SMA Negeri 3 Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Koordinat: 7°58′34,2″LU 112°38′6,54″BT / 7,96667°LS 112,63333°BT / -7.96667; 112.63333

SMA Negeri 3 Malang
Logo sman3.jpg
Informasi
Didirikan 8 Agustus 1952
Akreditasi A
Kepala Sekolah Drs. H. Moh. Sulthon, M.Pd.
Jumlah kelas 27
Program/jurusan/
peminatan
IPA
IPS dan
Akselerasi
Rentang kelas X dan X Akselerasi
XI IPA, XI IPS dan XI Akselerasi
XII IPA, XII IPS
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Status Negeri
Nilai masuk terendah 9,313 (2009)
Nilai masuk tertinggi 9,800 (2009)
Nilai masuk rata-rata 9,510 (2009)
Alamat
Lokasi Jalan Sultan Agung Utara no. 7, Malang, Jawa Timur, Indonesia
Telp./Faks. +62.341.324768 / +62.341.341530
Koordinat 7°58′34.20″S 112°38′6.54″E
Situs web SMA Negeri 3 Malang
Lain-lain
Lulusan Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Malang (Ikasmari Agitma)

SMA Negeri 3 Malang adalah Sekolah Menengah Atas Negeri yang terletak di Jl. Sultan Agung Utara no. 7, Kecamatan Klojen, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Sekolah ini terletak di dalam satu kompleks yang dikenal dengan sebutan SMA Tugu bersama-sama dengan SMA Negeri 1 dan 4 Malang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 3 Malang lahir pada tanggal 8 Agustus 1952 berdasarkan Surat Keputusan Menteri PP dan K nomer 3418/B tertanggal 8 Agustus 1952. Pada saat itu bernama SMA B-II Negeri Malang. Secara kronologis perubahan nama itu dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Tidak lama setelah pengakuan kedaulatan RI pada tanggal 27 Desember 1949, Di kota Malang berdiri 2 buah SMA, yaitu SMA Republik Indonesia dan SMA Federal ( VHO ). Para pejuang TRIP, TP, TGP dan alain-lain yang sudah kembali ke sekolah ditampng di SMA Federal.
  • Pada tanggal 8 Agustus 1952, jurusan B ( Pasti Alam ) SMA Republik Indonesia dan SMA Peralihan digabung menjadi satu berdasarkan SK Menteri PP dan K nomer 3418/B dan diberi nama SMA B-II Negeri. Pemberian nama ini disebabkan telah berdiri dua buah SMA .
  • Akhirnya diadakan perubahan nama berdasarkan urutan usianya yaitu : SMA A/C menjadi SMA I A/C, SMA Federal menjadi SMA B-I Negeri.
  • SMA B-I negeri kemudian diubah menjadi SMA I-B dan SMA II-B. Nama ini akhirnya dirasakan kurang tepat karena seakan-akan ada SMA B yang kualitasnya lebih tinggi daripada yang lain. Aklhirnya diadakan perubahan nama ketiga SMA yang ada di Malang itu berdasarkan usianya, yaitu :
    • SMA A/C menjadi SMA 1A/C
    • SMA 1B menjadi SMA II-B
    • SMA II-B menjadi SMA III-B
    • Kemudian SMA I A/C dipecah menjadi dua sekolah yaitu SMA I A/C dan SMA IV A/
  • Timbulnya SMA Gaya Baru pada tahun 1963 yang mengharuskan semua SMA mempunyai jurusan yang sama yaitu : Budaya, Sosial, Ilmu Pasti, dan Ilmu Pengetahuan Alam membawa pengaruh pada dihapuskannya nama tambahan A,B, atau C pada urutan nama keempat SMA yang ada di kota Malang.
  • Menjadi SMU Negeri 3 Malang berdasarkan SK Mendikbud RI nomer 035/O/1997.
  • Kembali menjadi SMA Negeri 3 Malang pada tahun 2002.

Profil[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 3 Malang merupakan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) yang bertujuan menghasilkan lulusan unggul dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Profil siswa yang diharapkan dari RSBI salah satunya adalah memiliki kecakapan hidup yang dikembangkan berdasarkan multiple intelegensi mereka dan memiliki integritas moral tinggi. Dalam upaya untuk memenuhi standar mutu pengelolaan pendidikan, mulai tahun ajaran 2007/2008 SMA Negeri 3 Malang telah menerima sertifikat standar manajemen mutu ISO 9001:2000 sebagai langkah awal untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan dan meraih pengakuan internasional.

