Mimpi Metropolitan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mimpi Metropolitan
Genre
PembuatLimelight Pictures
PengembangWishnutama
Ditulis oleh
  • Dewi Pramita
  • Nonny Amelia Boenawan
  • Krist Cuap
  • Iyas Mulyadi
  • Ratih Kumala
  • Eimiria Ramsyarina
  • Aurelia Aurita
  • Andhika Rahmadian
  • Indah Kusuma Efendi
  • Lylia Wahyono
SutradaraYoyok Sri Hardianto
Pemeran
Lagu pembuka"Mimpi Metropolitan" oleh Sakurta H. G., Rifat Sungkar dan Madkucil
Lagu penutup"Mimpi Metropolitan" oleh Sakurta H. G., Rifat Sungkar dan Madkucil
Negara asalIndonesia
Bahasa asliIndonesia
Jmlh. musim1
Jmlh. episode65
Produksi
Produser eksekutif
  • Nur Asfin Mardini (episode 1–14)
  • Dody Firmansah (episode 15–65)
  • Made Cakra Adi
Produser
  • Roan Y. Anprira
  • Omar Aly Adly
Lokasi produksiJakarta, Indonesia
SinematografiEgom Sutedjo
PenyuntingKelindan Studio
Pengaturan kameraMultikamera
Durasi40–50 menit
Rumah produksiLimelight Pictures
DistributorIndika Group
Rilis asli
JaringanNET.
Format gambarHDTV (1080i 16:9)
Format audioStereo
Dolby Digital Plus
Rilis20 Agustus (2018-08-20) –
16 November 2018 (2018-11-16)

Mimpi Metropolitan merupakan sebuah serial televisi drama komedi yang ditayangkan perdana pada tanggal 20 Agustus 2018 hingga 16 November 2018 dan disiarkan di NET.. Serial ini diproduksi oleh rumah produksi Limelight Pictures.[4] Serial ini menceritakan kehidupan Bambang (Madkucil), Alan (Rifat Sungkar) dan Prima (Sakurta H. Ginting); tiga sahabat yang tinggal di indekos yang sama di Jakarta. Mimpi Metropolitan menerima nominasi untuk kategori Serial Televisi Terpuji pada Festival Film Bandung 2019.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

kartu layar Mimpi Metropolitan

Mimpi Metropolitan menceritakan kehidupan tiga sahabat yang hidup di Jakarta: Bambang, seorang pemuda kampung yang baru datang ke Jakarta dengan tujuan untuk kuliah dan ingin bertemu dengan Maudy Koesnaedi; Alan, seorang pemuda Batak yang mengidolakan Ariel Noah dan bekerja sebagai penjual DVD bajakan; dan Prima Irama, seorang pemuda yang bercita-cita menjadi seorang artis dan sedang membangun kariernya dari bawah dengan cara menjadi ekstra dan penonton bayaran. Mereka bertiga tinggal di rumah kos yang sama yang dimiliki oleh seorang pemilik agensi yang dikenal dengan nama panggilan Mami Bibir.[5]

Setelah terlambat ikut ujian masuk universitas, Bambang memutuskan untuk tetap tinggal di Jakarta dan mencari nafkah sendiri.[6] Bambang juga menghadapi berbagai masalah yang muncul dari perasaan romantisnya kepada Melani, seorang karyawan Hits TV yang tinggal di rumah Mami Bibir sejak kos lamanya dibangun ulang.[7][8] Sementara Alan bertemu dan jatuh cinta pada Pipin, seorang pemudi yang baru datang ke Jakarta dan bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah Mami Bibir.[9] Demi Pipin, Alan berhenti menjual DVD bajakan dan mencoba pekerjaan-pekerjaan lain.[6] Sedangkan Prima yang sempat dilarang menjadi ekstra karena kebiasaannya yang tidak disiplin, mendapat kesempatan kedua dengan bekerja sebagai koordinator lapangan di agensinya Mami Bibir.[10] Episode-episode dalam seri ini menampilkan usaha mereka mencari dan menjalankan berbagai pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka serta bagaimana mereka menjaga persahabatan mereka dan hubungan dengan orang-orang di sekitar mereka.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Pemeran utama[sunting | sunting sumber]

Pemeran pembantu[sunting | sunting sumber]

Selain pemeran utama, sitkom ini didukung pula oleh beberapa pemain pembantu. Para pemain pembantu juga merupakan bagian dari Mimpi Metropolitan. Peran mereka juga tak kalah penting, untuk mewarnai serta membuat cerita dari sitkom ini menjadi lebih solid.

Beberapa pemeran pembantu yang memiliki pengaruh kuat terhadap cerita, antara lain:

  • Nickma Fadhil sebagai Bibi Saodah, bibi dari Pipin.
  • Khaidir Kibo sebagai Topan.
  • Kiki Adrian, yang juga merupakan asisten sutradara, berperan sebagai Bang Akbar, sutradara AADC (Ada Azab Dalam Cerita).
  • Ridwan Remin berperan sebagai Wawan (tukang bakso yang menyukai Pipin).
  • Slamet bin Soedarmo, berperan sebagai bapak kandung Bambang.

Bintang tamu[sunting | sunting sumber]

Bintang tamu merupakan para aktor dan aktris pendukung dari alur cerita di Mimpi Metropolitan. Hadir hanya pada satu atau beberapa episode, namun memiliki pengaruh yang kuat bagi kelangsungan cerita utama di episode-episode berikutnya.

Beberapa bintang tamu yang pernah hadir di Mimpi Metropolitan diantaranya:

  • Ayu Azhari hadir sebagai Mama Melani, episode 9 dan 61.
  • Ence Bagus hadir sabagai Pakdhe Tresno, paman Bambang, episode 10 dan 61.
  • Yati Surachman hadir sebagai nenek Nensi (nek ses) seorang mantan petinju, episode 13, 14, dan 53.
  • Agung Hercules hadir sebagai Bang Kai, seorang debt-collector, episode 19 dan 20.
  • Shania Junianatha hadir sebagai Susan, seorang party planner, episode 27, 28, dan 29.
  • Maya Wulan hadir sebagai Bu Rika, pelatih HANTU (Hansip Terpadu), episode 38 dan 39
  • Denisio Perez hadir sebagai David, suami mami bibir. Dan juga Richard, klien acara The Proposal, episode 41 dan 42.
  • Agatha Chelsea hadir sebagai bintang tamu di sinetron AADC (Ada Azab Dalam Cerita), episode 46.
  • Yayan Ruhian hadir sebagai bintang tamu di lokasi syuting sinetron AADC (Ada Azab Dalam Cerita), episode 50.
  • Maudy Koesnaedi hadir sebagai presenter acara kuliner, artis idola bambang dan pak slamet, episode 52 dan 53.
  • Dian Sidik hadir sebagai Dian, sepupu Bambang, episode 61.

