Pertempuran Bazentin Ridge

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pertempuran Bazentin Ridge
Bagian dari Pertempuran Somme pada Perang Dunia I
Pasukan Inggris terluka dekat Bernafay Wood
Seorang tahanan Jerman membantu pasukan Inggris yang terluka dalam perjalanan mereka ke pos pengganti di Bazentin Ridge, 19 Juli 1916.
Tanggal 14 Juli 1916
Lokasi 50°1′38,8″LU 2°45′15″BT / 50,01667°LU 2,75417°BT / 50.01667; 2.75417Koordinat: 50°1′38,8″LU 2°45′15″BT / 50,01667°LU 2,75417°BT / 50.01667; 2.75417
Somme, Picardi Perancis
Hasil Kemenangan Inggris
Pihak yang terlibat
Flag of the United Kingdom.svg Britania Raya

Red Ensign of South Africa 1910-1912.svg Afrika Selatan

Flag of the German Empire.svg Kekaisaran Jerman
Komandan
Flag of the United Kingdom.svg Henry Rawlinson Flag of the German Empire.svg Fritz von Below
Kekuatan
5 divisi 3 Guard, 12 pasukan cadangan dan 183 divisi
Korban
9.000 terbunuh, terluka atau hilang 1.400 tertangkap

Pertempuran Bazentin Ridge adalah serangan Angkatan Darat Inggris Keempat pada waktu fajar pada 14 Juli 1916, menandai dimulainya Pertempuran Somme tahap kedua. Dihentikan oleh salah satu komandan Perancis sebagai "serangan amatir yang dilaksanakan oleh amatiran", ternyata cukup sukses bagi Inggris, kontras dengan serangan hari pertama di Somme. Namun, seperti hari pertama, Inggris gagal memanfaatkan keuntungan mereka setelah kemenangan dan perlawanan Jerman menegang, periode pertempuran berdarah dimulai.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Setelah 1 Juli, hari pertama pertempuran di Somme, rencana Jenderal Douglas Haig kacau. Utara jalan Albert-Bapaume serangan itu gagal total sementara di selatan jalan, Korps XX Perancis, Montauban dan Mametz telah direbut. Oleh karena itu Haig memutuskan untuk berkonsentrasi pada operasi berikutnya di selatan. Angkatan Darat Keempat, Letnan Jenderal Henry Rawlinson, yang bertanggung jawab untuk seluruh sektor Inggris pada tanggal 1 Juli, menyerahkan sektor utara kepada Angkatan Darat Cadangan, Letnan Jenderal Hubert Gough.

Sementara Inggris telah melalui garis pertama pertahanan Jerman di utara Sungai Somme, mereka kini berhadapan dengan garis pertahanan kedua yang diperluas di sepanjang punggung bukit dekat dataran tinggi Thiepval di utara sampai desa-desa di Guillemont dan Ginchy selatan. Di mana Inggris telah sampai di Mametz dan Montauban, posisi kedua sepanjang Bazentin Ridge yang terletak di desa-desa; Bazentin le Petit, Bazentin le Grand dan Longueval. Berbatasan dengan Longueval adalah Delville Wood. Desa-desa ini menjadi tujuan serangan Inggris.

Awal operasi[sunting | sunting sumber]

Dua minggu sebelum pertempuran, Angkatan Darat Keempat melakukan serangkaian operasi awal untuk mempersiapkan serangan di Bazentin Ridge. Ini melibatkan serangkaian tujuan pada hari pertama yang tetap menunjukkan ketidakberhasilan dan harga yang harus dibayar untuk kebimbangan dan keragu-raguan dari komandan senior Inggris.

Pada 3 Juli Divisi ke-9 (Skotlandia), cadangan dari Korps XIII pada tanggal 1 Juli, menempati Bernafay Wood sebelah timur Montauban sementara Divisi ke-19 (Barat) merebut La Boisselle pada usaha kedua. Serangan Divisi ke-12 (Timur) di Ovillers, utara jalan Albert-Bapaume , merupakan sebuah kegagalan. Hari berikutnya Divisi ke-9 menduduki Caterpillar Wood di barat Montauban. Keberhasilan Korps XV di Mametz Wood tidak begitu mudah. Jerman telah meninggalkan wood pada hari pertama tetapi kembali pada tanggal 4 Juli ketika Inggris melakukan upaya pertama mereka untuk merebutnya.

Pada 7 Juli satu rangkaian serangan dilakukan terhadap Ovillers, Contalmaison dan Mametz Wood. Divisi ke-12 dan ke-25 membuat keberhasilan kecil di Ovillers tetapi serangan Divisi ke-17 (Utara) di Contalmaison dan Divisi ke-38 (Welsh) menemukan kegagalan. Welsh mencoba lagi pada 10 Juli dan merebut Mametz Wood pada upaya kedua, sementara Divisi ke-23 merebut Contalmaison.

Dari 3 - 13 Juli, Angkatan Darat Keempat dilakukan 46 "tindakan" dalam persiapan untuk mendorong aksi berikutnya, mengakibatkan 25.000 korban. Rawlinson dan Haig telah dikecam karena pendekatan satu demi satu pertempuran, sering menyebabkan korban Inggris lebih parah dari Jerman. Namun, dengan merebut Contalmaison dan Mametz Wood, Angkatan Darat Keempat sekarang dalam posisi untuk menyerang Bazentin Ridge.

