Catch Me If You Can

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Catch Me If You Can
Catch Me If You Can 2002 movie.jpg
Poster film
Sutradara Steven Spielberg
Produser
Skenario Jeff Nathanson
Berdasarkan
Pemeran
Musik John Williams
Sinematografi Janusz Kamiński
Penyunting Michael Kahn
Studio Amblin Entertainment
Splendid Pictures
Kemp Company
Distributor DreamWorks
Tanggal rilis
Durasi 141 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $52 juta
Pendapatan kotor $352,114,312


Catch Me If You Can adalah film drama komedi Amerika tahun 2002. Film ini dibuat berdasarkan biografi Frank Abagnale Jr., yang sebelum ulang tahunnya ke-19 telah berhasil menggelapkan uang senilai jutaan dolar Amerika dengan menyamar sebagai pilot Pan American World Airways, dokter dari Georgia, pengacara dari Lousiana dan parish prosecutor. Kejahatan utamanya adalah penipuan cek, dan karena ia begitu terampil maka FBI akhirnya meminta bantuannya dalam menangkap pelaku penipuan cek lainnya. Film ini disutradarai oleh Steven Spielberg, dan diperankan oleh Leonardo DiCaprio sebagai Abagnale dan Tom Hanks sebagai Hanratty (Agen FBI), juga Christopher Walken, Amy Adams, Martin Sheen, dan Nathalie Baye.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Leonardo DiCaprio dan Frank Abagnale yang sesungguhnya.
  • Leonardo DiCaprio sebagai Frank Abagnale, Jr. Sebelum ulang tahunnya ke-19, Frank telah berhasil menggelapkan uang senilai jutaan dolar Amerika dengan menyamar sebagai pilot Pan American World Airways, dokter dari Georgia]], pengacara dari Lousiana dan parish prosecutor.
  • Tom Hanks sebagai Carl Hanratty, seorang agen FBI yang memburu Frank sepanjang film ini. Hanratty sering diejek oleh agen lainnya yang tidak menganggap serius kejahatan penipuan cek. Hanratty seorang duda, anak dan mantan istrinya tiggal di Chicago. Pada akhirnya Carl dan Frank menjadi sahabat baik.
  • Christopher Walken sebagai Frank Abagnale, Sr., ayah Frank, seorang veteran perang dunia II. Frank, Sr. kehilangan istri dan sebagian besar kekayaannya setelah dirinya melakukan penggelapan pajak. Frank, Sr. meninggal setelah jatuh dari tangga di stasiun kereta api.
  • Nathalie Baye sebagai Paula Abagnale, ibu Frank. Frank, Sr. bertemu dengannya saat dia berusia 18 tahun di Montrichard, Perancis ketika perang dunia II. Enam bulan setelah pertemuan itu keduanya menikah. Paula bercerai dengan Frank, Sr. ketika Frank berusia 16 tahun, kemudian menikahi Jack Barnes.
  • Amy Adams sebagai Brenda Strong. Sebelum menjadi perawat, Brenda telah melakukan aborsi. Orangtuanya yang menganut ajaran Lutheran mengabaikannya, sampai mereka bertemu dengan Frank, Jr.
  • Martin Sheen sebagai Roger Strong, ayah Brenda, and suami Carol. Roger adalah jaksa wilayah yang terkenal di Louisiana dan tidak mudah diyakinkan bahwa Frank, Jr. adalah lulusan dari sekolah hukum.
  • James Brolin sebagai Jack Barnes, rekanan dari Frank, Sr. di New Rochelle, New York Rotary Club. Barnes kemudian terlibat perselingkuhan dengan Paula, yang memicu perceraian kedua orangtua Frank Jr.
  • Nancy Lenehan sebagai Carol Strong, ibu Brenda dan istri Roger. Ketika berpikir bahwa Frank, Jr. adalah seorang dokter, pengacara, dan penganut Lutheran, dia sangat gembira untuk menikahkan puterinya.

Brian Howe, Frank John Hughes dan Chris Ellis berperan sebagai agen FBI. Jennifer Garner berperan sebagai gadis panggilan, Ellen Pompeo dan Elizabeth Banks sebagai peran pembantu. Frank Abagnale yang sesungguhnya muncul sebagai polisi Perancis yang menangkap karakternya dalam film ini.