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

Mimpi Metropolitan merupakan seri drama satu musim yang terdiri 65 episode. Episode pertamanya tayang perdana pada 20 Agustus 2018 dan episode terakhirnya ditayangkan pada 16 November 2018.

No. Judul[11] Durasi
1 Mimpi Metropolitan 46m 57d
Bambang pertama kali datang ke Jakarta dari Wonosari dengan tujuan kuliah dan menyampaikan surat ayahnya kepada Maudy Koesnaedi. Di terminal, Bambang berkenalan dengan Alan yang sedang berjualan DVD bajakan. Alan mengajak Bambang mengekos sekamar dengannya. Di tengah jalan, Bambang berkenalan dan jatuh cinta kepada Melani, seorang kreatif di acara Hits TV Alexi Show. Sementara itu, Prima pulang ke kos setelah gagal menjadi ekstra sinetron. Di indekos, Prima berkenalan dengan Bambang. Keesokan harinya, Alan bertemu dengan Pipin, keponakan Saodah yang baru pindah ke Jakarta. Alan meminjam motor Prima untuk mengantarkan Bambang mencari brosur kuliah, tetapi mereka kena tilang karena lampu motornya mati. Di lokasi syuting, Prima disuruh Mami Bibir untuk syuting lagi besok karena ada adegan tawuran yang perlu banyak ekstra. Prima kesal motornya terkena tilang dan menyuruh Bambang dan Alan ikut dengannya syuting adegan tawuran. Saat di lokasi syuting, Bambang tanpa sengaja menumpahkan minuman ke tasnya Mami Bibir. Ketika Bambang, Alan dan Prima mencoba mengeringkannya dengan setrika, mereka membuat tasnya berlubang.
2 Latihan Ketawa Bawa Masalah 50m 4d
Mami Bibir marah karena tasnya rusak dan menyuruh Bambang, Alan dan Prima selalu siap menjadi ekstra maupun penonton bayaran apabila dipanggil, sampai mereka bisa mengganti tasnya seharga 15 juta rupiah. Bambang, Alan dan Prima sepakat untuk patungan mengganti tas Mami Bibir. Pipin mulai bekerja sebagai pembantu rumah tangga di rumah Mami Bibir. Karena penonton bayaran Alexi Show yang sebelumnya tidak mau bekerja dengan Alexi lagi, Melani meminta Mami Bibir mengirim penonton bayaran dari agensinya. Mami Bibir menyuruh Bambang, Alan dan Prima berlatih tertawa untuk menjadi penonton bayaran di Alexi Show. Saat rekaman, mereka bertiga bisa tertawa dengan lancar walaupun Alexi tidak lucu. Saat sedang tidur dan mengigau, Bambang mengiyakan permintaan Alan untuk membayar 700 ribu dari 900 ribu rupiah biaya kos mereka.
3 Menjadi Panitia Qurban 42m 59d di NET VERSE (hanya 35m 32d yang diupload ke youtube)
Melani sedang butuh kambing untuk acara televisi spesial Idul Adha dan meminta Mami Bibir menyewakan kambingnya. Mami Bibir setuju, tetapi kambingnya tiba-tiba menghilang. Kambing tersebut ditemukan oleh Bambang, Alan dan Prima. Saat sedang mencari pemilik kambing tersebut, Bambang menerima telepon dari Melani yang memintanya mencarikan kambing. Setelah meminjamkan kambing tersebut ke Melani, Bambang, Alan dan Prima bertemu Mami Bibir yang mengambil kembali kambingnya.
4 Macam-macam Golongan Ekstra 46m 34d
Di lokasi syuting Ada Azab Dalam Cerita, Prima jatuh cinta kepada pemeran utamanya, Clarabel. Oleh karena itu, Prima mencari kesempatan agar bisa sering menjadi ekstra di AADC dan meminta Mami Bibir membantunya menjadi ekstra kontinuitas di sana. Pipin memberi tahu Alan bahwa dia pindah ke Jakarta karena rumah keluarganya di Puncak terkena longsor. Saat waktunya membayar uang kos, Bambang memberikan Alan 700 ribu rupiah seperti yang dia iyakan sebelumnya. Setelah berbicara dengan Mami Bibir, Bambang menyadari bahwa dia seharusnya hanya membayar 450 ribu rupiah saja.
5 Misteri Kosan Berhantu 46m 34d
Alan pindah ke kamar Prima sampai dia bisa membayar utang 250 ribu rupiahnya ke Bambang. Saat sedang berjualan DVD bajakan, Alan bertemu seorang penggali kubur tua. Melihat bayarannya, Alan memutuskan untuk membantunya serta mengajak Bambang dan Prima membantu juga. Pada malam harinya, Alan mengerjai Bambang dengan berpura-pura menjadi hantu. Untuk meminta maaf, Alan mengantarkan Bambang membeli ponsel baru pengganti ponselnya yang sudah tua. Karena kos yang dia tinggali akan dibangun ulang, Melani pindah ke rumah Mami Bibir. Pipin mencoba mencari pekerjaan tambahan dan memutuskan untuk berjualan gado-gado.
6 Nasib Ekstras Sombong 45m 25d
Pipin menyewa ruangan di sebelah rumah kos Mami Bibir untuk dijadikan warung gado-gado. Pada hari pertamanya, warung Pipin tidak mendapat pembeli. Keesokan harinya, Alan membantu Pipin mendapatkan pelanggan-pelanggan pertamanya. Prima mulai bekerja sebagai ekstra kontinuitas di Ada Azab Dalam Cerita. Namun saat seharusnya syuting, Prima pergi membeli gado-gado untuk Clarabel. Akibatnya Prima diturunkan kembali menjadi ekstra biasa. Saat pulang ke kos, Bambang, Alan dan Prima bertemu penjual tas langganan Mami Bibir dan menemukan bahwa tas yang mereka rusak hanyalah tas KW. Karena tasnya hanya berharga 600 ribu rupiah, Bambang, Alan dan Prima langsung melunasi utang mereka ke Mami Bibir. Tidak lama kemudian, mereka merusak jaket seseorang dan harus ganti rugi sebesar 3 juta rupiah.
7 Tangisan Cowok Super Modus 43m 36d
Saat membeli DVD bajakan untuk dijual, Alan bertemu Pipin. Karena Pipin khawatir Alan bisa dipenjara karena pekerjaannya, Alan memutuskan untuk berhenti berjualan DVD bajakan. Karena tidak menemukan pekerjaan lain, Alan memohon kepada Mami Bibir untuk mempekerjakannya. Sementara itu, Bambang bersiap untuk ujian masuk kuliah. Karena mendengar ada orang yang mendapat uang di tempat donor darah, Bambang memutuskan untuk ikut donor sebelum pergi ujian. Namun, kabar yang Bambang dapat rupanya adalah salah paham dan Bambang tidak mendapat uang di sana. Selain itu, Bambang jadi terlambat ikut ujian dan tidak bisa kuliah tahun ini. Bambang memutuskan untuk tetap tinggal di Jakarta, mencari uang sendiri dan menyampaikan surat ayahnya ke Maudy Koesnaedi. Melihat Pipin kesulitan membuka karung kerupuk, Alan memberikan kotak yang berisi surat ayah Bambang untuk dijadikan wadah kerupuk Pipin.
8 Orang Pendiam Kalau Marah Nyeremin 40m 6d
