PAWA Dominicana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Pan Am World Airways Dominicana
Pawadom logo.jpg
IATA ICAO Kode panggil
7Q PWD PAWA DOMINICANA
Didirikan 2003
Hub
Kota fokus
Program penumpang setia Ya
Lounge penumpang Ya
Aliansi Aserca Airlines / SBA Airlines / Servair Aviation
Ukuran armada 5
Kota tujuan 8
Perusahaan induk Servair, S.A.
Slogan perusahaan Tu Nueva Opcion para Volar (Pilihan baru anda untuk terbang)
Kantor pusat Santo Domingo
Orang penting Juan Carlos Hernandez - Presiden & CEO
Situs web www.pawad.com.do

Pan Am World Airways Dominicana adalah flag carrier nasional dan internasional milik Republik Dominika. Maskapai ini awalnya didirikan sebagai anak perusahaan dari Pan American World Airways. Maskapai ini memiliki penerbangan berjadwal yang menghubungkan Republik Dominika dengan Haiti, Puerto Riko, Curaçao dan destinasi Karibia lainnya. Hub maskapai ini adalah Bandar Udara Internasional Las Américas di Santo Domingo dan Bandar Udara Internasional Cibao di Santiago.

PAWA[sunting | sunting sumber]

Pan Am World Airways Dominicana adalah sebuah maskapai penerbangan Dominika yang berbasis di Santo Domingo-Las Americas. Maskapai ini memiliki beberapa penerbangan charter menuju pulau karibia lain dan destinasi domestik di wilayah Republik Dominika, namun sebagian besar penerbangan menuju Aguadilla, Ponce, San Juan dan Punta Cana. Maskapai ini merupakan satu-satunya maskapai penerbangan berjadwal Dominika yang beroperasi di Republik Dominika, sejak bulan Mei 2007.

PAWA Dominicana saat ini terbang menuju Puerto Riko, dalam layanan reguler berjadwal, dan beberapa penerbangan charter di wilayah Karibia dan di dalam Republik Dominika.

Hub[sunting | sunting sumber]

Hub PAWA Dominicana adalah Santo Domingo-Bandara Intl Las Americas dan Santiago-Bandara Intl Cibao[1], dimana maskapai mengoperasikan dan melakukan perawatan terhadap armada mereka.

Mereka juga memiliki kota fokus seperti di Punta Cana, dan Aguadilla.

Bandara Luis Muñoz Marín diharapkan akan menjadi hub sekunder bagi PAWA Dominicana; namun, sebagian besar penerbangan maskapai dioperasikan menuju Aguadilla dan dihubungkan melalui Republik Dominika.

ServAir[sunting | sunting sumber]

Perusahaan layanan udara Dominika, Servair, adalah pemilik saham mayoritas dari PAWA Dominicana. Perusahaan ini berfungsi sebagai perusahaan induk dari maskapai, membuatnya menjadi maskapai penerbangan Dominika sepenuhnya.

Servair membeli dua pesawat pertama pada tahun 2003; dua BAe JetStream 31, yang langsung diregistrasi dengan nomor registrasi Dominika HI.

Rute[sunting | sunting sumber]

PAWA Dominicana terbang dari Republik Dominika menuju Haiti dan Puerto Rico dalam penerbangan reguler berjadwal. Mereka saat memiliki layanan reguler dari hub utama mereka Santo Domingo SDQ menuju Aguadilla, Ponce, Port-Au-Prince, San Juan sebagai rute internasional dan menuju Punta Cana dan Santiago sebagai rute domestik. MAskapai ini juga memiliki penerbangan internasional dari Punta Cana dan Santiago. Mereka mengoperasikan pesawat DC-9 di rute DR-San Juan. Pesawat JS-31 beroperasi di sebagian besar rute maskapai.

Destinasi baru, ternasuk Miami, menjadi destinasi reguler san Samana sebagai destinasi charter sebagai tambahan menuju Bandara San Juan Isla Grande, yang sudah dilayani sebelumnya.[2]

Destinasi[sunting | sunting sumber]

PAWA Dominicana saat ini terbang menuju Puerto Riko, dalam layanan reguler berjadwal, dan beberapa penerbangan charter di wilayah aribia lainnya.

Armada[sunting | sunting sumber]

Armada PAWAD terdiri dari dua JetStreams seri 31 dan tiga McDonnell Douglas DC-9 seri 30, semuanya sebelumnya dimiliki oleh Northwest Airlines. [3]

Spesifikasi armada maskapai
Armada PAWA Dominicana
Registrasi Pesawat Total Penumpang
(pertama/ekonomi)
Basis Catatan
HI-817
HI-841
Jetstream 31 2 19 (Y) SDQ
Karibia dan domestik
HI-869
HI-876
N919RW
DC-9-32
DC-9-32
DC-9-31
3 100 (16 / 84)
100 (16 / 84)
116 (F / Y)
SDQ
HI-869 aktif
HI-876 aktif
N919RW disimpan di OPF

Lain-lain
Maskapai melihat kemungkinan untuk membeli sebuah pesawat berbadan lebar untuk penerbangan Eropa dan MD-80 untuk rute SDQ-MIA / SDQ-JFK.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ CH-Aviation (November 21, 2008). "PAWA Dominicana hubs and airline details". ch-aviation.ch. Diakses 2009-02-24. 
  2. ^ DOT / Regulations.gov (March 8, 2009). "PAWA Dominicana begins services to Florida". Regulations.gov / Department of Transportation. Diakses 2009-03-10. 
  3. ^ CH-Aviation (May 15, 2009). "PAWA Dominicana's fleet". ch-aviation.ch. Diakses 2009-05-15.