mengakhiri feudalisme dan perbudakan. Ia mendukung penemuan-penemuan modern untuk membantu petani lokal dan memperkenalkan kendaraan beroda, karena sebelumnya pengangkutan hasil panen dilakukan secara manual. Ia mendirikan mahkamah agung dan mengatur ulang sistem hukum. Pada tahun 1953, ia mendirikan Tshogdu atau Dewan Nasional Bhutan - parlemen unikameral pertama Bhutan.

Pada masa kekuasaannya rencana pembangunan ekonomi pertama dirancang. Pada tahun 1961, rencana pembangunan ekonomi lima tahun diluncurkan untuk tahun 1961-1966. Bhutan masih mengikuti rencana pembangunan ekonomi ini. Ia mendirikan dewan menteri pertama Bhutan pada tahun 1968. Pada tahun 1963, Bhutan bergabung dengan Colombo Plan. Selama masa kekuasaannya pula, 1770 km jalan dibangun, jumlah sekolah naik menjadi 102, dan 6 rumah sakit didirikan.

Masuknya wilayah Tibet ke dalam Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1961 mendorong raja untuk memperkuat hubungan dengan negara lain, terutama India. Bhutan bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1971. Pada saat yang sama, ia memberikan Dewan Nasional wewenang untuk menjatuhkannya atau penerus-penerusnya dengan jumlah suara minimal dua per tiga dari jumlah anggota dewan.

Jigme Dorji Wangchuck mengalami serangan jantung pertamanya pada umur dua puluh. Ia sering pergi ke luar negeri untuk mendapat penanganan medis. Sang raja wafat saat dirawat di Nairobi, Kenya, pada tahun 1972.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Jigme Dorji Wangchuck
Lahir: 2 Mei 1928 Wafat: 21 Juli 1972
Gelar pemerintahan
Didahului oleh:
Jigme Wangchuck
Raja Bhutan
1963-1972
1952-1963
Diteruskan oleh:
Jigme Singye Wangchuck