Bambang marah karena Alan membuat surat ayahnya berminyak dan Prima saat mencoba membantu malah semakin merusaknya. Keesokan harinya, Bambang mendapat pekerjaan menjadi pemotong rumput dan mulai membawa sabit ke kosan. Alan dan Prima takut melihat Bambang dan sepakat untuk mencari poster Maudy Koesnaedi sebagai permintaan maaf kepada Bambang. Alan bekerja menjadi asisten Mami Bibir, tetapi dipecat karena menyemprotkan semprotan yang salah ke muka Mami Bibir. Di warung Pipin, Alan bertemu dengan penipu yang mengambil uang tiga jutanya saat dia pertama kali datang ke Jakarta. Alan mendapatkan kembali uangnya dan memberikan sebagian untuk mengobati Mami Bibir. Prima mendapatkan poster Maudy dari seorang penjual poster dan menempelkannya di kamar Bambang dan Alan. Bambang memaafkan Alan dan Prima.
9 Ikutan Demo Demi Uang 42m 6d
Seorang pedagang sayur yang menyukai Pipin dan bernama Wawan memberi tahu Pipin bahwa dia bisa cepat habis jualannya karena berjualan di tempat demo. Ibunya Melani datang mengunjungi Melani untuk berlibur bersama Melani yang akan cuti. Ibunya Melani berkenalan dengan Bambang dan memutuskan untuk jalan-jalan ditemani Bambang. Prima mengajak Alan mencari lokasi demo untuk menjadi pendemo bayaran, tetapi tidak menemukannya. Pipin mendapatkan lokasinya dari Wawan lalu Pipin, Alan dan Prima pergi ke sana. Bambang dan ibunya Melani kebetulan lewat lokasi demo dan memutuskan untuk ikut. Melani marah Bambang membawa ibunya ke lokasi demo, tetapi atas permintaan ibunya, Melani memaafkan Bambang. Karena cuti Melani dibatalkan, ibunya Melani pulang.
10 Modus Ala Pakde 41m 12d
Pakdenya Bambang, Trisno, datang ke Jakarta untuk memberikan mobil keluarga mereka kepada Bambang. Ketika mendengar Bambang, Alan dan Prima sedang punya utang jutaan rupiah, Trisno langsung melunasinya menggunakan uang yang dia dapat dari menjadi selebgram. Mami Bibir sedang stres jadi dia menyuruh Bambang, Alan dan Prima mengganti warna tembok rumahnya. Saat mengecat, Prima mendapat ide merekam Bambang dan Alan sedang mengecat sambil menari agar dijadikan video viral. Dalam perekamannya, Alan tidak sengaja mengecat muka Mami Bibir. Mami Bibir kesal dan menyuruh Bambang, Alan dan Prima mengembalikan warna tembok menjadi seperti semula.
11 Peresmian Warung Pipin 46m 48d
Warung Pipin sedang sepi pembeli karena orang-orang sudah bosan makan gado-gado. Pipin memutuskan untuk menambahkan menu baru ke warungnya. Sementara itu, Prima dan Bambang mendapat pekerjaan mengantarkan anak-anak sekolahan ke kolam renang. Setelah selesai, Prima mencoba belajar mengendarai mobil Bambang, tetapi malah menabrak mobil orang lain. Untuk mendapat uang dari Mami Bibir untuk membayar ganti rugi, Prima mengosongkan kamarnya dan pindah ke kamar Bambang dan Alan.
12 Bambang Makin Kesemsem Melani 47m
Bambang menemukan seorang kakek pikun dan membawanya ke rumah kos. Dengan bantuan teman-temannya, mereka menemukan keluarga kakek tersebut dan mengembalikannya. Karena Mami Bibir sedang kekurangan koordinator lapangan, Mami Bibir mempekerjakan Prima sebagai koordinator lapangan agensinya di Ada Azab Dalam Cerita. Di Hits TV, Melani dipindahkan pekerjaannya dari Alexi Show, tetapi Alexi sedih akan jarang bertemu Melani.
13 Bambang Ngasuh Nenek Tinju 40m 4d
Karena telah mengurus seorang kakek sebelumnya, Bambang mendapat pekerjaan mengurus Nenek Nancy, seorang mantan petinju. Bambang kelelahan mengurus Nancy yang masih bugar dan giat berlatih, jadi dia meminta bantuan Alan dan Prima. Setelah masa bekerja mereka selesai, Bambang, Alan dan Prima dihadiahkan sebuah mesin cuci dari Nancy.
14 Usaha Laundry Baper 46m 56d
Bambang, Alan dan Prima sepakat untuk membuka usaha laundry menggunakan mesin cuci yang mereka dapatkan. Pipin memberi tahu Alan bahwa dia sedang perlu uang untuk biaya ujian adiknya. Melani memberi tahu Bambang bahwa Maudy Koesnaedi akan menjadi bintang tamu di acara Outdoor Chef yang dia urus. Prima ditugaskan Mami Bibir mengurus penonton bayaran di Outdoor Chef. Ketika Bambang sampai di lokasi syuting Outdoor Chef, dia tidak bertemu Maudy yang tidak jadi hadir karena mendadak sakit dan digantikan oleh Clarabel.
15 Bambang yang Punya Fans 43m 47d
Saat bertemu Bambang dan Prima, Clarabel mengabaikan Prima dan menggemari Bambang karena video mengecatnya sedang viral. Alan kelelahan mengurus laundry sendiri sehingga hasil cuciannya menjadi buruk. Karena uang hasil usaha laundry masih sedikit, Alan meminjam uang Bambang untuk membayar ujian adiknya Pipin. Berita tentang buruknya hasil cucian laundry Bambang, Alan dan Prima menyebar, sehingga mereka tidak mendapat pelanggan lagi.
16 Asyik Bambang Liburan Bareng Melani 48m 10d
Prima dititipkan kamera sebagai jaminan oleh ektsra yang mau meminjam uang. Berhubung Prima masih punya tiket Taman Mini Indonesia Indah dari Mami Bibir, Prima mengajak Bambang dan Alan jalan-jalan ke sana. Kebetulan, Melani ditugaskan melakukan observasi ke Taman Mini dan mengajak Pipin jalan-jalan ke sana juga. Di Taman Mini, Prima mencoba menjadi tukang foto bayaran, tetapi dicegah oleh tukang foto yang resmi. Mami Bibir awalnya tidak ikut karena akan ada arisan di rumahnya. Setelah lokasi arisannya dipindahkan, Mami Bibir memilih ikut para penghuni kos bermain di Taman Mini.
17 Bambang & Alan Dimarahin Bos 46m 37d
Karena kamera yang dititipkan kepadanya rusak, Prima harus bayar ganti rugi. Prima meminjam uang Mami Bibir dengan imbalan Prima selalu siap menjadi koordinator lapangan di acara apa pun, untuk hari ini adalah Ourdoor Chef. Bambang dan Alan mendapat pekerjaan di tempat cuci mobil. Melani sedang sakit, tetapi memaksakan untuk bekerja. Untuk pulangnya, Melani diantarkan oleh Prima. Bambang dan Alan melihat Prima memakaikan jaketnya kepada Melani. Bambang cemburu karena mengira Prima sedang mendekati Melani.
18 Bambang yang Galau 47m 11d
Prima menjelaskan kepada Bambang bahwa dia hanya sekadar membantu Melani yang sedang sakit. Bambang baru sadar bahwa Melani sedang sakit, jadi dia membelikan Melani obat. Keesokan harinya, Alan dan Prima mendapat pekerjaan berpura-pura menjadi pacar orang yang sedang wisuda. Karena seharian tidak datang ke tempat cuci mobil, Alan dipecat. Yola, perempuan yang berpura-pura menjadi pacar Prima, bersikeras Prima harus menikahinya.
19 Kerjaan Baru Alan 46m 7d