Daftar Kepala Sekolah[sunting | sunting sumber]

  1. 1952 - 1962 R. Koeswandono (Alm.)
  2. 1962 - 1968 H. Soeroto
  3. 1968 - 1978 Drs. H. Soedarminto
  4. 1978 - 1986 Drs. Bambang`Poerwono (Alm.)
  5. 1986 - 1989 H. Haroen Soemawinata (Alm.)
  6. 1989 - 1993 H. Abdullah Uki
  7. 1993 - 1998 H. Djohan Arifin
  8. 1998 - 2005 Drs. H. Moh. Saleh
  9. 2005 - 2009 Drs. H. Tri Suharno, M.Pd
  10. 2009 - 2009 Ninik Kristiani, M.Pd
  11. 2009 - 2011 Dra. Hj. Rr. Dwi Retno Udjian Ningsih, M.Pd
  12. 2011 - ....... Drs. H. Moh. Sulthon, M.Pd

Semboyan - BHAWIKARSU[sunting | sunting sumber]

Pada awalnya, semboyan asli SMA Negeri 3 Malang berbunyi "BERTAKWA - BELAJAR - BEKERJA - BERJUANG", semboyan ini merupakan hasil karya siswa-siswi SMAN 3 Malang pada saat lomba kebersihan pada bulan Juli 1967. Semboyan tersebut selanjutnya digubah oleh Bapak Rahardjo (pengajar Bahasa Indonesia) ke dalam bahasa Sanskerta menjadi BHAKTYA - WIDAGDHA - KARYA - SUDHIRA.

Semboyan ini resmi ditetapkan pada HUT ke-17 SMAN 3 Malang atas persetujuan Dewan Guru/ Karyawan serta pengurus KPSMA3Malang.

Bila diuraikan, semboyan BHAKTYA - WIDAGDHA - KARYA - SUDHIRA mengandung makna:

Bhaktya : Berbakti, bertakwa
Widagdha : Berilmu-pengetahuan, belajar, berguna
Karya : Bekerja
Sudhira : Berani, berjuang, berteguh-hati

Penggubahan ke dalam bahasa Sanskerta bertujuan agar semboyan tersebut memiliki nilai puitis dan estetis serta emotional-artistic. Semboyan ini kemudian dikenal dengan singkatan BHAWIKARSU.

[sunting | sunting sumber]

Logo sman3.jpg
Logo SMA Negeri 3 Malang merupakan hasil karya Guru Kesenian Bapak Tijoso SK, yang dibuat pada 1 Juli 1967 dan resmi dipakai sejak 8 Agustus 1967 setelah disetujui oleh Kepala Sekolah, Dewan Guru/ Karyawan dan KPSMA3Malang.

Mars SMA Negeri 3 Malang[sunting | sunting sumber]

cipt: Widya Cahyono Sasmoko Adi (Alm.)

I:
Kami Putra-Putri SMA Neg'ri Tiga Malang
Taat 'kan peraturan, tegakkan persatuan
Biar badai t'rus menghantam, ku tak pernah kenal m'nyerah
Itulah jiwa pelajar yang mulya

Bhaktya ... Widhagda Karya Sudhira
S'bagai dasar hidup bahagia
Ku tak pernah lengah akan tugas s'bagai pelajar
Menjunjung tinggi peradaban bangsa

II:
Dengan tekad yang bulat pelajar siap siaga
Membela kebenaran, membenci kejahatan
Itulah jiwa yang terpendam di dalam kalbuku
Berkat didikan yang agung dan mulya

Damai ... sejahtera tujuanku
Untuk mencapai hidup yang baru
Ku 'kan tuntut ilmu untuk kepentingan negara
Tuhan 'kan membimbing para umat-Nya

Layanan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Untuk mempertahankan dan mengembangkan prestasinya, SMA Negeri 3 Malang menyediakan berbagai program layanan pendidikan unggulan yaitu :

Program Kelas Akselerasi[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2002 SMA Negeri 3 Malang memiliki program Akselerasi (Program Percepatan). Program ini dimaksudkan untuk percepatan belajar khusus yang merupakan layanan pendidikan bagi siswa yang memiliki bakat istimewa dan kecerdasan luar biasa. Untuk memberikan layanan pendidikan Akselerasi ini kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang juga mengacu pada kurikulum adaptasi Cambridge, dengan masa belajar 2 tahun. Saat ini kelas Akselerasi telah memasuki angkatan ke-10. Siswa yang mendaftar akselerasi adalah siswa yang sudah diterima secara formal sebagai siswa baru kelas X di SMA Negeri 3 Malang dan harus menjalani Tes Psikologi.

