Maison de Balzac

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Maison de Balzac

Maison de Balzac merupakan sebuah museum rumah di bekas kediaman novelis Perancis Honoré de Balzac (1799-1850). Terletak di arondisemen ke-16 di 47, rue Raynouard, Paris, Perancis, dan dibuka setiap hari kecuali Senin dan hari libur; harga masuk ke rumah digratiskan, tapi harga diberikan untuk pameran sementaranya.

Rumah modis ini, dengan halaman dan kebunnya, terletak di distrik pemukiman Passy dekat Bois de Boulogne. Lari dari krediturnya, Balzac menyewa tingkat teratasnya sejak 1840-1847 dibawah nama pemiliknya (Mr. de Breugnol). Diserahkan pada kota Paris tahun 1949, dan sekarang satu dari tiga museum karya tulis di kota itu, bersama dengan Maison de Victor Hugo dan Musée de la Vie Romantique (George Sand). Merupakan satu-satunya kediaman Balzac yang masih berdiri.

Apartemen lima kamar Balzac terletak di tingkat atas, dari tiga tingkat, dan sekarang dibuka hingga kebunnya. Di sini ia menyunting La Comedie humaine dan menulis sejumlah novel terbaiknya, termasuk La Rabouilleuse, Une Ténébreuse Affaire, dan La Cousine Bette. Meskipun furnitur sang penulis dijual setelah kematian istrinya, museum ini sekarang berisi meja tulis dan kursi Balzac, cane turquoise oleh Lecointe (1834), dan poci teh dan kopi yang diberikan Zulma Carraud tahun 1832.

Museum ini juga memiliki sebuah daguerreotype Balzac 1842 oleh Louis-Auguste Bisson, lukisan Balzac oleh Paul Gavarni (circa 1840), lukisan pastel (circa 1798) bergambar ibu Balzac Laure Sallambier (1778-1854), lukisan minyak (circa 1795-1814) ayahnya Bernard-François Balzac (1746-1829), dan lukisan abad ke-19 oleh seniman terkenal termasuk Paul Gavarni, Honoré Daumier, Grandville, dan Henry Bonaventure Monnier.

Sejak 1971 tingkat dasar rumah ini berisi perpustakaan manuskrip penulis, asli dan edisi sejenis, ilustrasi, buku yang ditandatangani Balzac, buku yang menceritakan Balzac, dan buku dan majalah lainnya pada masa itu.

Rumah ini juga terkenal karena ditemukannya gigi yang diidentifikasi oleh para pengrajin sebagai bekas rumah troglodit sejak masa Abad Pertengahan. Penggalian ini tidak dibuka kepada publik.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]