Bandar Udara Internasional Cibao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional Cibao
IATA: STIICAO: MDST
Ikhtisar
Jenis bandara Publik
Pengelola Cibao Airport Corporation
Lokasi Santiago de los Caballeros, Republik Dominika
Ketinggian 172 m (565 f)
Koordinat 19°24′21.93″LU,070°36′16.88″BB
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
11/29 8.595 2.620 aspal/beton

Bandar Udara Internasional Cibao (bahasa Spanyol: Aeropuerto Internacional del Cibao) (IATA: STIICAO: MDST) adalah bandar udara internasional ketiga di negaranya, berlokasi di Santiago de los Caballeros, kota terbesar kedua di Republik Dominika. Bandara ini memiliki beberapa fasilitas paling maju di negaranya. Bandara ini utamanya melayani penduduk Dominika yang tinggal di Amerika Serikat, Kuba, Kepulauan Turks dan Caicos, Puerto Riko dan Panama.

PAWA Dominicana berbasis di bandara Cibao, menjadikannya maskapai penerbangan nasional terpenting. JetBlue Airways adalah operator internasional utama, dengan penerbangan harian menuju New York City.

Air Turks and Caicos, maskapai penerbangan nasional dari Kepulauan Turks dan Caicos, menjadikannya sebagai kota fokus internasional utama, dengan lebih dari enam belas penerbangan mingguan menuju Providenciales dan sebuah layanan musiman menuju Grand Turk. Mereka juga berencana menambah beberapa destinasi seperti menuju South Caicos, Haiti dan beberapa penerbangan di wilayah Republik Dominika.

Aeromar Líneas Aéreas Dominicanas memiliki hub kedua mereka di Bandara Cibao, saat mereka mengoperasikan penerbangan menuju New York City dan San Juan, dari Santiago. Aeromar sudah tidak beroperasi sejak tahun 2004.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rencana untuk membagun bandara ini pertama diajukan pada tahun 1969. Korporrasi Bandar Udara Internasional Cibao didirikan pada 29 Maret 1978 dengan kooperasi dari José Armando Bermúdez (presiden), Víctor Espaillat, Manuel Arsenio Ureña, Dr. José Augusto Imbert, Mario Cáceres dan Ing. Carlos S. Fondeur, yang membeli tanah yang cukup untuk membangun bandara baru.

Lapangan perkir di Bandara Cibao di pagi hari dengan penerbangan menuju New York, Newark dan Miami tahun 2003

Pembangunan bandara ini dimulai pada 15 Februari 2000 dan selesai pada tahun 2002. bandara ini diresmikan pada 18 Maret 2002 dengan dua penerbangan langsung menuju San Juan dioperasikan oleh American Eagle.

Pada Mei 2002 Aeromar Líneas Aéreas Dominicanas melakukan penerbangan langsung pertamanya dari Santiago menuju Bandara JFK di New York City. Terakhir pada bulan yang sama American Airlines dan North American Airlines memulai penerbangan langsung menuju New York, Miami, dan San Juan. Beberapa bulan kemudian Continental Airlines memulai penerbangn langsung dari Newark. Hal ini diikuti oleh penerbangan langsung oleh JetBlue Airways dan Delta Air Lines, keduanya dari New York.[1] Aeromar menjadikan Santiago sebagai hub keduanya, setelah Bandar Udara Internasional Las Américas.

Pada akhir tahun 2005 operator bandara memulai salah satu proyek ekspansi terbesar untuk bandara ini. Mereka mengembangkan aula bea culai dan membangun kembali sisi barat dan timur terminal. Terminal mengalami penambahan lantai kedua. Ekspansi ini selesai pada tahun 2006. Pada musim panas 2009 landasan pacu akan diperpanjang 400m ke arah barat.[2] Operator sudah merencanakan penambahan 400 m tersebut sejak tahun 2006. Pada bulan April 2008, Cibao International menjadi badnara pertama di negaranya yang menghapuskan bea bagi pesawat pribadi, memungkinkan peningkatan arus wisatawan di wilayah ini.

