Abbas Kiarostami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Abbas Kiarostami
Kiarostami pada pembukaan Festival Film Internasional Ibn Arabi di Murcia, 2013
Nama asalعباس کیارستمی
Lahir(1940-06-22)22 Juni 1940
Teheran, Iran
Meninggal4 Juli 2016(2016-07-04) (umur 76)
Paris, Prancis
Tempat pemakamanLavasan, Iran
KebangsaanIran
AlmamaterUniversitas Teheran
PekerjaanSutradara film, penulis skenario, fotografer, produser, pelukis, penyair
Tahun aktif1962–2016
Karya terkenalWhere Is the Friend's Home?
Close-Up
Through the Olive Trees
Taste of Cherry
The Wind Will Carry Us
GayaDokumenter, minimalis
Kota asalGheytarieh, Teheran, Iran
Suami/istri
Parvin Amir-Gholi
(m. 1969⁠–⁠1982)
Anak
  • Ahmad (b. 1971)
  • Bahman (b. 1978)
Orang tua
  • Ahmad Kiarostami
  • Zahra Kiarostami

Abbas Kiarostami (Persia: عباس کیارستمی; 22 Juni 1940 – 4 Juli 2016) adalah seorang sutradara berbakat sekaligus kontroversial pasca-revolusi Iran, dia juga salah satu sutradara terhormat di ajang perfilman internasional pada dekade terakhir. Pada masa 1980-an dan 1990-an, ketika Iran masih dipandang buruk oleh Barat, karya filmnya sudah mengenalkan isu hak asasi manusia dan seni.

Kiarostami belajar di Universitas Teheran Fakultas Seni Rupa. Pada 1970, dia mendirikan departemen film di Institut Pengembangan Intelektual Anak dan Remaja (dikenal sebagai Kanun), di mana ia menjadi figur utama pembuat film Iran kontemporer. Dia memimpin departemen itu selama lima tahun kemudian, dan bersamaan itu keluar film pertamanya Nan va Koutcheh (1970). Di Kanun, ia juga membuat film pendidikan, organisasi non-profit, dan membentuk dasar kiprahnya di perfilman.

Meskipun Kiarostami telah membuat banyak film yang memenangkan penghargaan, adalah Revolusi Iran yang ikut melambungkan namanya di panggung perfilman internasional. 20 tahun setelah film pertamanya, Gozaresh (1977), dia mendapat penghargaan penting Palem Emas di Festival Film Cannes untuk film Ta'm-e gīlās pada 1997.

Karya emasnya Nema-ye Nazdik (1990) dan, kemudian, karya puitiknya Zendegi va digar hich (1991) mengukuhkan perjalanan karya Kiarostami di mata Barat, terutama Prancis. Dia memenangi penghargaan Un Certain Regard di Cannes.

Kiarostami digolongkan sebagai pembuat film generasi "New Wave", sebuah pergerakan dalam perfilman Iran yang dimulai pada 1960-an, sebelum revolusi 1979 dan memuncak pada 1970-an. Sutradara seperti Forough Farrokhzad, Sohrab Shahid Saless, Bahram Beizai, dan Parviz Kimiavi adalah perintis pergerakan ini. Mereka membuat karya film inovatif yang bersuara politis dan filosofis, dan berbahasa puitik. Beberapa, seperti Saless (yang disandingkan dengan Robert Bresson, mengenalkan gaya realis (plot sedikit, tidak dramatis), sedangkan lainnya, seperti Kimiavi (dikenal sebagai Godardnya Iran, mencampur antara fantasi dan realitas, menghasilkan sebuah film yang penuh metafor.

Dia juga menulis puisi dan menerbitkan koleksinya pada 1999.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]