Program Layanan Sertifikasi Cambridge[sunting | sunting sumber]

SMAN 3 Malang telah ditetapkan sebagai Center of Cambridge mulai tahun 2006 sehingga dapat menyelenggarakan ujian bertaraf Internasional:

  1. LEVEL IGCSE (International General Certificate on Secondary Education) atau setara dengan O-Level (setingkat kelas IX s.d. kelas XI)
  2. ADVANCED LEVEL (A-Level) (setingkat kelas XI s.d. Kelas XII)

Untuk mempersiapkan siswa menghadapi Ujian Internasional (sertifikasi) yang diadakan oleh University of Cambridge International Examination, SMAN 3 Malang menyelenggarakan program Success for Cambridge (SFC) yang dirancang dalam bentuk pemberian pendalaman materi kepada siswa dengan berbasis penelitian (research based learning). Matapelajaran yang wajib sertifikasi:

  1. ESL (English as a Second Language)
  2. Matematika
  3. Fisika
  4. Biologi
  5. Kimia
  6. TIK

Kegiatan Unggulan[sunting | sunting sumber]

Bedhol Bhawikarsu[sunting | sunting sumber]

Upacara Pembukaan Bedhol Bhawikarsu 2008 di Dusun Kecopokan Desa Senggreng Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang

Bedhol Bhawikarsu merupakan kegiatan tahunan SMAN 3 Malang yang diselenggarakan pada tengah semester gasal semenjak tahun 2002. Ide ini berasal dari Bapak Abdul Teddy, Spd. (seorang guru yang merupakan Pembina OSIS waktu itu) bersama dengan pengurus OSIS 2002/2003 yang baru saja dilantik. Kegiatan ini bertujuan untuk mendekatkan seluruh elemen SMAN 3 Malang kepada masyarakat di pedesaan selama tiga hari - dua malam. Kegiatan ini diisi dengan Bakti Sosial berupa pemberian bantuan, penyuluhan, pendidikan serta pemeriksaan kesehatan secara gratis. Kegiatan ini didukung oleh dana swadaya serta bantuan dari Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Malang (IKASMARIAGITMA)

Student Exchange Program[sunting | sunting sumber]

Kunjungan siswa RVHS Singapura ke SMAN 3 Malang (2008)

Kegiatan pertukaran pelajar ini diselenggarakan sebagai bagian dari upaya SMA Negeri 3 Malang dalam menjalankan Visi sebagai Sekolah Bertaraf Internasional. Kegiatan ini mulai diadakan pada tahun 2008. Sebagai rintisan, SMA Negeri 3 Malang telah bekerjasama dengan River Valley High School, Singapura.

B-Night[sunting | sunting sumber]

Bhawikarsu Night merupakan kegiatan pentas seni internal yang rutin diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun SMA Negeri 3 Malang. Dalam kegiatan ini, seluruh elemen SMA Negeri 3 Malang, mulai dari siswa, guru, karyawan serta alumni berkumpul dan turut berpartisipasi. Sesuai namanya, acara ini diselenggarakan pada malam hari setiap tanggal 7 atau 8 Agustus.

Pertemuan alumni secara rutin digelar setiap tahun di lokasi Sekolah SMA Negeri 3 Malang, dengan aturan dasar setiap tahun Reuni Besar dilakukan oleh lulusan 20 tahun sebelumnya. Reuni alumni setiap 20 tahunan ini diselenggarakan biasanya berdekatan waktu atau bertepatan dengan hari Ulang Tahun SMA Negeri 3 Malang yaitu setiap tanggal 8 Agustus.

