Politeknik Informatika Del

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Institut Teknologi Del
Lambang PIDEL
Moto Selangkah di depan
Jenis Perguruan tinggi swasta
Rektor Arlinta Christy Barus
Lokasi Jl. Sisingamangaraja, Sitoluama, Kecamatan Laguboti,Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia
Situs web www.del.ac.id www.pidel.org

Institut Teknologi Del (IT DEL) (Bahasa Inggris: Del Institute of Technology) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di desa Sitoluama, Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia. ITDEL didirikan oleh Luhut Binsar Panjaitan yang merupakan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Republik Indonesia ke-28. ITDEL mulai melakukan kegiatan akademik pada tahun 2001 dan telah menamatkan sepuluh angkatan hingga saat ini pada Oktober 2013.

Tentang[sunting | sunting sumber]

Lokasi Institut Teknologi Del[sunting | sunting sumber]

Lokasi Institut Teknologi Del berlokasi di Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Toba Samosir, Sumatera Utara. Letaknya persis di pinggir Danau Toba. Berjarak kira-kira 200 s.d. 250 KM dari Medan, 10 KM dari Balige.

Pemilihan tempat yang "remote area" bertujuan agar proses pendidikan benar-benar terfokus dan tidak terpengaruh oleh kegiatan atau aktivitas luar/perkotaan pada umumnya. Sementara untuk akses informasi dari luar dapat dilakukan dengan Internet dan TV Satelit (Kabel). Pemilihan lokasi di pinggir danau Toba agar suasana iklim mendukung proses pendidikan yang lebih baik. Dengan demikian juga, arsitektur dari setiap bangunan diusahakan ergonomis sehingga menumbuhkan suasana betah untuk berada di kampus.

Target Mutu Lulusan[sunting | sunting sumber]

Sasaran Mutu yang ditargetkan adalah:

  1. Persentase lulusan yang mendapatkan pekerjaan dalam tahun pertama minimal 90%;
  2. Persentase kelulusan yang tepat waktu minimal 100%;
  3. Kemampuan Lulusan dalam bahasa Inggris dihitung dengan TOEFL mencapai nilai minimal 515;
  4. Lulusan mempunyai kemampuan untuk memperoleh sertifikasi profesional yang berlaku secara internasional, misalnya sertifikat Cisco, Microsoft, Oracle, NIIT, dan lain-lain.

Akademik[sunting | sunting sumber]

Sistem Akademik[sunting | sunting sumber]

Priority in Practical Application . Pembelajaran di PIDEL lebih menekankan sesi praktikal. Itulah sebabnya sekitar 50 persen atau lebih dari waktu kurikulum ditujukan untuk praktikal (hands-on lab) di laboratorium komputer. Mahasiswa juga dilatih dalam keterampilan berkomunikasi yang efektif dalam bahasa Inggris. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa untuk dunia bekerja dalam konteks global.

High Academic Standard . PIDEL menggunakan Standar Akademik Internasional dan bekerjasama dengan Departemen Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung.

Advanced Computer Facility . Jaringan berkecepatan tinggi dalam kampus telah disiapkan untuk mengintegrasikan semua fasilitas komputer di kampus untuk menyediakan layanan seperti Elektronik Mail dan akses internet. Penggunaan Fasilitas komputer berteknologi tinggi dan software engineering supaya mahasiswa terbiasa dan terlatih mengenai teknologi maju dalam rangka memenuhi tuntutan dunia industri.

English Language Skills . PIDEL menyediakan guru asli bahasa Inggris (native teacher) untuk meningkatkan komunikasi dalam bahasa Inggris di daerah kampus maupun dalam perkuliahan.

Struktur Kurikulum[sunting | sunting sumber]

PIDEL memiliki tiga program studi, yaitu:

  1. Teknik Jaringan Komputer
  2. Teknik Informatika
  3. Sistem Informasi

Pada tahun pertama dan kedua, semua mahasiswa akan mengambil mata kuliah yang sama dan pada tahun ke tiga mereka akan mengambil Professional Supported Courses sesuai dengan profesi yang diinginkan.

