Musée d'Art et d'Histoire du judaïsme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Musée d'Art et d'Histoire du Judaïsme merupakan sebuah museum seni dan sejarang Yahudi yang terletak di Hôtel de Saint-Aignan, 71, rue du Temple di Marais, Paris, Prancis. Dibuka setiap hari kecuali Sabtu; harga masuk ditetapkan.

Museum ini didirikan tahun 1986 ketika Wali kota Paris Jacques Chirac, menjadikan Hôtel de Saint-Aignan (1650) sebagai museum peradaban Yahudi. Interiornya diubah pada 1993, dengan koleksi awal ditata tahun 1998 dengan menggabungkan hadiah Strauss-Rotschild yang dibuat oleh Isaac Strauss dan diberikan oleh Baroness Nathaniel de Rotschild tahun 1890 kepada Musée de Cluny, dengan koleksi diatur kembali sejak 1948 oleh Musée d'Art Juif. Koleksi ini telah diperbarui dengan akuisisi dan sumbangan benda seni, sejarah dan etnologi.

Museum ini menceritakan sejarah masyarakat Yahudi di Prancis, Eropa, dan Afrika Utara, mulai Abad Pertengahan hingga sekarang. Memiliki arsip Dreyfus affair, seni abad ke-20 (Chagall, Modigliani, Soutine, Michel Kikoine), juga objets d'art, tekstil dan manuskrip, dan aula berkursi 182. Museum Carnavalet telah menyumbangkan koleksi nisan makam abad pertengahannya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]