Pada bulan Juni 2008, Continental Airlines mengumumkna penghentian layanan mereka menuju Santiago hingga 3 September. Delta Air Lines mengumumkan layanan baru menuju Atlanta, mulai pada 20 Desember 2008, dan membuka kembali rute New York pada 13 Desember 2008. Pada 8 September 2009, Delta Air Lines menghentikan kembali layanan menuju Atlanta.

Pada 21 Desember, Pace Airlines memulai operasi musiman di Bandara Cibao, dari/menuju San Juan, Puerto Riko, mengoperasikan sebuah Boeing 737-200.

Pada 9 Januari 2009, Spirit Airlines mengumumkan operasi menuju Santiago City dari Fort Lauderdale, FL, mulai pada 18 Juni 2009. Mereka mengoperasikan rute ini dengan layanan harian menggunakan pesawat Airbus A319.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Insfrastruktur Bandara Cibao terdiri dari terminal internasional utama, terminal domestik dan sebuah terminal kargo. Terminal internasional merupakan yang paling lengkap dan menerima sebagian besar penerbangan dan memiliki fasilitas modern yang mempermudah cek in, boarding, dan penanganan bagasi.

Pemilik bandara berencana untuk mengembangkan landasan pacu dan menambahkan jalur taksi baru pada tahun depan.[2]

Landasan pacu dan jalur taksi[sunting | sunting sumber]

Landasan pacu 11/29[sunting | sunting sumber]

Panjang landasan pacu adalah 2.620 m, yang dapat menangani semua jemis pesawat penumpang. Operator badnara sedang berdiskusi untuk mengembangkan landasan pacu agar dapat menampung pesawat yang lebih besar seperti Boeing 747 untuk penerbangan jarak jauh dari Eropa.

Landasan pacu 11/29 adalah salah satu landasan pacu paling modern di negara ini; landasan pacu dilengkapi dengan ILS (Sistem Pendaratan Instrumen) untuk kedua arah landasan pacu. Bandar Udara Internasional Cibao dan Bandar Udara Internasional Las Américas adalah dua bandara di negara ini yang dilengkapi dengan sistem ini.[3]

Jalur taksi[sunting | sunting sumber]

Jalur taksi Bandar Udara Internasional Cibao memiliki dua pintu keluar E-1 dan E-2; E-1 terletak di sisi barat landasan pacu 11/29, tepat menuju arah 11 landasan pacu tersebut. E-2 berlokasi di sisi timur landasan pacu, menuju arah 29 landasan pacu.[4]

Penerbangan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun pertama operasi (2002) bandara memiliki lima hingga enam penerbangan harian, pada tahun 2009, bandara memiliki 25 hingga 36 penerbangan harian, menuju AS, Karibia, dan Amerika Tengah. Saat ini bandara belum menawarkan penerbangan langsung menuju Kanada dan Eropa, namun hal ini diharapkan akan segera muncul, setelah pengembangan landasan pacu.

Continental Airlines Boeing 777-200ER di pintu keluar E-2 meninggalkan terminal utama untuk penerbangan menuju Newark

Tahun 2005 bandara menerima sebuah pesawat Antonov AN-124 milik Volga-Dnepr dari Spanyol untuk aktivitas militer di sepanjang perbatasan dengan Haiti. Pesawat tetap berada di Santiago selama dua hari sebelum kembali ke Spanyol.

Tahun 2006, Air Europa, investor Dominika dan pemerintah mengumpulkan dana senilai AS$10 juta untuk membentuk sebuah maskapai penerbangan nasional yang sudah tidak dimiliki negara. Maskapai baru ini, Air Dominicana, tidak pernah beroperasi.[5]

Peningkatan status penumpang[sunting | sunting sumber]

Sejak pembukaannya, Cibao International sudah diproyeksikan sebagai salah satu bandara tersibuk dalam hal jumlah penumpang di Republik DOminika. Saat ini, bandara ini telah menjadi bandara tersibuk ketiga di Republik Dominika, hanya dilewati oleh bandara di Santo Domingo dan Punta Cana.