Rencana operasi[sunting | sunting sumber]

Rencana untuk 14 Juli dari Jenderal Rawlinson dan Komandan Korps XIII, Letnan Jenderal Walter Congreve, tidak mirip dengan rencana yang gagal pada 1 Juli. Serangan akan dilakukan oleh dua korps; Korps XV akan menyerang di kiri, bertempur di Bazentin le Petit dan Bazentin le Grand sementara Korps XIII akan menyerang di sebelah kanan, bertempur di Longueval. Setiap korps akan menyerang pada waktu fajar, pukul 03.25, dengan dua divisi masing-masing. Batalyon yang menyerang akan bermalam terlebih dahulu kemudian pindah ke daerah tak bertuan, yang terdiri atas 1.200 yard (1.100 m) lebar, dan berada dekat dengan kawat berduri Jerman, siap untuk menyerang parit Jerman ketika pertempuran dimulai.

Serangan akan didahului oleh pemboman artileri merupakan badai berlangsung hanya 5 menit. Persiapan artileri sebenarnya dimulai tiga hari sebelumnya, pada tanggal 11 Juli, tapi tidak seperti pada 1 Juli dan tidak ada sinyal jelas akan niat Inggris untuk menyerang. Penekanannya adalah pada baterai anti-api untuk menghilangkan senjata Jerman. Kritis, Rawlinson memiliki 950 senjata dan Howitzer, dua pertiga kekuatan artileri yang tersedia pada tanggal 1 Juli, tapi menyerang dengan sekitar seperempat dari 1 Juli di bagian depan, hanya 6.000 yard (5.5 km) dibandingkan dengan 22.000 yard (20 km). Juga kedalaman rencana penyerangan kurang sehingga perebutan posisi kedua Jerman mengalami sebuah kejenuhan; 660 beban untuk setiap jengkal (330 kg/m) parit Jerman.

Jenderal Haig menyatakan keraguan atas rencana ini, percaya hal itu terjadi terlalu rumit dan bahwa perjalanan malam pasukan Angkatan Darat yang baru tidak berpengalaman dan akan mengakibatkan kebingungan dan kekacauan sebelum serangan dimulai. Haig mengusulkan sebuah rencana alternatif, menyerang dari Mametz Wood merupakan garis yang paling dekat, dan kemudian "menggulung" sayap Jerman di Longueval. Namun, rencana Rawlinson berlaku meskipun Haig memerlukan divisi cadangan Korps XIII , Divisi 18 (Timur) , akan membebaskan Trônes Wood di sayap ekstrem kanan .

Serangan fajar[sunting | sunting sumber]

Peta posisi kedua Jerman menghadapi Divisi 21 Inggris dekat Bazentin le Petit, 14 Juli 1916. garis awal Divisi berwarna merah. Daerah yang direbut pukul 09.00 ditunjukkan oleh garis merah putus-putus.

Bagian posisi kedua Jerman dari Bazentin le Petit sampai Longueval dijaga oleh Divisi Pengawal 3 Jerman. Pada pukul 03.20 artileri Inggris membuka serangan dengan pemboman di garis depan parit Jerman. Pukul 03.25, ketika pemboman ke lini kedua parit cadangan, infanteri bergegas menyerbu masuk parit. Pemboman jatuh di parit cadangan selama dua menit sebelum pemboman kembali. Gelombang pertama infanteri Inggris, terdiri dari serangkaian pemboman untuk mendorong pasukan langsung ke parit cadangan, meninggalkan gelombang berikutnya untuk menyapu garis depan. Kejutan tidak lengkap dan pasukan bertahanan Jerman bertemu dengan infanteri Inggris dengan senapan dan senapan mesin, tetapi di tempat lain garnisun tertangkap di tepat peristirahatan mereka. Seperti pada tanggal 1 Juli, kualitas pemotongan kawat bervariabel; kadang-kadang tidak menimbulkan hambatan, di tempat lain gelombang penyerang dapat mengangkat dan memotong perbagian.

Di sebelah kiri, Divisi 21 diserang dari Mametz Wood, persimpangan tak bertuan ke Bazentin Wood le Petit. Di sebelah kanan mereka adalah Divisi ke-7 yang telah dihadapkan dengan lebih dari 1.000 yard (900 m) tak bertuan untuk menyeberang, yang merayap menyerang batalyon dalam radius 100 yard (90 m) dari kawat Jerman ketika pemboman terjadi. Divisi ke-7 dihadapkan dengan kompleks di parit Jerman - parit Flatiron, parit Marlboro dan Snout - yang terletak di luar Bazentin Wood le Grand, tetapi mereka mencapai semua tujuan. Pada pagi kedua divisi Korps XV telah merebut desa Bazentin le Petit.

Di sebelah kanan, menyerang antara Bazentin le Grand dan Longueval adalah dua divisi Korps XIII, dari kiri ke kanan, Divisi ke-3 dan Divisi ke-9 (Skotlandia). Divisi ke-9, yang juga berisi Brigade Infanteri Afrika Selatan (di dekat cadangan Carnoy), mengambil Longueval dan sampai di pinggiran Delville Wood yang mengapit desa tetapi tidak dapat merebut benteng Jerman di Ladang Waterlot .

Di pusat, hal-hal yang tidak berjalan dengan baik untuk menyerang Divisi ke-3 dari Montauban menuju Bazentin le Grand. Kawat Jerman dipotong dan pasukan bertahan waspada. Pertahanan Jerman yang ditetapkan tak bertuan ketinggalan menyerang batalyon tetapi mendukung gelombang serangan. Ciri khas keberuntungan divisi adalah Batalyon ke-7, King's Shropshire Light Infanteri (Brigade ke-8) yang kehilangan delapan perwira dan 200 prajurit lainya tewas.

Sementara itu Divisi 18 (Timur), menyerang dari Bernafay Wood, timur Montauban, telah berhasil merebut Trônes Wood.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]