Bambang berhenti bekerja di tempat cuci mobil karena terkena kutu air. Yola terus mendatangi rumah kosnya Prima sehingga Prima memilih diam di kos dan menjadi admin media sosial produk obat kutu air. Setelah diiming-imingi uang, Prima diam-diam keluar dan menjadi koordinator lapangan di Outdoor Chef. Selepas syuting Outdoor Chef, Mami Bibir dan Melani membujuk Yola untuk merelakan Prima. Sementara itu, Alan bertemu dengan kenalannya dari Medan, Bang Kai. Alan ikut dengan Kai bekerja menjadi penagih utang.
20 Bambang Siap Jadi Selebgram 48m 27d
Ketika menjadi penagih utang, Alan terlalu lambat dan terlalu lunak kepada orang yang ditagih. Alan pada akhirnya memutuskan untuk berhenti menjadi penagih utang. Ketika sedang butuh ekstra, Mami Bibir dan Prima mengajak Bambang. Di lokasi syuting, Bambang sudah terkenal karena video mengecatnya yang viral. Prima mencoba menjadikan Bambang artis dan membelikannya baju untuk meningkatkan popularitas Bambang. Namun, Prima dan Bambang tidak kunjung mendapatkan uang dan Prima terpaksa meminta Mami Bibir membayarkan utangnya kepada penjual baju tersebut.
21 Bambang Jadi Bintang Tamu 48m 1d
Bambang diundang menjadi bintang tamu Outdoor Chef, tetapi membatalkannya karena harus memilih salah satu antara Mami Bibir dan Prima sebagai manajernya. Agar Bambang berubah pikiran, Prima dan Mami Bibir setuju untuk berbagi peran manajer. Sementara Bambang syuting, Prima dan Alan menjual baju-baju yang Prima belikan untuk Bambang karena tidak terpakai.
22 Niat Biar Ganteng Malah Jadi Begini 48m 55d
Bambang didorong oleh Mami Bibir, Prima dan Alan untuk menerima peran bintang tamu lagi di Ada Azab Dalam Cerita. Pada pagi harinya, Bambang, Alan dan Prima mengambil tawaran menjadi penguji produk kosmetik. Di lokasi syuting, Bambang tidak bisa akting, jadi Prima berjanji kepada asisten sutradara, Akbar, mereka akan membantu tim artistik apabila Bambang gagal syuting. Saat waktunya syuting. efek samping dari produk kosmetiknya membuat Bambang gatal-gatal dan syutingnya gagal.
23 Benarkah Bambang Jadian Sama Melani 48m 26d
Di kantor Hits TV, Melani difoto sedang berdua dengan Alexi. Karena wajah Melani tidak terlihat di foto, para wartawan mencari tahu siapa wanita yang digosipkan adalah pacarnya Alexi. Sebelum pergi ke lokasi syuting Ada Azab Dalam Cerita sebagai bagian dari janji mereka, Bambang dan Prima pergi terlebih dahulu ke kantor Hits TV untuk mengurus honor Bambang. Di sana, Prima memberikan foto Alexi bersama Melani yang lebih jelas kepada wartawan dengan imbalan dibayar dua ratus ribu rupiah. Untuk mendiamkan wartawan, Alexi mengaku tidak berpacaran dengan Melani dan Melani berpura-pura sedang berpacaran dengan Bambang, yang mukanya sedang tidak dikenali oleh wartawan.
24 Datang di Momen yang Tepat 48m 49d
Saat mengantarkan Pipin membawa belanjaan, Alan bertabrakan motornya dengan motor Wawan. Wawan melebih-lebihkan sakitnya agar dirawat di rumah sakit. Untuk mendapatkan uang untuk membayar biayanya, Alan mengajak Bambang dan Prima ikut dengannya menjadi helper rumah sakit. Prima ikut membantu Alan sementara Bambang pergi membantu syuting Ada Azab Dalam Cerita. Bambang kemudian menggunakan uang yang dia dapat dari membantu syuting untuk membeli stiker Maudy Koesnaedi yang ayahnya pesan. Alan dan Prima marah kepada Bambang karena berpikir Bambang membeli stiker tersebut untuk bergaya dan bukannya membantu Alan.
25 Persahabatan Sejati 45m 14d
Ketika Dadang, seorang pengendara odong-odong, pingsan karena kelelahan, Bambang menggantikannya sebagai tukang odong-odong dengan penghasilannya tetap diberikan kepada Dadang. Sementara itu, Alan dan Prima kembali bekerja di rumah sakit dan memergoki Wawan hanya pura-pura sakit. Setelah memberikan uang hasil odong-odong ke Dadang, Bambang memperbaiki motor Wawan sebagai bentuk meminta maaf kepada Alan dan Prima. Alan dan Prima mengetahui dari ayah Bambang bahwa stiker Maudy Koesnaedi yang Bambang pasang adalah permintaan dari ayahnya. Alan dan Prima lalu meminta maaf kepada Bambang.
26 Kecewa Dipecat Dari Pekerjaan 46m 36d
Bambang membayar biaya rumah sakit Wawan dengan honornya dari Hits TV. Alan juga meminta ganti rugi dari Wawan karena telah membohonginya. Alan dan Prima dipecat karena kemarin mengejar-ngejar Wawan yang merupakan seorang pasien. Kaki Bambang mati rasa ketika mengendarai odong-odong, jadi Alan dan Prima menggantikannya mengurus odong-odong Dadang. Sebagai terima kasih, Dadang mengurut kaki Bambang. Dua penghuni kos, Rio dan Adul, pergi dari kos tanpa memberi tahu Mami Bibir dan membawa kabur barang-barang dari kos.
27 Babak Belur Demi Surprise 49m 25d
Saat mengelilingi Jakarta mencari Rio dan Adul, Prima dan Alan bertemu dengan teman kuliah Prima, Susan, yang sekarang bekerja sebagai party planner. Prima, Alan dan Bambang setuju untuk menjadi eksekutor pestanya Susan. Karena pesta pertama yang akan mereka kerjakan adalah lamaran nikah, Melani menyarankan mereka diliput oleh acara lamaran Hits TV, The Proposal. Karena Outdoor Chef sedang tidak membuat episode baru, Melani mulai bekerja di The Proposal. Dalam skenario yang direncanakan The Proposal, Bambang dan Alan akan menculik target lamaran, Dita, dan klien pelamar, Reno, akan menyelamatkan Dita lalu melamarnya. Saat eksekusinya, Dita memukuli Bambang dan Alan jadi mereka berdua kabur ke lokasi lamaran yang direncakan. Reno melamar Dita di sana dan Dita menerima lamarannya.
28 Momen Romantis Bambang dan Melani 46m 59d
Karena acara lamaran yang sebelumnya berhasil, Susan mempercayakan Bambang, Alan dan Prima menggelar makan malam untuk pasangan yang hubungannya berusia genap tiga bulan. Dengan biaya yang terbatas, mereka menjadikan Alan sebagai penyanyi pengiring makan malam. Karena Alan malah menyanyikan lagu yang tidak romantis, pasangan tersebut putus dan menuntut ganti rugi. Sementara itu, Alexi mendengar kabar ada kamar kosong di rumah kos Mami Bibir dan memutuskan untuk mengekos di sana. Di lokasi syuting, Mami Bibir bertemu seorang ekstra tampan, Juna, yang mencari agensi baru karena tidak senang dengan agensinya yang sekarang.
29 Belajar Trik Sulap 48m 27d
Selain pindah agensi, Juna juga pindah ke rumah kos Mami Bibir. Prima iri melihat Mami Bibir memfavoritkan Juna daripada Prima. Bambang juga cemburu karena Alexi akan sering bertemu Melani. Susan meminta Bambang, Alan dan Prima membantunya mengerjakan dua pesta dalam satu hari: pesta baby shower dan pesta ulang tahun seorang anak.
