Ram Narayan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ram Narayan
Informasi latar belakang
Lahir25 Desember 1927 (umur 96)
Udaipur, Kemaharajaan Britania
GenreMusik klasik Hindustani
Instrumensarangi
Tahun aktif1944–sekarang
Artis terkaitAbdul Wahid Khan, Chatur Lal, Brij Narayan
Situs webPandit Ram Narayan

Ram Narayan (Hindi: राम नारायण; IAST: Rām Nārāyaṇ) (lahir pada tanggal 25 Desember 1927), biasanya dikenal dengan panggilan Pandit, adalah seorang musisi India yang memopulerkan alat musik bersenar dengan nama sarangi dalam konser instrumen solo musik klasik Hindustani dan menjadi orang pertama yang sukses secara internasional sebagai pemain sarangi.

Narayan lahir di Udaipur dan belajar untuk memainkan sarangi pada umur yang masih muda. Dia belajar dari para pemain sarangi serta penyanyi dan, dalam usia yang masih musa, bekerja sebagai guru musik dan musisi yang berkelana. All India Radio, Lahore, mempekerjakan Narayan sebagai pengiring penyanyi vokal pada tahun 1944. Dia pindah ke Delhi mengikuti partisi India pada tahun 1947, tetapi berkeinginan untuk maju melampaui pekerjaan sebagai pengiring dan kefrustasiannya dengan peran yang dimainkannya, sehingga Narayan pindah ke Mumbai untuk bekerja di Cinema of India pada tahun 1949.

Setelah usaha yang tidak berhasil pada tahun 1954, Narayan menjadi artis dalam konser solo pada tahun 1956, tetapi tidak lama setelah itu dia berhenti dari pekerjaannya sebagai pengiring. Dia merekam album solo dan mulai melakukan tur ke Amerika dan Eropa pada tahun 1960an. Narayan mulai mengajar orang India dan pelajar asing serta melakukan pertunjukkan musik, secara berkala di luar India, sampai tahun 2000an. Dia dianugerahi penghargaan tertinggi kedua sebagai warga India, yaitu Padma Vibhushan, pada tahun 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]