Samuel Schmid

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Samuel Schmid
Anggota Dewan Federal Swiss
Masa jabatan
1 Januari 2001 – 31 Desember 2008
Didahului oleh Adolf Ogi
Digantikan oleh Ueli Maurer
Presiden Konfederasi Swiss
Masa jabatan
1 Januari 2005 – 31 Desember 2005
Wakil Presiden Moritz Leuenberger
Didahului oleh Joseph Deiss
Digantikan oleh Moritz Leuenberger
Menteri Pertahanan, Hak Perlindungan Sipil, dan Olahraga
Masa jabatan
1 Januari 2001 – 31 Desember 2008
Didahului oleh Adolf Ogi
Digantikan oleh Ueli Maurer
Wakil Presiden Swiss
Masa jabatan
1 Januari 2004 – 31 Desember 2004
Presiden Joseph Deiss
Didahului oleh Ruth Metzler
Digantikan oleh Moritz Leuenberger
Informasi pribadi
Lahir 8 Januari 1947 (umur 67)
Rüti bei Büren
Partai politik BDP
sebelumnya SVP

Samuel Schmid (lahir 8 Januari 1947 di Rüti bei Büren, Kanton Bern) adalah politikus Swiss. Selama periode 1 Januari 2001-31 Desember 2008, dia menjabat di Dewan Federal Swiss dan menjabat Menteri Pertahanan, Hak Perlindungan Sipil, dan Olahraga (terutama bertindak sebagai menteri pertahanan untuk Swiss) pada periode 1 Januari 2001-31 Desember 2008. Dalam jabatan ini, dia menggantikan Adolf Ogi dan digantikan oleh Ueli Maurer.

Ia terpilih di Dewan Federal Swiss pada 6 Desember 2000. Semula, dia menjabadi anggota Partai Rakyat Swiss (SVP/UDC). Kemudian, dia bergabung dengan Partai Konservatif Demokrat. Selama masa jabatannya, ia telah menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Hak Perlindungan Sipil, dan Olahraga. Selama periode 1 Januari 2004-31 Desember 2004, ia menjabat Wakil Presiden Konfederasi untuk mendampingi Joseph Deiss yang menjabat Presiden Konfederasi. Dalam jabatan ini, dia menggantikan Ruth Metzler dan kemudian digantikan oleh Moritz Leuenberger. Jabatan Presiden Konfederasi diraihnya pada tahun 2005.

Schmid adalah anggota sayap moderat SVP's / agraria. Ia berada di bawah tekanan oleh sayap nasionalis partai pimpinan mantan Penasihat Federal Christoph Blocher agar mengambil sikap yang moderat pada isu-isu tertentu. Setelah SVP menjadi partai terbesar di Majelis Federal pada pemilu federal 2003, SVP mengancam menghapus Schmid dari Dewan jika tidak mendapatkan kursi tambahan (yang akhirnya diraih Blocher).

Setelah Blocher kalah dalam pemilihan kembali ke Dewan Federal akibat dukungan SVP moderat lain, kaukus SVP memilih Eveline Widmer-Schlumpf dan mengecualikan Schmid. Widmer-Schlumpf berasal dari kelompok partai. Beberapa meminta mereka untuk dikeluarkan dari partai. Namun, secara hukum federasi Swiss pihak kantonal (kewilayahan) yang lebih memiliki otoritas partai. Setelah dikeluarkan dari partai, Schmid yang menjadi bagian SVP Bern harus mengakhiri keanggotaannya. Tetapi, dia menolak melakukan hal itu. Pada tahun 2008, Schmid bergabung dengan Partai Demokrat Konservatif yang baru terbentuk, bersama hampir seluruh bagian SVP Bern.

Pada tanggal 12 November 2008, Schmid mengundurkan diri dari Dewan Federal yang efektif 1 Januari 2009. Pengunduran diri itu menyusul tekanan politik secara terus-menerus oleh Partai Rakyat Swiss selama berbulan-bulan akibat skandal dan kecelakaan di militer Swiss, serta kondisi kesehatan yang buruk.[1] Samuel Schmid kemudian digantikan oleh Ueli Maurer dari Partai Rakyat Swiss.

Referensi[sunting | sunting sumber]


Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Schmid announces resignation". Swissinfo. 12 November 2008. Diakses 2008-11-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Adolf Ogi
Anggota Dewan Federal Swiss
2001–2008
Diteruskan oleh:
Ueli Maurer
Didahului oleh:
Joseph Deiss
Presiden Swiss
2005
Diteruskan oleh:
Moritz Leuenberger

Templat:Anggota Dewan Federal Swiss