Shania Junianatha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Shania Junianatha
Shania Junianatha.png
Latar belakang
Nama lain Shanju
Lahir 27 Juni 1998 (umur 16)
Bendera Indonesia Solo, Indonesia
Genre J-pop
Tahun aktif 2011- sekarang
Artis terkait JKT48
Situs web www.jkt48.com

Shania Junianatha atau akrab dipanggil Shanju (lahir di Solo, 27 Juni 1998; umur 16 tahun) adalah seorang anggota grup idola JKT48 yang berdomisili di Jakarta. Ia juga merupakan salah satu front-liner JKT48 selain Melody Nurramdhani Laksani.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Shania adalah anggota tahap pertama JKT48 yang sejak kecil, ia sudah berprofesi sebagai model. Ia lahir pada tanggal 27 Juni 1998. Menurut penggemarnya, wajah, sifat, dan pemikiran Shania terlihat lebih dewasa dari umurnya. Julukan Shanju merupakan lakuran dari nama depan dan dama belakangnya.

Berbekal les bermain peran, Shania pertama kali muncul di iklan Yakult bersama artis cilik, Amanda. Kemudian tampil di sinetron pertamanya yang berjudul Burung Beo dan Penari Ular produksi Arswendo pada tahun 2004. Meskipun beberapa kali gagal, Shania, anak yang memiliki tekad yang tidak pernah patah semangat. Dengan kemauan yang keras, akhirnya dia berhasil memerankan beberapa karakter di sinetron-sinetron TPI. Sebelum lolos menjadi member JKT48, gadis bergolongan darah B ini memiliki sebuah vokal grup yang bernama "Three Sano".

Karier[sunting | sunting sumber]

Shania lolos pada audisi generasi pertama dari JKT48 pada 3 November 2011. Ia tampil perdana bersama JKT48 pada 17 Desember 2011 dalam program musik 100% Ampuh. Lagu yang dibawakan adalah Heavy Rotation. Peluncuran video musik Heavy Rotation dilakukan pada 14 Januari 2012. Dalam video ini, Shania mendapat peran sebagai gadis SMA yang terlambat bangun pada hari penerimaan siswa baru. Pada video klip RIVER dia berperan menjadi gadis yang sedang kesal karena menunggu teman-temannya yang terlambat. Sedangkan di video klip Yuuhi wo Miteiruka? dia berperan sebagai siswi yang sedang bersepada sepulang sekolah tapi tiba-tiba sepedanya rusak di tengah jalan.

Shania terpilih dalam empat member yang terbang ke Jepang untuk menghadiri "Special Event with JKT48" di AKB48 Cafe & Shop, Akihabara pada 3 November 2012. Shania terpilih dalam 7 member JKT48 untuk menyanyikan lagu daur ulang dari SKE48 yang berjudul Gomen ne, Summer (Maafkan, Summer) pada 17 November 2012 dalam acara Dahsyat.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Bersama JKT48[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan teater[sunting | sunting sumber]

Pertunjukan Teater 1 JKT48 "Pajama Drive"
  • Pajama Drive
Pertunjukan JKT48 Team J 1st Stage "Renai Kinshi Jourei"
  • Manatsu no Christmas Rose

Untuk di theater, unit yang dibawakan bisa berubah, itu semua tergantung pada JKT48. Shania pernah membawakan Heart Gata Virus dan Renai Kinshi Jourei.

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]