30 Cuma Bambang yang Bisa Bikin Melani Ketawa 48m 33d
Untuk membuat kue pestanya, Susan meminta bantuan Pipin yang membuatnya bersama Melani dan Alexi. Sementara itu, Susan, Bambang, Alan dan Prima menyiapkan lokasi pesta. Pesta baby shower berjalan lancar, tetapi pesta ulang tahunnya gagal karena anaknya terus mengerjai Bambang, Alan dan Prima sampai kuenya jatuh. Karena sudah terlalu sering gagal, Susan berhenti menjadi party planner dan berpisah dengan Bambang, Alan dan Prima.
31 Gagal Nonton Bareng Melani 50m 26d
Setelah usaha party planner bersama Susan gagal, Prima pergi ke lokasi syuting Ada Azab Dalam Cerita. Di sana, Akbar menyuruhnya menggantikan peran Juna sebagai orang yang terkena azab tersambar petir. Ketika syuting, Prima menelan es kering untuk membuat adegan lebih realistis, tetapi akibatnya dia tidak bisa berbicara. Prima juga masih iri melihat perlakuan yang diterima Juna, sehingga terbawa perasaan saat menjadi koordinator lapangan. Karena para ekstra mengeluhkan kinerja Prima, Mami Bibir memecat Prima pada saat itu juga.
32 Bikin Usaha Bareng Melani 48m 58d
Karena akan ada bioskop layar tancap, Pipin, Alan, Bambang dan Melani membuat berondong untuk dijual di sana. Setelah dipecat, Prima mencari pekerjaan lain dan akhirnya memutuskan berjualan minuman di layar tancap juga. Ketika Juna pergi menonton layar tancap, Juna membeli minuman dari Prima dan memenangkan televisi gratis dari bungkus minumannya.
33 Prima Ingin Buang Sial 49m 24d
Setelah terjatuh saat pulang dari bioskop layar tancap, Prima mulai berpikir bahwa dia akhir-akhir ini sering kena sial. Juna berkomentar bahwa nama Prima mungkin penyebab kesialannya. Saat Juna menerima televisi hadiahnya, orang yang mengantar televisi mengungkap di depan Bambang, Alan dan Prima bahwa nama asli Juna bukanlah Arjuna Renjana, melainkan Junedi.
34 Kebersamaan Pejuang Mimpi Metropolitan 46m 35d
Bambang, Alan dan Prima menggunakan pengetahuan mereka tentang nama asli Juna agar Juna berhenti bergaya di depan mereka. Pada malamnya, Prima meminta maaf kepada Mami Bibir dan diterima kembali bekerja bersamanya. Prima lalu membawa Bambang dan Alan ke lokasi syuting Ada Azab Dalam Cerita. Karena tidak bisa menjadi ekstra, Bambang dan Alan membantu tim artistik. Ketika mereka pulang, Mami Bibir menyuruh Bambang dan Alan melakukan pengasapan di rumahnya dan rumah kos. Saat pengasapan selesai, Juna keracunan karena masih ada di kamar.
35 Terbongkarnya Rahasia Alan 49m 34d
Sebelum pingsan, Juna tanpa sengaja membuka rambut palsu Alan. Pipin meyakinkan Alan bahwa yang lainnya menerima Alan meskipun dia memakai rambut palsu. Di lokasi syuting Ada Azab Dalam Cerita, Akbar sedang membutuhkan ekstra tampan. Karena Juna masuk rumah sakit dan Alexi sedang tidak punya pekerjaan, Prima membawa Alexi. Karena Alexi adalah seorang selebritas, Akbar memberikan Alexi peran utama. Untuk acara The Proposal, Melani datang ke lokasi syuting AADC karena kliennya adalah Romi, atasannya Bambang dan Alan. Saat bekerja, Bambang mencoba menyelamatkan Melani dari properti yang mengarah ke kepala Melani, tetapi properti tersebut malah mengenai kepalanya.
36 Ketakutan Melani 50m 47d
Melani mengantar Bambang pulang ke kos. Alan berhenti bekerja di Ada Azab Dalam Cerita setelah Romi membuatnya mengganti oli motor pribadi Romi. Ketika Melani memberikan Bambang makanan dan pesan semoga cepat sembuh, Alan dan Prima menambahkan pesan yang meminta Bambang bertemu dengan Melani di Taman Bugenville. Keesokan harinya, Bambang berhujan-hujan sendirian di Taman Bugenville. Karena mengkhawatirkan Bambang, Prima memberi tahu Melani bahwa Bambang sedang menunggunya di Taman Bugenville.
37 Patah Hati Bambang 49m 21d
Bambang mengungkapkan perasaannya kepada Melani, tetapi Melani memberitahunya bahwa dia menganggap Bambang sebagai teman saja. Bambang menjadi murung seharian. Alexi mengadu kepada Mami Bibir karena ibunya mau memasukkannya ke film Zombi Jomlo. Setelah berbicara dengan Mami Bibir, ibunya Alexi setuju Mami Bibir menjadi manajer Alexi. Bambang menemukan bahwa Alan dan Prima lah yang menulis pesan Taman Bugenville. Walaupun marah, Bambang memaafkan mereka. Juna pulang dari rumah sakit dan mencoba mendekati Melani. Ketika Juna malah membuat kaki Melani terkilir, Juna membawa pulang Melani ke rumah Mami Bibir sehingga Bambang cemburu.
38 Latihan Keras Ala Militer 49m 25d
Soleh, hansip setempat, meninggal dunia saat ingin mengejar sosok misterius. Karena sedang diperlukan hansip baru, Bambang dan Alan melamar menjadi hansip. Sebelum mereka menjadi hansip, mereka harus melewati latihan terlebih dahulu. Juna mendapatkan peran di film Zombi Jomlo dan pergi ke Pangandaran untuk syuting.
39 Merasa Kehilangan Bambang 49m 39d
Ayahnya Bambang jatuh sakit, jadi Bambang langsung pulang ke Wonosari. Alan meneruskan latihan bersama calon lainnya, Bobi dan Bedu. Pada malamnya, para penghuni kos menggelar pengajian untuk berdoa bagi mereka semua. Setelah pengajian selesai, Alan diberi tahu bahwa dia lah yang diterima menjadi hansip baru.
40 Kegundahan Hati Seorang Bambang 49m 57d
Alan memulai malam pertamanya sebagai hansip. Bambang sampai di Wonosari dan mendapati ayahnya sudah baik keadaannya. Walaupun begitu, Bambang ragu-ragu untuk kembali ke Jakarta karena sering terbawa perasaan apabila ada Melani. Di Jakarta, Pipin memerhatikan Melani mulai menunjukkan tanda-tanda Melani suka kepada Bambang. Pada malamnya, Melani menelepon Bambang, tetapi diganggu oleh Alexi. Bambang terbawa perasaan oleh karena keberadaan Alexi dan tidak mau berbicara kepada Melani.
41 Kenangan Mami Bibir dan Suaminya 49m 47d
Menjelang ulang tahun Mami Bibir yang ke-44, Mami Bibir menceritakan kepada Melani, Prima dan Alexi tentang mendiang suaminya, David. Mami Bibir menjadi rindu David, apalagi setelah bertemu klien The Proposal, Richard, yang wajahnya sama persis dengan David. Sementara itu, Bambang mengikuti nasihat ayahnya untuk terus mengejar Melani dan pergi kembali ke Jakarta.
42 Kejutan Spesial Untuk Mami 47m 50d