Bandara ini melayani lebih dari 1 juta penumpang pada tahun 2007. Ketika pergerakan penumpang meningkat, operasi lalu lintas juga meningkat secara signifikan, menerima frekuensi lebih banyak dan destinasi baru.[1]. Pada tahun 2010 diharapkan jumlah penumpang meningkat hingga satu setengah juta orang.

Tahun 2007 JetBlue Airways meningkatkan operasinya menjadi empat penerbangan tiap hari dan 3 sampai 5 hari penerbangan charter tiap musim. Dibandingka tahun 2006, JetBlue meningkatkan pergerakannya di Cibao International dengan tambahan dua penerbangan.Search date December 22. Tahun 2010 direncanakan akan terjadi penambahan penerbangan hingga menjadi enam penerbangan harian dalam rute Santiago–New York pada musim panas.

Pengembangan bandara[sunting | sunting sumber]

Cibao Airport Corporation telah mengembangan terminal internasional, yang sekarang juga meliputi wilayah cek in baru, pengembangan wilayah komersial, penanganan bagasi baru, pengembangan ulang Wilayah Bebas Cukai dan wilayah bea cukai yang siap digunakan.[6]

Terminals, maskapai dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Terminal internasional[sunting | sunting sumber]

Terminal utama bandara (internasional) memiliki enam gerbang (B1-B6).[7] Tiga gerbang diantaranya dilengkapi dengan grabarata (B4-B6). Terminal ini terletak di atara terminal domestik dan terminal kargo. Terminal ini memiliki semua fasilitas sebagai bandara modern. Pengembangan lebih lanjut dari bandara ini sedang dibicarakan dan akan meliputi penambahan gerbang dan wilayah penanganan bagasi bersama juga dengan pengembangan jalur taksi.

American Airlines sebelumnya merupakan maskapai penerbangan terbesar di bandara ini dan saat ini JetBlue Airways menjadi maskapai penerbangan terbesar.

Terminal domestik[sunting | sunting sumber]

Terminal domestik bandara ini, disebut juga Aula Penerbangan Umum, memiliki tiga gerbang, (A1 to A3), semuanya tanpa garbarata, dan berlokasi di sebelah terminal internasional. Terminal ini digunakan untuk penerbangan domestik dan penerbangan charter.

PAWA Dominicana memiliki hub di Cibao International di mana mereka mengoperasikan layanan musiman menuju San Juan, dan rencana untuk terbang menuju Port au Prince dan Aguadilla dari terminal internasional. Dari terminal ini mereka melayani penerbangan menuju Santo Domingo sebagai penerbangan berjadwal dan menuju Punta Cana dalam penerbangan charter berjadwal.

Maskapai Tujuan Terminal
Aerolíneas Mas Port-Au-Prince,[8] Santo Domingo-La Isabela D
Aeronaves Dominicanas Puerto Plata, Samaná D
Air Century Constanza, Santo Domingo D
Air Turks and Caicos Providenciales
Musiman: Grand Turk
I
American Airlines Miami, New York-JFK I
American Eagle San Juan
Musiman: Port-au-Prince
I
Copa Airlines Panama City I
Delta Air Lines New York-JFK I
JetBlue Airways Boston, New York-JFK I
M&N Aviation Punta Cana, Santo Domingo-Las Americas D
PAWA Dominicana Punta Cana, Santo Domingo-Las Americas D
PAWA Dominicana Musiman: San Juan I
SAP Air Punta Cana, Santo Domingo-Las Americas D
Spirit Airlines Fort Lauderdale I
VolAir Cap Haitien, Puerto Plata, Punta Cana, Santo Domingo-La Isabela D

Terminal kargo[sunting | sunting sumber]

Bandara ini memiliki sebuah terminal kargo dengan empat gerbang ( C1 - C4) untuk maskapai kargo seperti Amerijet, Cargo Logistic. Maskapai kargo tersebut memiliki penerbangan reguler dari Santiago menuju Amerika Serikat dan pulau Karibia lainnya termasuk Saint Martin dan Bahama jdan juga ke banyak destinasi kargo domestik seperti Santo Domingo, Costanza dan lainnya.

