SMA Negeri 10 Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SMA Negeri 10 Malang
SMA Negeri 10 Malang.jpg
Informasi
Didirikan 20 Oktober 1999
Jumlah kelas 29 ruang kelas
Program/jurusan/
peminatan
IPA dan IPS
Rentang kelas 10-12
Kurikulum Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kurikulum Cambridge, A Level
Jumlah siswa ±820
Status Negeri
Alamat
Lokasi Kampus 1: Jalan Danau Grati No. 1; Kampus 2: Jalan Raya Tlogowaru, Malang, Jawa Timur
Telp./Faks. +62-341-719300 +62-341-2993153
Situs web http://sman10malang.com/

SMA Negeri (SMAN) 10 Malang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMAN 10 Malang ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas X sampai kelas XII. Sekolah ini terkenal dengan jargon "Learn Today, Lead Tomorrow, Be the Best!" dan semboyan Satradhirsa (Satvika, Dhira, Dirot, Saha) yang berarti Jujur, Teguh, Tekun, Rajin.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Pada usia yang masih sangat belia, yaitu 14 tahun, sekolah ini sudah menorehkan banyak prestasi. Terlebih setelah sekolah ini mengaplikasikan program Sampoerna Academy, sebuah inisiatif Putera Sampoerna Foundation (PSF). Program tersebut memberikan bantuan pendidikan sebesar US$15,000 per anak untuk 150 siswa berprestasi setiap angkatannya dari seluruh Jawa Timur. Pendidikan berasrama menjadi salah satu andalan sekolah ini. Tidak hanya itu, sekolah ini menerapkan dua kurikulum, yaitu KTSP dan kurikulum Cambridge (IGCSE dan A Level). Pada tahun 2011, hasil ujian IGCSE para siswa SMAN 10 Malang menduduki 5 besar peringkat dunia.

Dalam waktu empat tahun belakangan ini, gelar School for Achievers telah disematkan pada SMAN 10 Malang. Prestasi tingkat regional, nasional, bahkan internasional telah diraih. Pencapaian terbarunya antara lain medali emas dalam IYIPO 2012 di Georgia, medali perak dalam ISPO 2011 dan 2012, dan predikat Sekolah PPST (Paguyuban Peminat Seni Tradisi) Nasional oleh Dinas Pendidikan. Tidak hanya itu, SMAN 10 Malang juga telah meraih gelar Sekolah Adiwiyata, Sekolah Sobat Bumi, Toyota Eco Youth School, dan ISO Manajemen Mutu.

Baru-baru ini SMAN 10 Malang juga meraih predikat sebagai Sekolah PPST Jawa Timur, serta Sekolah Peduli Tata Ruang dari Kementerian Pekerjaan Umum. SMA Negeri 10 Malang juga didaulat sebagai Sekolah Biogas yang diresmikan oleh Menteri Lingkungan Hidup, Bapak Balthasar Kambuaya.

Yang tak kalah membanggakan, lulusan pertama dari program Sampoerna Academy telah diterima di berbagai PTN dan PTS favorit di Indonesia, seperti ITS, ITB, UI, Bina Nusantara University, President University, dan UGM. Bahkan 18 lulusannya telah diterima di beberapa universitas dan college di Amerika Serikat dan Jepang, antara lain Texas Tech University, Lone Star College, University of Minnesota, Missouri University, University of Kentucky, dan Tohoku University.

Selain program Sampoerna Academy, setahun belakangan ini SMAN 10 Malang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Malang mendirikan Malang Leadership Academy, yakni sebuah program bantuan pendidikan untuk 75 siswa berprestasi dari seluruh Jawa timur.

Mulai tahun ajaran 2013/2014, SMA Negeri 10 Malang juga menerima siswa baru dengan Program Reguler dari seluruh Indonesia dan program bantuan pendidikan untuk 75 siswa dari Kota Malang.

Selengkapnya lihat di situs resmi SMAN 10 Malang di sini.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 10 Malang untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 10 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, antara lain sebagai berikut:

  • Personal Well-being (Olah Raga)
 1. Bola Basket SAMMY dan SMATENSA
 2. Futsal SAFC
 3. Pencak Silat Nur Harias
 4. Tae Kwon Do
 5. Karate INKAI
 6. Bulu Tangkis
 7. Bola Voli ARVOSA
 8. Chess
  • Creativity and Art (Kesenian)
 1. Teater AKAR
 2. Band
 3. Journalisme
 4. Penyiaran
 5. Paduan Suara PARASEPUH
 6. Tarian Tradisional
 7. Tarian Modern
 8. Batik
  • Global Citizenship (Kemanusiaan)
 1. PASKIBRA 
 2. Pramuka APRADASA
 3. FPPI
 4. PMR
 5. GEC
  • Community Service (Pengabdian pada Masyarakat)