Melani, Prima dan Alexi membuat kejutan untuk Mami Bibir berupa makan malam bersama Richard. Saat bertemu Melani lagi, Bambang melihat Melani sedang menerima bunga dari Alexi, sehingga Bambang cemburu lagi. Alan diberhentikan dari tugas hansipnya karena Pak RW menerima laporan bahwa Alan tertidur saat bertugas. Sosok misterius yang akhir-akhir ini sering mengintai Alan ditemukan di depan kos. Bambang, Melani dan Mami Bibir menangkap orang tersebut.
43 Air Mata Tulus Melani 47m 35d
Sosok yang melaporkan Alan dan ingin Soleh tangkap sebelum meninggal rupanya adalah Bobi. Bobi merasa bersalah karena tidak sengaja membuat Soleh meninggal dan ingin menjadi hansip menggantikan Alan. Untuk itu, Bobi dibolehkan menjadi hansip menemani Alan yang tidak jadi dipecat. Keesokan harinya, para penghuni kos mempersiapkan pesta ulang tahun Mami Bibir. Ketika Juna pulang syuting Zombi Jomlo, kecemburuan Bambang memuncak dan dia mulai mengatai Melani sampai akhirnya Melani menangis.
44 Permohonan Maaf Bambang ke Melani 49m 2d
Pesta ulang tahun Mami Bibir digelar di depan rumah Mami Bibir. Selama perayaan, Melani masih marah kepada Bambang. Atas dorongan Prima, Bambang berusaha meminta maaf dengan serius, tetapi Melani belum mau memaafkannya.
45 Mimpi Besar Seorang Bambang Soedarmo 49m 19d
Alan dan Bobi mengejar dan menangkap seorang pencopet, tetapi Alan kelelahan mengejarnya sampai harus dibawa pulang. Pak RW mengkhawatirkan kesehatan Alan dan memberhentikannya dari tugas hansip. Setelah satu permohonan maaf terakhir dari Bambang, Melani mau memaafkan Bambang. Di lokasi syuting Ada Azab Dalam Cerita, Juna dan Alexi bertengkar karena Juna meledek Alexi yang tidak benar-benar punya kemampuan akting. Pada malamnya, Bambang mengajak Melani makan bersama dan saling menceritakan impian mereka: Bambang ingin memajukan desanya dan Melani ingin melanjutkan kuliah ke S2 di luar negeri.
46 Ide Video Prank dari Prima 50m 17d
Bambang sudah bisa mengendalikan perasaannya meskipun saat melihat Melani digoda orang lain. Bambang juga sudah merelakan apabila Melani hanya menganggapnya teman, tetapi dia tetap bertaruh Melani tidak mungkin menyukai Juna. Juna menerima taruhan ini dan mulai mendekati Melani secara serius, seperti ikut lari laun dan makan bubur bersama Melani. Di lokasi syuting Ada Azab Dalam Cerita, Agatha Chelsea sedang menjadi bintang tamu, jadi Alexi dan Juna bersaing mendekatinya dan merepotkan Prima. Setelah selesai syuting AADC, Juna mengajak Melani pacaran.
47 Luluhnya Hati Melani Untuk Bambang 49m 7d
Melani menolak ajakan Juna. Mendengar Juna mengajak Melani pacaran membuat Alexi bertengkar lagi dengan Juna. Keesokan harinya, Melani menjadi canggung apabila bertemu Bambang. Saat syuting Ada Azab Dalam Cerita, Prima muak dengan kebiasaan Alexi dan Juna merepotkannya. Melihat Akbar kesal kepada Alexi, Juna menawarkan diri menjadi pemeran utama cadangan Alexi dan diterima. Pada malamnya, Melani butuh tumpangan dan Bambang datang. Melani tersentuh oleh kebaikan Bambang dan mengungkapkan bahwa dia menyukai Bambang.
48 Hari Bahagia Bambang dan Melani 50m 6d
Bambang dan Melani setuju untuk pacaran secara rahasia. Mami Bibir menyuruh Prima, Juna dan Alexi menandatangani perjanjian agar tidak lagi ada pertengkaran di lokasi syuting. Keesokan harinya, Alan bertemu seorang remaja yang ingin menonton konser Blackpink, tetapi tidak sempat membeli tiketnya. Alan meminjam laptopnya Topan untuk membantu memesankan tiket tersebut, tetapi Pipin tanpa sengaja menumpahkan air ke laptop Topan.
49 Masalah Besar yang Menimpa Pipin 49m 16d
Topan harus memberikan materi skripsinya kepada dosennya besok, tetapi laptopnya rusak dan flashdisk-nya hilang. Bambang, Alan dan Prima membantu Topan mengetik ulang materi skripsinya menggunakan laptop dan flashdisk Melani. Juna mengikuti audisi pembawa acara baru The Proposal. Mendengar kabar tersebut, Alexi meninggalkan tugasnya di Ada Azab Dalam Cerita untuk ikut audisi juga. Akbar kesal dan tidak mau mempekerjakan Alexi lagi.
50 Kerja Kebawa Baper 50m 33d
Karena laptop Topan tidak bisa diperbaiki, Bambang, Alan dan Prima membantu Topan membeli laptop baru. Ketika dipalak oleh preman, Pipin diselamatkan oleh Yayan Ruhian yang sedang mencari lokasi syuting Ada Azab Dalam Cerita. Prima mengantarkan Yayan ke sana. Sementara itu, Juna diterima menjadi pembawa acara The Proposal dan Melani mengajak Bambang dan Alan membantu tim artistiknya. Selama syuting, Juna terus-terusan menggoda Melani sehingga Bambang tidak bisa fokus bekerja.
51 Pengakuan Bambang dan Melani 49m 39d
Di antara Bambang dan Alan, hanya Alan yang diminta kembali bekerja di The Proposal. Bambang memutuskan untuk belajar membuat telur gulung untuk dijual. Mami Bibir dan Melani menasihati Alexi agar memperbaiki sikapnya. Sedangkan Prima mencoba mencarikan Alexi peran baru, tetapi tidak ada yang mau mempekerjakan Alexi. Alexi curhat dan ingin bersandar kepada Melani, tetapi Bambang melarangnya dan mengatakan bahwa Melani adalah pacarnya.
52 Terwujudnya Impian Bambang Bertemu Mbak Zaenab 50m 24d
Alexi dan penghuni kos lainnya berpikir Bambang dan Melani hanya pura-pura pacaran seperti saat mendiamkan wartawan penggosip. Keesokan harinya, Bambang mulai berjualan telur gulung sementara Alexi mendapat ide membuat rumah produksinya sendiri. Warung Pipin menjadi terkenal karena Alexi ada di sana dan akan diliput oleh Hits TV. Karena pembawa acaranya adalah Maudy Koesnaedi, Alan meninggalkan syuting The Proposal untuk memberi tahu Bambang. Bambang akhirnya bertemu dengan Maudy dan menyampaikan surat dari ayahnya.
53 Week Anniversary Bambang dan Melani 49m 42d
Ayah Bambang tidak percaya Bambang benar-benar menyampaikan suratnya karena Bambang lupa foto dengan Maudy Koesnaedi. Alan dipecat dari The Proposal karena pergi tanpa izin. Prima membantu Alexi mencari bangunan untuk dijadikan kantor rumah produksinya. Keesokan harinya, Nancy mengunjungi Alan dan menjual rumahnya yang tidak terpakai kepada Alexi. Karena Alexi butuh asisten, Mami Bibir menjadikan Alan anak buah pertama Alexi. Saat Bambang dan Melani pulang sambil bergandengan tangan, Pipin melihat mereka dari belakang.
54 Persidangan Cinta Bambang dan Melani 50m 58d