Amerijet adalah maskapai penerbangan kargo utama di bandara dengan banyak penerbangan menuju Miami, Port-au-Prince, St. Kitts, Santo Domingo, dan pulau tetangga lainnya. Maskapai ini memiliki penerbangan mingguan langsung menuju Miami dan Santo Domingo dan menuju destinasi lain pada hari Minggu.

Maskapai Tujuan
Ameriflight Aguadilla, Providenciales, San Juan
Amerijet Miami, Port-au-Prince, Santo Domingo, Port of Spain, San Juan
Musiman: Grenada, Antigua, St. Vincent, St. Maarten, St. Kitts, Bridgetown, Fort de France, Georgetown, Aruba, Barcelona (VE), Puerto Plata , Kingston, Curaçao, Caracas, San Salvador, San Pedro Sula, Las Piedras (VE), Maracaibo
Capital Cargo International Airlines Miami, Orlando, San Juan
Contract Air Cargo Providenciales, Miami-Opa Locka, Santo Domingo, Aguadilla, South Caicos
Corporate Air Aguadilla, Providenciales, Santo Domingo
Musiman: San Juan
M&N Aviation Punta Cana, Santo Domingo-Las Americas
IBC Airways Miami, Providenciales, St. Thomas, West Palm Beach
Mountain Air Cargo Aguadilla, Providenciales
Merlin Express San Juan, Aguadilla, Providenciales
Missionary Flights Cap Haitien, Exuma, St. Lucia, Providenciales, Puerto Plata
Skyway Enterprises Aguadilla, Antigua, Exuma, Nassau, Providenciales, San Juan, Santo Domingo
Volga-Dnepr Musiman: Azores Islands, Lisbon, Madrid-Barajas
FedEx Express Aguadilla
UPS Airlines Aguadilla, Santo Domingo-Las Americas
Cargo logistic Charter: operated by VolAir
D. J. Expert Cargo Santo Domingo

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ JetBlue and DR1.com/forums (March 8, 2004). "JetBlue operations in STI". DR1.com. Diakses 2008-04-26. 
  2. ^ a b RaInZ/ACD (November 20, 2007). "Aeropuerto Cibao - Expancion del Runway 11". Aviación Civil Dominicana ACD. Diakses 2008-03-24. 
  3. ^ AIC (March 20, 2008). "Runway 11 expansion - One of the most moderns runways in the country". Aeropuerto Internacional del Cibao (msnusers). Diakses 2008-03-23. 
  4. ^ AIP/AIS Dominicana (March 1, 2008). "Diagrama Aeroportuario - Dirección de Navegación Aérea". IDAC Instituto Dominicano de Aviación Civil. Diakses 2008-03-23. 
  5. ^ http://www.airlineupdate.com/airlines/airline_extra/defunctairlines/defunctairlines_2009.htm Air Dominicana listed as defunct. Retrieved 2009-09-29.
  6. ^ Migssant/ACD (March 15, 2008). "Parte Oeste Aeropuerto Cibao - Expancion de la Terminal 1". Aviación Civil Dominicana ACD. Diakses 2008-03-24. 
  7. ^ IDAC (March 1, 2008). "Ramps Map STI" (PDF). AIP Dominicana (IDAC). Diakses 2008-04-26. 
  8. ^ http://www.aerolineasmas.com/BodyText.aspx?Pagina=250

Pranala luar[sunting | sunting sumber]