E.T. the Extra-Terrestrial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
E.T. the Extra-Terrestrial
E t the extra terrestrial ver3.jpg
Original 1982 theatrical poster by John Alvin[1]
Sutradara Steven Spielberg
Produser Steven Spielberg
Kathleen Kennedy
Penulis Melissa Mathison
Pemeran Henry Thomas
Dee Wallace
Robert MacNaughton
Drew Barrymore
Peter Coyote
Musik John Williams
Sinematografi Allen Daviau
Penyunting Carol Littleton
Distributor Universal Studios
Tanggal rilis 11 Juni 1982
Durasi 115 menit (1982)
120 menit (2002: 20th anniversary edition)
Negara  Amerika Serikat
Bahasa English
Anggaran US$10,5 juta (perkiraan)[2]
Pendapatan kotor $792.910.554

E.T. the Extra-Terrestrial merupakan sebuah film Amerika Serikat, yang dirilis pada tanggal 11 Juni 1982. Film yang disutradarai oleh Steven Spielberg ini pemainnya antara lain ialah Henry Thomas, Dee Wallace-Stone, Robert MacNaughton, dan memperkenalkan Drew Barrymore (yang pada saat itu, baru berumur 7 tahun), pada publik dunia film. Film ini melejitkan karier Drew Barymoore dalam dunia film.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setelah orang tuanya bercerai pada 1960, Spielberg mengisi kekosongannya dengan berimajinasi tentang alien. Spielberg mengatakan bahwa E.T. adalah "teman yang dapat menjadi saudara laki laki yang tidak pernah saya miliki dan ayah yang tidak dapat saya rasakan lagi." Selama 1978, Spielberg mengumumkan bahwa ia akan mengambil syuting sebuah film berjudul Growing Up', yang akan difilmkan selama 28 hari . Proyek ini kemudian disisihkan dahulu karena penundaan 1941, namun konsep membuat sebuah film autobiografikal kecil tentang masa kecil akan tetap bertahan bersama Spielberg. Ia juga berpikir tentang tindak lanjut dari film Close Encounters of the Third Kind dan mulai membangun proyek yang telah ia rencanakan bersama John Sayles berjudul Night Skies dimana para alien jahat meneror sebuah keluarga.

Pengambilan gambar E.T. dimulai pada September 1981. Proyek ini difilmkan dengan sebutan A Boy's Life karena Spielberg tidak ingin ada orang lain yang mengetahui dan memplagiat plot cerita. Para aktor harus membaca skrip naskah dibalik pintu tertutup, dan semua orang yang berada di lokasi syuting wajib menggunakan kartu ID. Pengambilan gambar dimulai selama dua hari di sebuah sekolah di Culver City, dan para kru menghabiskan sebelas hari berikutnya di Northridge dan Tujunga. Adegan di rumah diambil di 7121 Lonzo Street di Tujunga. 42 hari berikutnya dihabiskan di Studio Internasional Laird di Culver City, untuk interior rumah Elliott. Kru mengambil gambar di sebuah hutan dekat Crescent City untuk enam hari terakhir produksi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]