Pertempuran Flers-Courcelette

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Flers-Courcelette
Bagian dari Pertempuran Somme pada Perang Dunia I
New Zealand trench Flers September 1916.jpg
Batalyon ke-2, Resimen Auckland, di Garis penghubung setelah pertempuran
Tanggal 15 - 22 September 1916
Lokasi Courcelette, Perancis
Hasil Kemenangan Taktik Inggris.
Pihak yang terlibat
Bendera Britania Raya Inggris Raya  Kekaisaran Jerman

Pertempuran Flers-Courcelette adalah serangan berskala besar terakhir Angkatan Darat Inggris dan terjadi pada tanggal 15 September 1916 (selama satu minggu) pada Pertempuran Somme.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pertempuran pertama yang menggunakan tank membuktikan penggunaan senjata sangat menentukan. Namun, kinerja tank Mark I pada pertempuran tumpang tindih dan komandan Inggris, Jenderal Sir Douglas Haig, dikritik karena terlalu cepat mengunnakan senjata rahasia.

Seperti serangan pada 1 Juli (Pertempuran Albert) dan 14 Juli (Pertempuran Bazentin Ridge) Haig berharap untuk menerobos pertahanan Jerman. Meskipun Pasukan Inggris, Kanada dan Selandia Baru membuat hasil yang signifikan pada hari yang sama, tidak dapat melakukan terobosan.

Di sisi kiri Korps Kanada merebut Courcelette sementara di pusat desa Martinpuich dan Flers dapat direbut tetapi sebagai sasaran pendek dari tujuan asli Gueudecourt dan Lesbœufs. Di sebelah kanan, pasukan Jerman yang dikenal sebagai Quadrilateral menghentikan Inggris di Morval. Untuk mencapai tujuan, Angkatan Darat Keempat Inggris mengadakan Pertempuran Morval pada tanggal 25 September.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Aksi pasukan Kanada di Pertempuran Somme diperingati pada Memorial Courcelette yang diletakkan di pinggir jalan D929 (Albert-Bapaume), tepat di sebelah selatan Courcelette.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 50°9′29″LU 2°20′32″BT / 50,15806°LU 2,34222°BT / 50.15806; 2.34222