Bandar Udara Internasional Las Américas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bandar Udara Internasional Las Américas

MDSD-TerminalA&Bview.JPG

IATA: SDQICAO: MDSD
Ikhtisar
Jenis bandara Publik
Pengelola Aeropuertos Dominicanos Siglo XXI S.A. (Aerodom), bersama operator bandara internasional, Vancouver Airport Services, Ltd. (YVRAS)
Lokasi Santo Domingo, Republik Dominika
Ketinggian 18 m (59 f)
Koordinat 18°25′46″LU,69°40′08″BB
Landas pacu
Arah Panjang Permukaan
ft m
17/35 11.002 3.355 aspal

Bandar Udara Internasional Las Américas (bahasa Spanyol: Aeropuerto Internacional Las Américas-JFPG) (IATA: SDQICAO: MDSD) merupakan sebuah bandar udara internasional yang terletak di Punta Caucedo, di dekat Santo Domingo dan Boca Chica di Republik Dominika. Bandara ini doperasikan oleh Aeropuertos Dominicanos Siglo XXI (AERODOM), sebuah korporasi privat berbasis di Republik Dominika, dengan konsesi selama 25 tahun untuk membangun, mengoperasikan, dan melakukan transfer dalam 6 bandara di Republik Dominika. Las Américas umumnya menangani Boeing 737, 747, 757, 767, 777; Airbus A319, A320, A330, A340; dan beberapa pesawat jarak jauh, menengah, dan pendek lainnya.

Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di negara ini, setelah Bandar Udara Internasional Punta Cana, dan merupakan salah satu yang terbesar di Karibia, menangani 2,7 juta penumpang pada tahun 2008[1] melalui terminalnya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Bandara Las Américas dibuka pada tahun 1959[2] sebagai badnara resmi dari Santo Domingo.

Nama resmi bandara ini diganti pada tahun 2002 menjadi "Aeropuerto Internacional Las Américas- José Francisco Peña Gómez (AIJFPG)" namun masih banyak dikenal sebagai "Bandar Udara Internasional Las Américas", atau oleh penduduk lokal, "Las Américas".

Pada 15 Februari 1970, sebuah Dominicana de Aviación DC-9 yang terbang menuju Bandar Udara Internasional Luis Muñoz Marín di San Juan, Puerto Riko, jatuh, menewaskan semua 102 penumpang di pesawat.

Las Américas merupakan hub bagi Dominicana de Aviación, APA Dominicana International, Air Santo Domingo, dan sejumlah maskapai lainnya yang lebih kecil. Saat ini, PAWA Dominicana dan SAP Air berbasis di sana.

Las Américas juga menjadi hub bagi Aeromar Líneas Aéreas Dominicanas, Air Santo Domingo, Aero Continente Dominicana, dan Queen Air.

Saat ini, jalan cepat yang ada dari Santo Domingo menuju bandara (sekitar 20 km di bagian timur pusat kota) sedang diperbesar dan dimodernisasi. Jalan cepat baru melewati sebuah jembatan gantung baru yang melintasi sungai Ozama, menghubungkan lalu lintas menuju Jalur Bebas Elevated kota dan sistem terowongan menuju jalan utama kota, Av. 27 de Febrero. Rute yang lebih memanjakan mata menyusuri wilayah pantai menyediakan pemandangan indah laut Karibia dan kota. Jalan sekunder ini melintasi sungai Ozama menggunakan sebuah jembatan apung, menghubungkan lalu lintas ke Av. George Washington (el Malecón) yang mengarah ke jantung kota kolonial.

Terminal Utara baru[sunting | sunting sumber]

Terminal baru ini telah selesai dan dibuka untuk operasi. Terminal ini mampu menampung empat Boeing 747 secara simultan. Terminal baru ini memiliki empat gerbang dengan garbarata, sebuah sistem pendingin udara, dan fasilitas perawatan untuk pesawat.