Pipin memberi tahu penghuni kos lainnya bahwa Bambang dan Melani pacaran, tetapi hanya Alan yang sedikit memercayai Pipin. Alan mengintip obrolan Bambang dan Melani dan menemukan bahwa mereka memang benar-benar pacaran. Di depan seluruh penghuni kos, Bambang dan Melani mengaku selama ini pacaran secara diam-diam. Keesokan harinya, Alexi mengajak Melani menjadi penasihat di rumah produksinya.
55 Perjuangan Bambang Memberi Hadiah ke Melani 48m 52d
Dengan persetujuan Bambang, Melani setuju menjadi penasihat rumah produksi Alexi, yang dinamakan Alexi Project. Alan kelelahan menyiapkan kantor Alexi Project sendirian, jadi dia meminta bantuan Topan yang sedang menganggur. Ketika membantu Bambang berjualan, ritsleting tas Melani rusak. Oleh karena itu, Bambang membelikan Melani tas baru, tetapi Melani malah memarahi Bambang karena membuang uang.
56 Cuma Bambang yang Bisa Bikin Melani Tersenyum 49m 6d
Alan dan Topan mulai bekerja berdua, tetapi mereka berdua pun bingung dengan arahan dari Alexi. Setelah dinasihati Mami Bibir, Melani meminta maaf kepada Bambang karena telah membentaknya. Melani, Alexi dan Mami Bibir kemudian menggelar wawancara karyawan baru, tetapi tidak ada yang memuaskan. Di tengah kelelahan Alan, Pipin terus memberikan Alan dukungan, sehingga Alan merasa sudah waktunya dia mengungkapkan perasaannya kepada Pipin.
57 Cinta Alan ke Pipin 49m 7d
Untuk mengungkapkan perasaannya kepada Pipin, Alan menaburkan bunga di depan warung Pipin untuk membuat latar romantis. Namun Pipin mengira Alan hanya membuat warungnya berantakan, jadi Alan tidak jadi mengungkapkan perasaannya. Topan membantu Bambang menyunting foto bersama Maudy Koesnaedi agar ayahnya percaya Bambang sudah bertemu Maudy. Bambang didatangi oleh ibu-ibu yang anaknya kebanyakan gaya setelah makan telur gulung bervetsin Bambang.
58 Dinner Romantis Melani & Bambang 49m 36d
Topan diterima menjadi penyunting video Alexi Project. Bambang menutup usaha telur gulungnya. Ketika makan bersama Melani di Rim Cafe, Bambang menemukan lowongan kerja di sana. Juna tertidur saat bermain gim dengan temannya sehingga terlambat syuting Ada Azab Dalam Cerita. Akibatnya Juna dipecat dari AADC dan dimarahi oleh Mami Bibir. Prima ingin memberi tahu Bambang bahwa Juna sedang "dicabik" oleh "singa betina", tetapi pesannya malah terkirim ke ponsel Mami Bibir.
59 Masalah Besar yang Menimpa Prima 49m 20d
Mami Bibir marah Prima memanggilnya "singa betina" dan menskorsingnya. Untuk meminta maaf, Prima memesan donat bertuliskan permintaan maafnya kepada Mami Bibir. Pakde dan sepupunya Bambang, yaitu Trisno dan Dian, datang ke kos. Bambang diterima menjadi pelayan Rim Cafe dan bertemu Melani dan Alexi yang mendiskusikan Alexi Project di sana. Bambang cemburu dan pulang tanpa berpamitan. Melani bingung mengapa Bambang tidak memberi tahu dia bekerja di Rim Cafe dan mengapa dia pulang sendiri.
60 Beratnya Berpisah Dengan Sahabat Sejati 49m 7d
Setelah mengantar Trisno pulang, Bambang menjelaskan ke Melani mengapa dia tidak berpamitan dan mengapa dia tidak mengabari Melani tentang pekerjaan barunya. Alan memesan donat bertulisan "I Love You" untuk Pipin, tetapi donatnya tertukar dengan donat yang Prima pesan. Mami Bibir memaafkan Prima. Video-video Prima menarik perhatian Yayan Ruhian dan Prima diajak bergabung dengan kru blog videonya Yayan. Prima menerima pekerjaan barunya dan berpisah dengan para penghuni kos.
61 Mami Melani Penyelamat Hubungan 49m 58d
Bambang sedang tidak percaya diri karena orang-orang tidak percaya dia dan Melani pacaran. Bambang membelikan Melani case telepon yang berpasangan dengan case telepon Bambang, tetapi Melani tidak memakainya karena mengganggu sinyal teleponnya. Ibunya Melani datang berkunjung dan menenangkan Bambang dan Melani yang bertengkar. Setelah tenang, Melani meminta Bambang untuk memercayainya dan mengabaikan orang-orang yang tidak percaya.
62 Cemburu Buta Bambang ke Melani 49m 2d
Pada hari pembukaan Alexi Project, Alexi mengundang semua penghuni kos, kecuali Bambang, ke perayaannya. Setelah perayaan di kantor, Alexi membawa para penghuni kos makan di Rim Cafe. Bambang cemburu melihat Melani memakai kaos Alexi Project dan meminta Melani menggantinya. Melani marah karena kecemburuan Bambang. Bambang dipecat dari Rim Cafe karena bertengkar dengan pelanggan.
63 Salah Paham Diantara Bambang dan Alan 47m 24d
Alan cemburu melihat Pipin mengkhawatirkan Bambang. Bambang mencoba meminta maaf kepada Melani, tetapi Melani belum mau memaafkannya.
64 Kejutan Demi Maaf dari Melani 48m 32d
Pipin terkena penipuan sehingga sekarang dia punya utang dua juta. Alan membantu Alexi mengajak Melani pacaran untuk mendapatkan uang tersebut. Melani menolak ajakan Alexi. Alan meminta maaf kepada Bambang karena membantu Alexi dan mengaku cemburu melihat Bambang dan Pipin. Keesokan harinya, Prima lewat pesan teks memberi tahu Alan bahwa Alan diterima bergabung dengan kru tur konser Noah. Untuk meminta maaf kepada Melani, Bambang dengan bantuan Alan dan Pipin menyiapkan sarapan untuk Melani. Melani belajar bahwa kecemburuan Bambang tidak seburuk yang dia pikirkan dan memaafkan Bambang. Pipin memenangkan dua miliar rupiah dari tutup botol berhadiah. Bambang mendapat telepon dari budenya yang mengatakan bahwa ayahnya masuk rumah sakit.
65 Harapan dan Mimpi Bambang untuk Melani 52m 26d
Bambang pulang ke Wonosari dan diberi tahu bahwa ayahnya meninggal kemarin malam. Alan dan Melani langsung menyusul Bambang setelah mendapat kabar dari Trisno. Keesokan harinya, Alan dan Melani kembali ke Jakarta sementara Bambang tinggal di Wonosari untuk beberapa hari. Selama di Wonosari, Bambang menemukan pesan dari ayahnya yang memintanya kembali ke Wonosari untuk mengurus usaha sawahnya. Beberapa hari kemudian, Bambang kembali ke Jakarta dan Melani memberinya kejutan ulang tahun. Keesokan harinya, Alan pergi untuk ikut tur Noah, meninggalkan Pipin yang sedih karena tidak akan bertemu Alan untuk waktu yang lama. Karena sudah punya uang, Pipin pulang ke kampung untuk memperbaiki rumah keluarganya yang terkena longsor. Setelah membereskan barang-barangnya di kosan, Bambang pulang ke Wonosari sekalian mengantarkan Pipin. Beberapa hari setelah itu, Melani mengirim lamaran beasiswa S2-nya.

