Presiden Konfederasi Swiss

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Presiden Konfederasi Swiss
Petahana
Didier Burkhalter

sejak 1 Januari 2014
Tempat tinggal Istana Federal
Masa jabatan 1 tahun
Pejabat pertama Jonas Furrer
Formasi 21 November 1848
Situs www.admin.ch

Presiden Konfederasi (bahasa Italia: Presidente della Confederazione, bahasa Perancis: Président de la Confédération, bahasa Jerman: Bundespräsident) adalah anggota ketua Federal Swiss atas tujuh anggota untuk jabatan eksekutif Swiss. Dipilih oleh Majelis Federal untuk satu tahun, Presiden Konfederasi memimpin rapat Dewan Federal dan melaksanakan tugas representasi khusus. Primus inter pares, Presiden tidak memiliki kekuasaan di atas dewan lainnya dan terus mengepalai departemennya. Secara tradisional tugas berputar di antara para anggota dalam rangka senioritas dan tahun sebelumnya Wakil Presiden menjadi Presiden.

Seperti yang pertama di antara yang sederajat, anggota Dewan Federal menjabat sebagai Presiden Konfederasi tidak dianggap kepala Negara Swiss. Sebaliknya, seluruh Dewan Federal dianggap sebagai Kepala Negara kolektif.

Ketentuan konstitusional yang berkaitan dengan organisasi Pemerintah Federal dan Federal Administration ditetapkan dalam ayat 1 Bab 3 dari Konstitusi Federal Swiss [1] pada artikel 174-179. Pasal 176 khusus berkaitan dengan Kepresidenan.

Kompetensi[sunting | sunting sumber]

Presiden Swiss bukanlah - seperti yang, misalnya, Presiden di Austria atau Jerman - Kepala Negara. Konstitusi Federal Swiss tidak mengetahui seorang Kepala Negara atau Kepala Pemerintah. Kedua fungsi-fungsi ini dikelola oleh Dewan Federal secara kolektif. Jika suara diikat terjadi di dewan (yang tidak terjadi terlalu sering, jumlah Federal dewan menjadi angka ganjil), Presiden, sedang yang Ketua, melemparkan suara menentukan.

Selain kontrol terhadap departemennya sendiri, Presiden melakukan beberapa tugas perwakilan dari Kepala Negara. Pada awalnya, ini hanya kasus di Swiss, di mana Presiden memberikan pidato pada Tahun Baru dan Swiss National Holiday (1 Agustus). Baru-baru ini, ditambah kunjungan asing berarti bahwa Presiden juga sering bepergian ke luar negeri.

Namun, karena Swiss tidak memiliki satu Kepala Negara, negara juga tidak melakukan kunjungan negara. Ketika bepergian ke luar negeri, Presiden melakukannya hanya sebagai Menteri biasa dari Departemen pemerintah. Kunjungan kepala negara yang diterima oleh tujuh anggota Dewan Federal bersama-sama, bukan oleh Presiden Konfederasi. Perjanjian ditandatangani atas nama Dewan penuh, dengan semua anggota Dewan Federal penandatanganan surat kepercayaan dan dokumen lain semacam itu.

Pemilihan[sunting | sunting sumber]

Presiden dipilih oleh Majelis Federal dari Dewan Federal dalam setiap kasus selama satu tahun.

Pada abad ke-19, pemilihan Presiden Federal penghargaan untuk terutama terhormat anggota Dewan Federal. Namun, beberapa anggota berpengaruh dari pemerintah secara teratur menyeberang. Salah satu contoh adalah Wilhelm Matthias Naeff, yang milik pemerintah selama dua puluh tujuh tahun, tetapi Federal Presiden hanya sekali pada tahun 1853.

Sejak abad keduapuluh, pemilihan tersebut biasanya tidak diperdebatkan. Ada aturan tidak tertulis bahwa anggota Dewan Federal yang belum Federal Presiden paling lama menjadi Presiden. Oleh karena itu setiap anggota Dewan Federal mendapat giliran setidaknya sekali setiap tujuh tahun. Satu-satunya pertanyaan dalam pemilu yang memberikan ketegangan beberapa adalah pertanyaan tentang berapa banyak suara orang yang dipilih Presiden menerima. Hal ini dipandang sebagai ujian popularitas. Pada tahun 1970 dan 1980-an, 200 suara (dari 246 mungkin) dipandang sebagai hasil yang sangat baik, tetapi di era saat ini tumbuh konflik partai-politik, 180 suara adalah hasil yang terhormat.

Sampai tahun 1920, itu adat untuk melayani Presiden Federal juga memimpin Departemen Luar Negeri. Oleh karena itu setiap tahun ada bergerak posting, sebagai Presiden pensiun kembali ke departemen mantan dan presiden yang baru pindah ke Departemen Luar Negeri. Demikian juga, itu adalah tradisional untuk Presiden Federal, bahkan sebagai Menteri Luar Negeri, tidak meninggalkan Swiss selama tahun di kantor.

Pada 4 Desember 2013, Didier Burkhalter terpilih menjadi presiden untuk tahun 2014.[2] [3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Federal constitution of the Swiss Confederation, in English
  2. ^ Burkhalter: «Ich werde andere Krawatten tragen als Maurer», article on the website of Swiss Radio & Television srf.ch from December 4, 2013 (in German). Retrieved 20-01-2014
  3. ^ Ungewohntes Rampenlicht für den Aussenminister, article in the tagesanzeiger.ch from December 25, 2013 (in German). Retrieved 20-01-2014

Pranala luar[sunting | sunting sumber]