Landasan pacu[sunting | sunting sumber]

Landasan pacu Las Américas memiliki arah 17/35. Landasan pacu ini merupakan yang terbesar di negaranya, dan salah satu yang terbesar di Karibia. Dengan panjang 3.355 m, landasan pacu ini mampu menangani sebuah Airbus A380. Landasan pacu di SDQ terakhir direnovasi pada bulan Juni 2008. Jalur taksi lama direnovasi dan diubah menjasi landasna pacu penuh. landsan pacu ini mengakomodir sebuah Antonov An-225 untuk mendistribusikan bantuan setelah Gempa Bumi Haiti 2010.[3]

Terminal, maskapai, dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Tampak udara sebelah timur laut dari SDQ dan landasan pacunya
American Eagle ATR di bandara

Las Américas memiliki 7 gerbang di kumpulan satelit utama (A), A1 hingga A6, yang digunakan bersama dan di kumpulan yang sama terdapat gerbang American Eagle, A7. Fasilitas gerbang lain digunakan untuk penrbangan yang akan keluar dari tempat parkir di jalur taksi. Pada dekade 1960an dan 1970an saat bandara ini melayani pesawat yang lebih kecil, bagunan asli merupakan separuh bagian dari seluruh struktur baru sekarang namun masih terlihat modern.

Kumpulan B memiliki 5 gerbang, B1 hingga B4, dan sebuah gerbang American Eagle B1A. Terminal B merupakan yang terbaru dan paling modern di negaranya. Terminal B sekarang dilengkapi dengan Presidents Club yang dioperasikan bersama dengan Continental Airlines dan Copa Airlines, bersama dengan Admirals Club yang dioperasikan oleh anggota Aliansi Oneworld.

Jumlah rata-rata penerbangan harian berkisar antara 68 dan 84. American Airlines merupakan maskapai penerbangan terbesar yang beroperasi di Las Américas membuatnya menjadi seperti kota fokus kecil di Karibia bagi American Airlines.

Maskapai Tujuan Terminal
Aero Caribbean Santiago de Cuba A
Aerolíneas Mas Samana Domestik
Aeronaves Dominicanas Samaná, Santo Domingo-La Isabela Domestik
Air Caraïbes Cayenne, Fort-de-France, Havana, Pointe-à-Pitre A
Air Century Constanza, Santiago de los Caballeros Domestik
Air Europa Madrid A
Air France Fort de France, Paris-Charles de Gaulle, Pointe-à-Pitre
Musiman: Miami
A
Air Inter Island Punta Cana Domestik
Air Transat Montreal-Trudeau A
American Airlines Boston, Miami, New York-JFK, San Juan B
American Eagle Port-au-Prince, San Juan B
Aserca Airlines Aruba, Curaçao, Caracas, Punta Cana
Musiman: Maracaibo
A
Avianca Bogotá A
Condor Frankfurt, San Jose, Panama City A
Continental Airlines Newark B
Copa Airlines Panama City B
Copa Airlines Colombia Musiman: Bogota B
Cubana de Aviación Havana B
Delta Air Lines Atlanta, New York-JFK B
Dutch Antilles Express Curaçao, St. Maarten A
Iberia Madrid A
Insel Air Curaçao, St Maarten A
JetBlue Airways Boston, Fort Lauderdale, New York-JFK, Orlando, San Juan B
Leeward Islands Air Transport Antigua, Tortola A
Martinair Musiman: Amsterdam B
PAWA Dominicana Aguadilla, Port-au-Prince, San Juan, Curaçao, Caracas, Miami B
PAWA Dominicana Santiago de los Caballeros, Punta Cana Domestik
Spirit Airlines Fort Lauderdale B
Sunwing Airlines Montreal-Trudeau
Musiman: Toronto-Pearson
A
TACA operated by Lacsa San José de Costa Rica B
TACA Perú Lima B
US Airways Philadelphia A
Venezolana Caracas A

Maskapai kargo[sunting | sunting sumber]

Maskapai Tujuan
ABX Air San Juan, Miami, Fort Lauderdale
Amerijet Miami, Santiago de los Caballeros, Port-au-Prince, St. Maarten, San Juan, Cancún, Guatemala City, Fort Lauderdale, Dominica, Grenada, Curaçao, Barcelona (Venezuela), Caracas, Port of Spain, Aruba, Barbados, San Salvador, San Pedro Sula, Panama City
Amerijet operated by Caribe Trans Santiago de los Caballeros, Miami
Centurion Air Cargo Miami
Contract Air Cargo Aguadilla, San Juan, Ponce
DHL Aviation Memphis
FedEx Musiman: Fort Lauderdale
Mountain Air Cargo Aguadilla
Roblex Aviation Nassau, Aguadilla, Fort de France
Tampa Cargo Medellin
Tradewinds Airlines New York-JFK
UPS Airlines Miami
Volga-Dnepr Musiman: Madrid

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]