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu tema untuk serial ini adalah "Mimpi Metropolitan" yang dinyanyikan oleh ketiga pemeran utama, yakni Sakurta Ginting, Rifat Sungkar, dan Madkucil.

Nominasi dan penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Keputusan
2018 Anugerah Lembaga Sensor Film 2018[3] Sinetron Serial Romansa Mimpi Metropolitan Nominasi
2019 Festival Film Bandung 2019[12] Serial Televisi Terpuji Mimpi Metropolitan Nominasi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mimpi Metropolitan". NETVERSE. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-02-12. Diakses tanggal 13 Februari 2022. 
  2. ^ "Tamat, Ini Dia 15 Quotes Paling Baper dari Sitkom Mimpi Metropolitan". IDN Times. 20 November 2018. Diakses tanggal 24 Mei 2020. 
  3. ^ a b Andi Muttya Keteng Pangerang (19 Oktober 2018). Bestari Kumala Dewi, ed. "Trofi Penghargaan Anugerah LSF 2018 untuk Sinetron Orang Ketiga". Kompas.com. Diakses tanggal 2 April 2021. 
  4. ^ "Trio Baper Dalam SitKom MIMPI METROPOLITAN – Kocak Habis!". 
  5. ^ "Mimpi Metropolitan". Mimpi Metropolitan. Episode ke-1. 20 Agustus 2018. NET. Diakses tanggal 23 Maret 2021 – via YouTube. 
  6. ^ a b "Tangisan Cowok Super Modus". Mimpi Metropolitan. Episode ke-7. 28 Agustus 2018. NET. Diakses tanggal 23 Maret 2021 – via YouTube. 
  7. ^ "Patah Hati Bambang". Mimpi Metropolitan. Episode ke-37. 9 Oktober 2018. NET. Diakses tanggal 23 Maret 2021 – via YouTube. 
  8. ^ "Misteri Kosan Berhantu". Mimpi Metropolitan. Episode ke-5. 24 Agustus 2018. NET. Diakses tanggal 23 Maret 2021 – via YouTube. 
  9. ^ "Latihan Ketawa Bawa Masalah". Mimpi Metropolitan. Episode ke-2. 21 Agustus 2018. NET. Diakses tanggal 23 Maret 2021 – via YouTube. 
  10. ^ "Bambang Makin Kesemsem Meilani". Mimpi Metropolitan. Episode ke-12. 4 September 2018. NET. Diakses tanggal 23 Maret 2021 – via YouTube. 
  11. ^ "Mimpi Metropolitan". Zulu.ID. Diakses tanggal 4 Juni 2020. 
  12. ^ "Daftar Nominasi Lengkap Festival Film Bandung 2019". CNN Indonesia. 8 Agustus 2019. Diakses tanggal 3 Mei 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]