Pertempuran Ancre

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Ancre
Bagian dari Pertempuran Somme pada Perang Dunia I
Korbanpertempuranancre.jpg
Korban pertempuran Ancre
Tanggal 13 - 18 November 1916
Lokasi Ancre, Perancis
Hasil ?
Pihak yang terlibat
Bendera Britania Raya Inggris Raya  Kekaisaran Jerman
Komandan
Bendera Britania Raya Hubert Gough

Pertempuran Ancre merupakan pertempuran terakhir dari Pertempuran Somme, terjadi pada tanggal 13 - 18 November 1916 di Ancre, Perancis.

Pada tanggal 15 November Komandan Angkatan Darat Kelima Inggris (sebelumnya Angkatan Darat Cadangan) Letnan Jenderal Hubert Gough bertemu dengan komandan Sekutu di Chantilly untuk melaporkan keberhasilan pertempuran kepada Perancis.

Gough merencanakan serangan di kedua sisi Sungai Ancre, anak sungai kecil dari Sungai Somme yang melalui sisi utara medan pertempuran. Di selatan Ancre adalah Thiepval, yang baru saja direbut oleh Inggris pada Pertempuran Thiepval Ridge, dan St Pierre Divion, yang masih diduduki Jerman. Di utara Ancre adalah Beaumont-Hamel dan Beaucourt-sur-l'Ancre; sisi ini belum terlihat ada operasi besar sejak pembukaan serangan Somme pada 1 Juli.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada bulan November, Inggris telah belajar banyak tentang perencanaan, persiapan dan pelaksanaan sebuah serangan dalam perang parit. Didukung oleh artileri, senapan mesin dan tank, Divisi 51 (Highland) menyerbu melintasi jurang Y dan merebut Beaumont Hamel[1], sedangkan di sebelah kiri mereka Divisi ke-2 maju bersama Redan Ridge. Di sebelah kanan, Divisi ke-63 (Royal Naval) menyerang daerah antara Beaumont Hamel dan sungai. Selama pertempuran, Letnan Kolonel Bernard Freyberg, yang kemudian menjadi Gubernur-Jenderal Selandia Baru, memenangkan Victoria Cross meskipun tiga kali terluka. Di utara, Divisi ke-3 dan Divisi 31 diharapkan untuk membentuk pertahanan dan merebut Serre tetapi serangan mereka gagal. Untuk itu Divisi 31 mencoba maju seperti pada hari pertama di Somme, dengan hasil sama. Di Selatan Ancre, Korps II mendapat perlawanan relatif mudah.

Pertempuran Ancre dapat dianggap sukses bagi Inggris, dan Sir Douglas Haig merasa puas dengan hasilnya. Namun, komandan Angkatan Darat V Gough, seperti biasa, ingin untuk melanjutkan pertempuran. Pada tanggal 18 November, Korps II diperintahkan untuk ke arah utara menuju Grandcourt dan sungai. Di utara sungai, Korps V mengamankan Redan Ridge. Serangan itu tidak berhasil.

Di sebelah barat serangan 18 November, Divisi ke-4 Kanada ditugasi merebut parit Desire dan parit Desire Support yang kurang lebih sejajar dengan sungai, di selatan Grandcourt. Serangan pertama terhadap parit Desire Support dilakukan oleh kompi dari Batalyon ke-46 (Saskatchewan) dan dua lagi dari Batalyon 50 (Calgary) yang berhadapan dengan senapan mesin berat dan hanya merebut bagian kecil Desire Support. Serangan kedua dari brigade ke-11 dengan dua kompi masing-masing dari Batalyon ke-38 (Ottawa), ke-54 (Kootenay), ke-75 (Mississauga), dan ke-87 (Pengawal Grenadier Kanada) menyerang, merebut, menduduki, mengonsolidasi bagian dari Desire dan mengirim patroli maju menuju parit Grandcourt.[2]

Dampak[sunting | sunting sumber]

Ketika Gough menelepon dari Pertempuran Ancre, Pertempuran Somme secara efektif telah berhenti. Di sisi selatan, operasi Angkatan Darat Keempat Inggris selesai pada tanggal 16 November dan di Perancis serangan terakhir berlangsung pada 14 - 15 November di St Pierre Vaast Wood. Kedua belah pihak bertahan di Somme selama musim dingin.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bewsher, Frederick William (1921). The history of the 51st (Highland) Division, 1914-1918. Edinburgh: William Blackwood and Sons.  p. 100
  2. ^ Forum: Irishmilitaryonline.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Koordinat: 50°4′LU 2°42′BT / 50,067°LU 2,7°BT / 50.067; 2.700