Pintu masuk Métro de Paris oleh Hector Guimard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pintu masuk Métro de Paris oleh Hector Guimard

Pintu masuk Métro de Paris oleh Hector Guimard adalah akses ke stasiun metro Paris yang dirancang pada awal abad ke-20 oleh arsitek Art Nouveau Hector Guimard (1867-1942).

Beberapa dari pintu masuk ini terdiri dari aedicula tertutup yang kurang lebih penting yang menggabungkan besi, besi tuang, kaca, dan lava berenamel; sebagian besar adalah lingkungan sederhana yang terdiri dari langkan dan serambi besi cor terpahat, yang tempat lilinnya yang tinggi membingkai tanda bertuliskan "Metropolitain".

Dirancang dengan gaya Guimard sendiri, yang dia tegaskan tepat pada saat itu terhadap para pengkritiknya, akses yang dibangun dari musim semi tahun 1900 ini ditinggalkan setelah tahun 1913 oleh Compagnie du chemin de fer métropolitain de Paris, nenek moyang RATP. Dari 167 yang dibangun, sebagian besar aedicules dan hampir separuh lingkungannya hancur selama beberapa dekade setelah Perang Dunia Pertama, ketika Art Nouveau sudah ketinggalan zaman.

Namun demikian, karya-karya ini berkontribusi pada keturunan Hector Guimard dan penemuan kembali Art Nouveau. Dari tahun 1960-an, instalasi yang masih hidup tunduk pada tindakan perlindungan dan pendaftaran sebagai Monumen Bersejarah, sementara beberapa bagian pergi ke luar negeri.[1]

Pintu masuk metro Guimard kini seolah tak terpisahkan dari lanskap dan karakter ibu kota Prancis, menjadi salah satu lambang Art Nouveau.[2]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]