Micheline Calmy-Rey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Micheline Calmy-Rey
Anggota Dewan Federal Swiss
Masa jabatan
1 Januari 2003 – 31 Desember 2011
Didahului oleh Ruth Dreifuss
Digantikan oleh Alain Berset
Presiden Swiss
Masa jabatan
1 Januari 2011 – 31 Desember 2011
Wakil Presiden Eveline Widmer-Schlumpf
Didahului oleh Doris Leuthard
Digantikan oleh Eveline Widmer-Schlumpf (Terpilih)
Masa jabatan
1 Januari 2007 – 31 Desember 2007
Wakil Presiden Pascal Couchepin
Didahului oleh Moritz Leuenberger
Digantikan oleh Pascal Couchepin
Informasi pribadi
Lahir 8 Juli 1945 (umur 68)
Sion, Swiss
Partai politik Partai Sosial Demokrat
Suami/istri André Calmy
Alma mater Graduate Institute of International Studies

Micheline Anne-Marie Calmy-Rey (lahir 8 Juli 1945 di Sion, Valais) adalah Presiden Konfederasi. Selama periode 1 Januari 2003-31 Desember, dia menjabat kepala Departemen Urusan Luar Negeri Federal - yaitu, menteri luar negeri Swiss ketika menggantikan Joseph Deiss dan digantikan oleh Didier Burkhalter. Dia telah menjadi anggota Dewan Federal Swiss sejak 2003 dan menjabat Presiden Konfederasi pada 2007 serta kemudian 2011. Selama periode 1 Januari 2006-31 Desember 2006 dan 1 November 2010-31 Desember 2010, ia adalah Wakil Presiden Swiss. Dia mengundurkan diri jabatannya sebagai anggota Dewan Federal pada tanggal 31 Desember 2011.

Awal Hidup dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Calmy-Rey lahir di Sion yang terletak di Wilayah Valais dari pasangan Charles dan Adeline Rey. Ia meraih gelar diploma pada 1963 dari St. Maurice dan menerima gelar DEA dalam ilmu politik dari Institut de hautes études internationales (HEI) pada tahun 1968. Pada 1966, ia menikah dengan André Calmy. Dari pernikahan mereka lahir dua anak.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada periode 1981-1997, Calmy-Rey menjabat sebagai perwakilan di Grand Conseil untuk Wilayah Genewa dari (PSS/SPS) dan menjabat sebagai perakitan selama periode 1992-1993. Dia menjadi presiden dari bagian Geneva untuk partainya (1986-1990) dan (1993-1997). Pada 1997, Calmy-Rey terpilih menjadi anggota Conseil d'Etat Geneva. Pada 2001, ia mejadi kepala Departemen Keuangan dan menjadi Presiden Conseil d'Etat.

Ia terpilih pada 4 Desember 2002 sebagai anggota Dewan Federal, pos Departemen Luar Negeri Federal. Dalam sejarahnya, Calmy-Rey tercatat sebagai perempuan keempat yang terpilih menjadi anggota Dewan Federal. Pada 7 Desember 2005, ia terpilih sebagai Wakil Presiden Swiss, sebuah jabatan yang diraihnya selama tahun kalender 2006.

Calmy-Rey adalah mendukung Swiss menjadi anggota Uni Eropa. Ms Calmy-Rey adalah anggota Eminent Yayasan Sergio Vieira de Mello.

Kepresidenan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Januari 2007, ia menjadi Presiden perempuan kedua dari Konfederasi dalam sejarah, yang pertama telah pendahulunya di Dewan Federal, Ruth Dreifuss. Dia terpilih sebagai Presiden pada tanggal 13 Desember 2006 oleh 147 suara. Namun, dengan tradisi Swiss, itu adalah kesimpulan yang terdahulu ia akan terpilih. Ia pernah menjadi penasihat terlama tidak melayani telah Presiden, dan telah menjabat sebagai Wakil Presiden untuk tahun 2006.