Pada tahun pertama dan kedua, semua mahasiswa akan mengambil mata kuliah yang sama. Mata kuliah ini diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis, yaitu:

  1. Mata kuliah dasar umum (Fundamental General Courses)
  2. Mata kuliah dasar informatika (Fundamental Informatics Courses), dan
  3. Mata kuliah pemrograman (Programming Courses)

Pada tahun ke tiga, mahasiswa akan mengambil:

  1. Mata kuliah umum (General Courses, sama untuk semua mahasiswa)
  2. Mata kuliah informatika (Informatics Courses, sama untuk semua mahasiswa)
  3. Mata kuliah pemrograman (Programming Courses, sama untuk semua mahasiswa)
  4. Mata kuliah pendukung profesi (Professional Supported Courses, sesuai dengan program studi)
  5. Mata kuliah pilihan (Elective Courses, sesuai dengan peta jalan pada program studi)

Kompetensi Lulusan[sunting | sunting sumber]

PIDEL menghasilkan lulusan Diploma yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan mendistribusikan teknologi dan/atau seni dan mencoba penggunaan terbaik dari teknologi dan/atau seni untuk meningkatkan kesejahteraan umum dan memperkaya kebudayaan nasional.

Saat ini, PIDEL hanya memiliki program Diploma III dan lulusannya memiliki kompetensi yang berbeda sesuai dengan program studi mereka, yaitu:

  1. Teknik Jaringan Komputer, lulusan harus mampu menjadi administrator jaringan komputer.
  2. Teknik Informatika, lulusan harus mampu mengembangkan aplikasi skala besar, dengan mengikuti semua tahapan dalam pembuatan perangkat lunak (software lifecycle) dan membuat dokumentasi lengkap untuk menjelaskan proses pembangunan.
  3. Sistem Informasi, lulusan harus mampu mengembangkan sistem informasi, berikut seluruh siklus hidup sistem informasi dengan menggunakan teknik dan alat dan membuat dokumentasi lengkap Sistem Informasi.


Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Fasilitas yang disediakan oleh Politeknik Informatika Del adalah sebagai berikut:

  • Perangkat Komputer terbaru dengan satu komputer per mahasiswa( Pentium IV - Februari 2002 ). Untuk saat ini, telah menggunakan Notebook per mahasiswa.
  • Koneksi ke internet dengan menggunakan satelit (broadband internet-bandwith 500kb)
  • Jaringan Lokal Area Network (LAN) yang terhubung dengan fiberoptik.
  • Laboratorium bahasa.
  • Perpustakaan.
  • Ruang kuliah yang nyaman dirancang secara ergonomis.
  • Sarana Berolahraga.
  • Sarana Rekreasi.
  • Asrama Mahasiswa
  • Poliklinik
  • Wi-Fi


Staff Pengajar[sunting | sunting sumber]

Mahasiswa PIDEL diajar oleh dosen-dosen lulusan dari perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,yaitu Institut Teknologi Bandung, STT Telkom, Universitas Sumatera Utara, Universitas HKBP Nommensen , serta STT Jakarta dan juga lulusan dari luar negeri, seperti University of Wollongong, Swinburn University, Delft University of Technology. Beberapa dosen PIDEL adalah alumni PIDEL yang disekolahkan dan saat ini beberapa dari mereka sedang melanjut di luar negeri dan di ITB.


Direktur[sunting | sunting sumber]

  1. Dr. Ir. I Gde Nyoman Merthayasa
  2. Peter Boyer
  3. Prof. Ir. Saswinadi Sasmojo MSc, PhD.
  4. Dr. Ir. Inggriani Liem
  5. Arlinta Christy Barus (direktur PIDEL saat ini)


Kemahasiswaaan[sunting | sunting sumber]

Organisasi mahasiswa yang menjalankan kegiatan mahasiswa setiap harinya disebut dengan Badan Pengurus Harian Mahasiswa (BPHKM) yang memiliki beberapa seksi, yaitu seksi pendidikan, kerohanian, ketertiban, kesenian, peralatan, olahraga dan humas. Organisasi yang ada di atas BPHKM dan yang melantik adalah Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) yang menjadi penampung aspirasi mahasiswa.

Diluar keorganisasian, terdapat beberapa unit kegiatan yang dilakukan mahasiswa, yaitu Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Paduan Gitar Mahasiswa (PGM), Del English Club, OSUM PIDEL, dan POSS PIDEL yaitu pelatihan open source ke masyarakat sekitar.


Alumni[sunting | sunting sumber]

PIDEL telah mengwisuda tujuh angkatan sampai saat ini, angkatan terakhir yang diwisuda adalah angkatan ke 9 (2009), dan akan meluluskan angkatan ke-10 pada tanggal 5 September 2013. Alumni PIDEL kebanyakan bekerja di daerah Jabodetabek, Sumatera Utara dan Batam. Organisasi Alumni PIDEL disebut dengan IA Del (Ikatan Alumni Del) yang saat ini diketuai oleh Nicholas Sihotang).

Prana Luar[sunting | sunting sumber]