Air Transat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Air Transat
AirTransatLogo.png
IATA ICAO Kode panggil
TS TSC TRANSAT
Didirikan 1986
Hub Bandar Udara Internasional Montréal-Pierre Elliott Trudeau
Bandar Udara Internasional Pearson Toronto
Kota fokus Bandar Udara Internasional Vancouver
Bandar Udara Internasional Québec/Jean Lesage
Bandar Udara Internasional Calgary
Ukuran armada 19
Kota tujuan 90
Perusahaan induk Transat A.T. Inc.
Kantor pusat Montreal, Quebec
Orang penting Jean-Marc Eustache (Pimpinan & CEO), François Laurin(CFO), Allen B. Graham
Situs web http://www.airtransat.com

Air Transat A.T. Inc. merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Montreal, Quebec, Kanada, mengoperasikan penerbangan sewaan dan terjadwal dan melayani 90 kota di 25 negara. Maskapai ini dimiliki dan dioperasikan oleh Air Transat A.T. Selama musim panas kota-kota utamanya terletak di Eropa dan penerbangan domestik di Kanada dan pada musim dingin di Karibia, Meksiko, Amerika Serikat dan Amerika Selatan. Merupakan maskapai khusus antara Kanada dan Kuba. Basis utamanya adalah Bandar Udara Internasional Montréal-Pierre Elliott Trudeau, dengan hub di Bandar Udara Internasional Pearson Toronto dan Bandar Udara Internasional Vancouver. Maskapai ini juga memfokuskan operasinya di Bandar Udara Internasional Calgary dan Bandar Udara Internasional Québec/Jean Lesage.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Air Transat didirikan oleh bekas karyawan Quebecair bulan Desember 1986 sebagai off-shoot dari Traffic Voyages. Penerbangan perdananya dilakukan 14 November 1987, dari Montreal ke Acapulco. Enam tahun kemudian, Air Transat memperoleh basis perawatan dan pesawat Nationair yang tak beroperasi. Hari ini, perusahaan telah membukukan 2.5 juta penumpang per tahun. Sahamnya dimiliki oleh Transat A.T. Inc. Perusahaan terpisah (Transat Holidays, Nolitours, Jonview Canada) beroperasi dibawah merek TDC (Transat Distribution Canada) yang berpengalaman dalam mengorganisir, memasarkan, dan mengiklankan perjalanan dan paket liburan. Organisasi ini terdiri dari operator tur dan perjalanan ritel di Kanada dan Perancis. Hari ini Air Transat adalah salah satu maskapai terbesar di Kanada, setelah Air Canada, Air Canada Jazz dan WestJet.

Tanggal 14 Juli 2006, Transat mengumumkan bahwa mereka menandatangani perjanjian membeli operator tur Britania, The Airline Seat Company seharga £20.4 juta (sekitar C$42.8 juta).[2] Antara 1995 dan 2006 The Airline Seat Company mendirikan sebagian bisnisnya dengan merek Canadian Affair, sebuah operator dan agen tur untuk penerbangan sewaan antara Britania dan Kanada.

Air Transat memiliki 2.667 karyawan[1].

Insiden dan kecelakaan[sunting | sunting sumber]

  • Tanggal 24 Agustus 2001, Air Transat Penerbangan 236, dari Toronto ke Lisbon dengan 306 awak dan penumpang, melakukan pendaratan darurat di Azores tanpa mesin setelah kekosongan bahan bakar di atas Samudera Atlantik.[3] Pesawat mendarat selamat di Pangkalan Udara Lajes, di pulau Terceira. Pesawat dievakuasi dalam 90 detik. Kesemua 306 penumpang selamat. Sebuah investigasi menemukan bahwa penyebab kecelakaan ini adalah kebocoran di mesin dua yang disebabkan oleh bagian yang salah dipasang di sistem hidraulik oleh staf perawatan Air Transat. Bagian antara kabel hidraulik dan kabel bahan bakar, menyebabkan getaran pada kabel hidraulik untuk mengurangi kabel bahan bakar dan menyebabkan kebocoran.
  • Tanggal 6 Maret 2005, Air Transat Penerbangan 961 dari Kuba ke Quebec City, menggunakan Airbus A310-300 dengan 9 awak dan 261 penumpang, mengalami pemisahan rudder selama penerbangan. Awak menjadi khawatir terhadap masalah ini dan kembali ke Varadero, Kuba, dimana pendaratan dilakukan. Alasan kesalahan struktural rudder ini masih diselidiki. Telah ditemukan bahwa tidak ada input rudder yang aneh yang digunakan oleh awak selama penerbangan, mereka tidak mengubah-ubah rudder ketika rusak dan tidak ada kesalahan pada rudder atau sistem yaw-damper.[4]
Sebuah Air Transat A330 tiba di Bandar Udara Schiphol Amsterdam.

Kota Tujuan[sunting | sunting sumber]

Air Transat berpengalaman dalam penerbangan sewaan dari beberapa kota Kanada ke kota-kota liburan lainnya, terutama di bagian selatan selama musim dingin dan di Eropa selama musim panas.

Logo Air Transat pada awal dan pertengahan 1990. Tidak lagi digunakan tahun 2005 dengan perkenalan logo baru. "Canada's No.1 Holiday Airline" tidak muncul pada warna pesawat.

Rute Eropa baru[sunting | sunting sumber]

Rute Baru (22 Agustus 2007)
Rute Tanggal Dimulai Tanggal Berakhir Pesawat
Toronto- Malaga 18 Juni 2008 1 Oktober 2008 Airbus A310

Armada[sunting | sunting sumber]

PesawatAir Transat di Bandara Montreal-Trudeau.

Armada Air Transat meliputi (Februari 2009):

Armada
Aircraft Jumlah Penumpang Rute Keterangan
Airbus A310-300 13 249 (20J/229Y) Atlantik & Amerika Selatan Berhenti beroperasi 2012
Airbus A330-200 3 342 (21J/321Y) Atlantic & South America Kabin yang diubah Pertengahan 2008
Airbus A330-300 2 343 (21J/322Y) Atlantik & Amerika Selatan

Air Transat, melirik Airbus A350 XWB dan Boeing 787 Dreamliner, CEO Air Transat Allen Graham mengatakan dalam wawancara 14 November 2007. Ia akan memilih pada 2008 atau awal 2009, dengan rencana membeli pesawat dari Airbus atau Boeing dan juga menambahkan bahwa mereka akan beroperasi tahun 2013. [1]

Bulan Desember 2007, usia rata-rata armada Air Transat adalah 15.1 tahun[5].

Logo 1980 Air Transat

Armada terdahulu[sunting | sunting sumber]

Trivia[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]