Sebagai Presiden Konfederasi, ia memimpin rapat Dewan Federal dan melaksanakan fungsi-fungsi perwakilan tertentu yang biasanya akan ditangani oleh seorang kepala negara dalam demokrasi lainnya, (meskipun di Swiss, Dewan Federal secara keseluruhan dianggap sebagai kepala negara). Dia juga pejabat tertinggi dalam urutan Swiss didahulukan, dan memiliki kuasa untuk bertindak atas nama seluruh Dewan dalam situasi darurat. Namun, dalam kebanyakan kasus ia primus inter pares semata, tanpa daya di atas dan di luar enam nya rekan-rekan.

Ia sudah ditangani sebagian besar kunjungan resmi luar negeri sejak terpilih di Dewan Federal, kepala Departemen Luar Negeri tradisional melakukan kunjungan tersebut.

Calmy-Rey terpilih sebagai wakil presiden untuk tahun 2010, melayani bersama Doris Leuthard. Pada tanggal 8 Desember 2010, ia terpilih, untuk kedua kalinya, sebagai Presiden untuk 2011 (dengan 106 suara di 189, yaitu hasil terburuk dalam sejarah Swiss pada isu-isu tersebut) - pertama kalinya dua perempuan akan memiliki memegang jabatan berturut-turut.

Calmy-Rey berbicara kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama, bersama dengan menteri luar negeri Turki dan Armenia.

Calmy-Rey adalah anggota Dewan Perempuan Pemimpin Dunia, jaringan Internasional presiden wanita dan mantan dan perdana menteri yang misinya adalah untuk memobilisasi pemimpin wanita tingkat tertinggi secara global untuk tindakan kolektif pada isu-isu sangat penting bagi perempuan dan adil pembangunan.

Gas kontroversi dan hubungan perdagangan dengan Iran[sunting | sunting sumber]

Calmy-Rey secara luas dikritik karena mengenakan jilbab untuk bertemu Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad tanggal 19 Maret 2008. Penampilannya bersama-sama dengan pemimpin Iran memicu reaksi negatif segera:. Sosialis MP Maria Roth-Bernasconi mengatakan "menjengkelkan bahwa dia telah marah feminis di Iran ". Calmy-Rey mengatakan dalam pertahanan bahwa dia adalah "mengamati protokol".

Calmy-Rey juga diminta kontroversi dengan menghadiri penandatanganan kesepakatan-miliar dolar multi gas alam dari sebuah perusahaan Swiss pasokan energi dengan Iran. Amerika Serikat telah mengeluh bahwa Swiss mengirimkan pesan yang salah ketika Teheran dikenakan sanksi Perserikatan Bangsa-bangsa. Calmy-Rey menunjukkan bahwa ekspor gas tidak tunduk pada sanksi PBB. Baik pemerintah Israel dan kelompok-kelompok Yahudi yang berbasis di AS mengkritik kesepakatan.

Pada bulan September 2011, dia mengumumkan akan mengundurkan diri dari pemerintah pada bulan Desember 2011.[1]

Diplomatik dengan Indonesia[sunting | sunting sumber]

Micheline Calmy-Rey

Kunjungannya ke Indonesia pada 9-11 Januari 2007 merupakan yang pertama bagi seorang kepala negara Swiss sejak membuka hubungan diplomatik dengan Indonesia sejak 1952. Pada 10 Februari 2007, ia meresmikan pengoperasian instalasi air bersih Tirta Daroy di Lambaro (Kabupaten Aceh Besar). Pembangunan dan rehabilitasi instalasi air bersih didanai pemerintah dan masyarakat Swiss senilai Rp 40 miliar. Instalasi air bersih rusak akibat gempa dan tsunami 2004.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Much of the content of this article comes from the equivalent German-language Wikipedia article and the equivalent French-language Wikipedia article (retrieved 1 April 2006).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Ruth Dreifuss
Anggota Dewan Federal Swiss
2003–2011
Diteruskan oleh:
Alain Berset
Didahului oleh:
Joseph Deiss
Departemen Urusan Luar Negeri Federal
2003–2011
Diteruskan oleh:
Didier Burkhalter
Designate
Didahului oleh:
Moritz Leuenberger
Wakil Presiden Swiss
2006
Diteruskan oleh:
Pascal Couchepin
Presiden Swiss
2007
Wakil Presiden Swiss
2010
Diteruskan oleh:
Eveline Widmer-Schlumpf
Didahului oleh:
Doris Leuthard
Presiden Swiss
2011