Satyajit Ray

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Satyajit Ray
Lahir 2 Mei, 1921
Kolkata, India
Pekerjaan Pembuat film, penulis

Satyajit Ray (Bengali: সত্যজিৎ রায় Shottojit Rae) (2 Mei 1921 - 23 April 1992) adalah seorang sutradara film berasal dari India. Ia dikenal luas sebagai salah satu tokoh besar dalam dunia sinema pada abad ke-20. Lahir di Kolkata, berasal dari keluarga Bengali yang terkemuka dalam dunia seni dan sastra. Ray mengenyam pendidikan di Presidency College dan juga di Universitas Visva-Bharati, sekolah yanng didirikan oleh sastrawan kondang Rabindranath Tagore di Shantiniketan. Ray mengawali karier sebagai seniman komersil, ketertarikannya pada dunia sinema diawali saat bertemu dengan sutradara Perancis, Jean Renoir dan menonton film italia beraliran neoralis, Bycycle Thieves saat ia berkunjung ke London.

Ia adalah sutradara yang produktif dan cakap dalam banyak bidang, menyutradarai 37 film, termasuk film pendek dan dokumenter. Film pertamanya, Pather Panchali, memenangkan 11 penghargaan internasional, termasuk Best Human Document di Festival Film Cannes. Yang dilanjutkan dengan Aparajito dan Apur Sansar, ketiga nya merupakan satu kesatuan dalam Apu trilogi — karya ini dikenal luas sebagai adi karya-nya. Ray melakukan pekerjaan dalam urutan tugas, termasuk didalamnya adalah menulis naskah, pemillihan pemain, pemilihan musik dan tata suara, sinematografi, pengarahan seni, editing, desain untuk judul dan kredit, serta menyiapkan materi promosi dan publikasi. Selain berkarya dalam dunia sinema, ia juga seorang penulis cerita fiksi, penerbit, ilustrator, desainer grafis, dan kritikus film. Ray banyak menerima penghargaan besar sepanjang kariernya, termasuk penerima Penghargaan Academy Kehormatan (Academy Honorary Award) pada tahun 1992.

Masa-masa awal[sunting | sunting sumber]

Para leluhur Satyajit Ray bisa ditelusuri sekurang-kurangnya dalam sepuluh generasi kebelakang.[1] Awal kecemerlangan dalam sejarah keluarganya diawali oleh sang kakek, Upendrakishore Raychowdhury, seorang penulis, ilustrator, filsuf, penerbit dan ahli ilmu perbintangan amatir. Raychowdhury adalah pemimpin dari Brahmo Samaj, gerakan sosial keagamaan pada abad ke-19 di Benggala. Sukumar Ray, putranya adalah sastrawan besar Bengali yang beraliran nonsense rhyme, kritikus sastra dan ilustrator. Ray lahir di Kolkata, dari pernikahan Sukumar dengan Suprabha Ray. Ayah Ray meninggal saat ia berusia tiga tahun, dan ibunya bekerja keras untuk memberi penghidupan untuk mereka berdua. Ray melanjutkan pendidikannya di Presidency College untuk mempelajari Ilmu Ekonomi, namun ketertarikan utamanya tetap pada seni. Pada 1940, ibunya mendesak untuk melanjutkan ke Universitas Visva-Bharati di Shantiniketan, yang didirikan oleh Rabindranath Tagore. Namun Ray enggan mengikuti anjuran ibunya, dan juga didasari atas kecintaannya pada kota kelahirannya, Kolkata. Selain itu juga, ia tidak tertarik pada kehidupan kampus, kehidupan kaum intelektual.[2] Namun ibunya tetap memberi dorongan serta rasa kagum pada sosok Tagore, membuat Ray mengambil keputusan untuk mencoba saran sang ibu. Di Shantiniketan, Ray mengenal dan mengagumi seni Oriental. Belakangan ia mengakui kalau ia belajar banyak pada pelukis terkenal Nandalal Bose[3] dan Benode Behari Mukherjee orang yang kemudian dibuatkan film dokumenter oleh Ray. Dan dengan mengunjungi Ajanta, Ellora dan Elephanta, Ray membangun rasa kagumnya atas seni dan budaya bangsa India.[4]

Catatan kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seton 1971, hlm. 36
  2. ^ Robinson 2003, hlm. 46
  3. ^ Seton 1971, hlm. 70
  4. ^ Seton 1971, hlm. 71–72

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]