Menara Montparnasse

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tour Montparnasse)
Tour Maine-Montparnasse
Tour Montparnasse dilihat dari Arc de Triomphe
Peta
Informasi umum
LokasiArondisemen ke-15 Paris
Tinggi
Atap210m (689 kaki)
Data teknis
Jumlah lantai59
Luas lantai88,400 m² (951,500 ft²)
Desain dan konstruksi
ArsitekJean Saubot, Beaudouin, Cassan, de Marien

Maine-Montparnasse (Menara Maine-Montparnasse), juga secara umum disebut Tour Montparnasse merupakan sebuah pencakar langit perkantoran seinggi 210 meter (689 kaki) di Paris, Prancis, di wilayah Montparnasse. Dibangun sejak 1969 hingga 1972, merupakan pencakar langit tertinggi di Prancis dan bangunan tertinggi di Uni Eropa. Pada masa depan, tinggi itu akan dilampaui oleh Tour AXA yang telah direnovasi (225 m), dan kemudiak Tour Phare dan Tour Generali (keduanya sekitar 300 meter).

Rancangan dan pembangunan[sunting | sunting sumber]

Menara ini dirancang oleh Arsitek Eugène Beaudouin, Urbain Cassan dan Louis Hoym de Marien dan dibangun oleh Campenon Bernard.[1]

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Dibangun di atas stasiun Montparnasse - Bienvenüe Métro de Paris, 59 tingkat menara ditempati oleh perkantoran, sementara dua tingkat dibuka bagi umum untuk memandangi kota; tingkat ke-56 dengan sebuah restoran, dan teras di tingkat teratas. Pada hari cerah, pandangan mencakup radios 40 km; pesawat terlihat lepas landas dari Bandar Udara Orly. Rel pemandu dapat dipindahkan dalam dua menit agar helikopter bisa mendarat. Pada waktu pembangunan, menara ini merupakan yang tertinggi di Eropa menurut tinggi atap. Pembangunan La Grande Arche di La Défense menggantikan menara itu dalam urutan kedua jalur persepektif melintasi Paris: lihat Axe historique.

Kritik[sunting | sunting sumber]

Arsitekturnya yang sederhana, perbandingan besar dan tampilan monolitikum telah sering dikritik karena letaknya tidak pada lansekap urban Paris dan, sebagai hasilnya, dua tahun setelah selesai, pembangunan pencakar langit di pusat kota dilarang.

Rancangan menara ini mendahului gaya arsitektural yang menaruh kepentingan besar dalam pemandangan dari luar, dan sehingga hanya perkantoran di sekitar perimeter setiap tingkat memiliki jendela (pencakar langit modern lainnya umumnya dirancang untuk menyediakan jendela untuk setiap perkantoran, bila mungkin).

Terkadang dikatakan, bahwa pemandangan dari atas merupakan yang paling indah di Paris, sejak itulah satu-satunya tempat dimana kita tidak dapat melihat menara tersebut. (Sebuah pernyataan serupa diucapkan oleh Guy de Maupassant mengenai Menara Eiffel, sementara yang lainnya oleh Frank Lloyd Wright mengenai Menara Harkness ketika mengunjungi Yale.)

Paris dari dek pengamatan Tour Montparnasse.

Memanjat menara[sunting | sunting sumber]

Tahun 1995, pemanjat urban Prancis, Alain "Spiderman" Robert, menggunakan tangan dan kakinya sendiri tanpa pengaman apapun, mengukur dinding kaca dan besi bangunan hingga atas.

Masalah asbes[sunting | sunting sumber]

Tahun 2005, penelitian menunjukkan bahwa menara itu mengandung material asbes. Asbes ketika dihirup, contohnya selama perbaikan, menjadi karsinogen. Seperti Kampur Jussieu, masalah pemindahan material asbes dari bangunan tinggi yang digunakan oleh ribuan orang sangat akut. Waktu penyelesain pemindahan yang diperkirakan adalah: tiga tahun bula bangunan dikosongkan untuk pekerjaan, dan sepuluh tahun bila bangunan tidak dikosongkan.

Asbes tersebut telah dipindahkan sejak Juli 2007.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Vinci website: Tour Montparnasse". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-02-07. Diakses tanggal 2008-01-27. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

48°50′30″N 2°19′20″E / 48.84167°N 2.32222°E / 48.84167; 2.32222