Alumni - Ikatan Alumni SMA Negeri 3 Malang (Ika Smari Agitma)[sunting | sunting sumber]

Sejarah dan Profil[sunting | sunting sumber]

Sebelum tahun 2002 telah berdiri Ikatan Alumni Bhawikarsu (Ikabhasu) yang merupakan cikal-bakal organisasi alumni SMA Negeri 3 Malang. Dalam perkembangannya, Ikabhasu dilebur ke dalam Ikasmari Agitma. Sebab bagi para alumni sebelum tahun 1967, semboyan Bhawikarsu belum dikenal.

Pada 10 Agustus 2002, di kota Malang diadakan Reuni Akbar alumni SMA Negeri 3 Malang, yang bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-50 SMA Negeri 3 Malang. Para alumni peserta Reuni Akbar secara spontan dan antusias menyambut positif dan menyetujui pembentukan ikatan alumni SMA Negeri 3 Malang yang kemudian dikenal dengan akronim "Ikasmari Agitma".[1]

Visi Ikasmari Agitma adalah menjadi organisasi kemasyarakatan yang terkemuka, tangguh, dan berpengaruh, serta memberikan manfaat bagi almamater, alumnus, dan masyarakat luas. Ikasmari Agitma bertujuan untuk menghimpun dan menggalang kesatuan dan persatuan para alumni SMA Negeri 3 Malang, membantu pengembangan mutu pendidikan almamater serta membangun dan mewujudkan kepedulian anggota terhadap masyarakat, bangsa, dan negara

Kepengurusan[sunting | sunting sumber]

Pembentukan Kepengurusan :

  • Tingkat Pusat berkedudukan di DKI Jakarta didirikan pada 10 Agustus Tahun 2002.
  • Tingkat Cabang yang berkedudukan di kota :
  1. Malang didirikan pada tanggal 20 Nopember 2003 – Cabang 01
  2. DKI Jakarta didirikan pada tanggal 7 Nopember 2002 – Cabang 02
  3. Surabaya didirikan pada tanggal 19 Februari 2003 – Cabang 03
  4. Bandung didirikan pada tanggal 13 Juli 2003 – Cabang 04
  5. Batam didirikan pada tanggal 6 Agustus 2005 – Cabang 05
  6. Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah didirikan pada tanggal 8 September 2007 – Cabang 06

Hymne - Ikasmariagitma[sunting | sunting sumber]

Tanah airku , Indonesia nan tercinta
Baktikan jiwa raga , dengan semangat Pancasila
Ika Smari Agitma , citra prestasi nan gemilang
Bertaqwa , ber ilmu dan berkarya - bagi nusa dan bangsa
Reff :
Alumni S M A Negeri Tiga Malang
Satu dalam persaudaraan
Bhawikarsu motto yang harus kita junjung
Jayalah Ika Smari Agitma

Mars - Ikasmariagitma[sunting | sunting sumber]

Kami Ika Smari Agitma , berbakti bagi nusa bangsa
Citra kreasi masa Depan , Alumni SMA Negri Tiga Malang
Ciptakan prestasi gemilang , bertaqwa , ber ilmu – berkarya
Berazaskan Pancasila , wujudkan masyarakat Adil Makmur
Reff :
Kobarkan semangat perjuangan
Eratkan persaudaraan
Bersama Ika Smari Agitma
Raih prestasi menggapai cita

Bhawikarsu motto yang kita junjung
Berani berjuang tak kenal lelah
Alumni SMA Negri Tiga Malang
Jayalah Ika Smari Agitma

Daftar Ketua Umum[sunting | sunting sumber]

- 2002 - 2006 : Prof. Dr. Sutan Remy Sjahdeini, SH (’58).
- 2006 - 2010 : Prof. Dr. Sutan Remy Sjahdeini, SH (’58).
- 2010 - 2014 : Pudji Asmanto,BSc ’64

Tokoh Alumni SMA Negeri 3 Malang[sunting | sunting sumber]

- Cacuk Sudarijanto
- Abadi Soesman
- Wahyu Aditya (Animator)
- Arief Kushariadi (Mantan KSAL)
- Indra Prastomiyono
Agung Pramono (Panglima Armatin, di Surabaya) Syaugi (Panglipa Ops, AU )

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Makmur Suprojo (3 September 2009). "Ikasmari Agitma" (dalam bahasa Indonesian). Diakses 3 September.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help)