Mike Mangini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mike Mangini
2004-11-25 Mike Mangini in Singapore (Clinic).JPG
Mike Mangini saat clinic di Singapura November 2004
Latar belakang
Nama lahir Michael Mangini
Lahir 18 April 1963 (umur 51)
Asal Newton, Massachusetts, Amerika Serikat
Genre Progressive metal, progressive rock, hard rock, instrumental rock, thrash metal, funk metal
Instrumen Drum, perkusi
Tahun aktif 1987–sekarang
Artis terkait Dream Theater, John Petrucci, G3, Steve Vai, Extreme, Annihilator, James LaBrie, Tribe of Judah, Shredding the Envelope, Dave Reffett
Situs web www.mikemangini.com

Mike Mangini adalah drummer Amerika, lahir di Newton, Massachusetts, 18 April 1963; umur 51 tahun, dan saat ini merupakan drummer band progressive metal Dream Theater. Dia telah bermain antara lain untuk Annihilator, Extreme, James LaBrie, dan Steve Vai. Dia juga pernah mengajar di fakultas Perkusi di Berklee College of Music di Boston dan juga dikenal untuk karyanya sebagai musisi sesi.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Mike Mangini mulai bermain drum ketika ia berusia dua setengah tahun, yang terinspirasi oleh Ringo Starr dari The Beatles.[2] Dia berlatih 2-4 jam sehari dan pada saat ia berusia sembilan tahun dia sudah meniru pertunjukan Buddy Rich. Pengaruh lainnya termasuk Bobby Colomby, Danny Seraphine, John Bonham, Neil Peart dan Terry Bozzio.[3]

Pada saat SMA, ia tampil di band sekolah. Setelah lulus dari "Waltham Senior High School" di tahun 1981, Mangini mengesampingkan studi musiknya untuk belajar di jurusan ilmu komputer di "Bentley University". Setelah lulus Mike mulai bekerja dalam pemrograman perangkat lunak untuk program "Missile Patriot".[4] Pada saat yang sama, dia bekerja pada sebuah program yang mempelajari hubungan antara otak dan tubuh manusia. Pada tahun 1987, Mangini untuk pertama kalinya mencatatkan namanya bermain drum untuk Rick Berlin Band di Boston, di mana ia bekerja dengan bassis Philip Bynoe (yang kemudian bekerja dengan Mike di band Journey nya Steve Perry dan lebih terutama selama waktu Mike di band Steve Vai).

Karir Rekaman[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1991, Mangini mulai bekerja untuk thrash metal band Annihilator. Mike menjadi additional drum pada beberapa lagu untuk album studio, "Set the World on Fire". Dia melanjutkan dengan ikut tur bersama band untuk promosi album ini sampai tahun 1994. Pada tahun 1994 ia diminta untuk bermain dengan band Extreme, menggantikan drummer asli Paul Geary. Mike Mangini telah berteman dengan gitaris Extreme Nuno Bettencourt sejak 1980-an. Waktu di Extreme dia merekam beberapa lagu untuk album mereka di tahun 1995, "Waiting For The Punchline". Selama waktu itu, ia juga tampil pada acara "Late Show" dengan David Letterman. Saat tur dengan Extreme pada tahun 1995, Mike merekam lagu untuk Nuno pada 4-track mesin tape. Lagu-lagu tersebut terdapat di album solo Nuno Schizophonic setelah ia keluar dari Extreme untuk mengejar solo karir.

Setelah Extreme vakum pada tahun 1996, Mike diberitahu drummer Jonathan Mover bahwa gitaris Steve Vai sedang mencari drumer untuk band live-nya. Mike berhasil mengikuti audisi untuk band Steve Vai dan pindah ke Los Angeles. Dari akhir tahun 1996 sampai awal tahun 2000, Mangini adalah drummer yang sangat dihormati dari band live Steve Vai, bersama bassis Philip Bynoe, gitaris Mike Keneally dan (pada tahun 2000) gitaris Dave Weiner. Mike merekam beberapa track drum pada album Steve, "Fire Garden" dan "Ultra Zone." Dia juga berlatih dan merekam Ultra Zone saat tur dengan Steve Vai pada tahun 2000.

Setelah " Ultrazone Tour" di Amerika Selatan selesai lebih cepat pada tahun 2000, Mangini pindah kembali ke Boston dan mulai mengajar di Berklee College sebagai profesor. Dia mulai bekerja dengan mantan vokalis Extreme Gary Cherone dan bassist Pat Badger pada band yang berumur pendek, Tribe of Judah. Dia juga terus bekerja dengan Dale Bozzio (sebelumnya dari band new wave, Missing Persons), dan menghasilkan beberapa rekaman. Di antaranya tribute untuk Rush (berjudul Subdivisions) dan sebuah album full kedua dengan Annihilator berjudul "All for You". Mike juga melakukan rekaman lagu untuk artis Sal DiFusco, Bill Lonero dan Chris Emerson.

Pada tahun 2005, ia menerima posisi mengajar penuh di Berklee College of Music di Percussion Department. Pada tahun 2007, ia merekam drum di album Metal Annihilator. Pada akhir tahun 2010, Mike, bersama dengan Marco Minnemann, Peter Wildoer, Virgil Donati, Aquiles Priester, Derek Roddy dan Thomas Lang, mengikuti audisi sebagai drummer Dream Theater.[5] Pada hari Jumat, 29 April 2011, Dream Theater secara resmi mengumumkan bahwa Mike Mangini adalah drummer baru mereka.[6] Mike mengundurkan diri dari "Berklee College of Music" untuk bergabung dengan Dream Theater.

Dengan Dream Theater, ia telah merekam dua album studio A Dramatic Turn of Events dan Dream Theater dan dua album live Live at Luna Park dan Breaking the Fourth Wall. Pada tahun 2012, ia melakukan tur dengan John Petrucci dan Dave LaRue untuk tur G3 di Amerika Selatan.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Penampilan album[sunting | sunting sumber]

Dengan Annihilator
  • Set the World on Fire (1993)
  • All for You (2004)
  • Metal (2007)
Dengan Extreme
  • Waiting for the Punchline (1995) - pada trek "Hip Today", "Leave Me Alone" dan "No Respect"
Dengan Steve Vai
  • Fire Garden (1996) - pada trek "Bangkok" dan "The Fire Garden Suite"
  • G3: Live in Concert (1996)
  • The Ultra Zone (1999) - pada trek "Jibboom", "Windows to the Soul" dan "Here I am"
  • Alive in an Ultra World (2001)
Dengan MullMuzzler/James LaBrie
Dengan Tribe of Judah
  • Exit Elvis (2002)
Dengan Dream Theater

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dixon, Guy (5 November 2010). "A Drummer’s Dream: Playing to the beat of the heart". The Globe and Mail. Diakses 5 April 2011. 
  2. ^ Baird, Dave. "Interviews: Mike Mangini (Dream Theater)". dprp.net. Diakses 31 October 2014. 
  3. ^ Haid, Mike. "The Amazing Mechanics of Mike Mangini". mikemangini.com. Diakses 31 October 2014. 
  4. ^ Omar, Aref (8 November 2008). "Man-genie drummer". New Sunday Times. Diakses 30 June 2011. 
  5. ^ "The spirit Carries On". Roadrunner Records. Diakses 30 June 2011. 
  6. ^ "AND THE NEW DRUMMER IS..... MIKE MANGINI". Diakses 30 June 2011.