John Myung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
John Myung
John-myung-077.jpg
John Myung dengan Dream Theater di Jakarta 2012 (Jordan Rudess pada background)
Latar belakang
Nama lahir John Ro Myung
Lahir 24 Januari 1967 (umur 47)
Asal Chicago, Illinois, Amerika Serikat
Genre Progressive metal, progressive rock, jazz fusion
Pekerjaan Musisi
Instrumen Bass, Chapman Stick, Gitar, Keyboard, Violin
Tahun aktif 1985–sekarang
Artis terkait Dream Theater, Platypus, The Jelly Jam, Explorers Club, Gordian Knot, Nightmare Cinema
Instrumen khusus
Music Man Ernie Ball Music Man, Music Man Bongo
Yamaha RBX6JM
Tung Wingbass II

John Ro Myung (lahir di Chicago, 24 Januari 1967; umur 47 tahun) adalah seorang bassist dan anggota pembentuk grup progressive metal Dream Theater. Dia merupakan satu-satunya anggota Dream Theater yang memiliki darah keturunan Asia yaitu Korea.

Biografi[sunting | sunting sumber]

John Myung lahir pada tanggal 24 Januari 1967 di Chicago dan besar di Long Island, New York, Amerika Serikat. Ibunya sering mendengarkan musik klasik saat dia masih kecil, dan saat Myung muda berusia 5 tahun, dia mengambil kursus biola.

Kemudian saat John Myung berusia 15 tahun, tetangganya mengajaknya untuk memainkan bass pada band tetangganya tersebut, kemudian Myung berasumsi bahwa Bass mempunyai 4 senar sama dengan biola, jadi dia dapat mempelajarinnya dengan cepat dan sejak saat itu dia beralih ke bass dan tidak pernah lagi memainkan biola.

Musisi yang mempengaruhi John Myung [1][2] antara lain Geezer Butler, John Entwistle, Chris Squire, Steve Harris, Geddy Lee dan Jaco Pastorius.[1][3], juga band seperti Rush, Yes dan Iron Maiden. Dia Juga sering mendengarkan band seperti Jane's addiction, Red Hot Chilli Peppers sebaik musik classic dan blues.

John merupakan satu-satunya anggota Dream Theater yang tetap tinggal di Long Island bersama istrinnya Lisa dan 2 anaknya, Brandon dan Christian Myung.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Myung memiliki reputasi sebagai anggota Dream Theater yang "misterius", karena ia sangat tenang dan jarang menarik perhatian dalam video atau konser. Hal ini menyebabkan beberapa fans sering bercanda bahwa tak seorang pun pernah mendengar dia berbicara. Namun, dia berbicara dalam komentar DVD dan video instruksional nya, serta pada penggemar yang ia temui di pertunjukan live. Kepribadian misterius, sangat menarik ketika di sebuah acara di Jerman, ia me-nackling penyanyi James LaBrie, banyak yang kebingungan dan keheranan dari penonton dan anggota band lainnya; langkah ini kemudian dikenal sebagai "Myung Tackle". Hal ini kemudian terungkap dalam biografi band Lifting Shadows bahwa ia berani melakukannya dengan taruhan "beberapa ratus dolar dan tak seorang pun berpikir bahwa ia akan melakukannya."[4]

Myung juga terkenal dengan prinsip berlatih nya. Kevin Shirley (di Metropolis 2000: Scenes From New York DVD) serta mantan keyboardist Derek Sherinian (di websitenya [5]) mengatakan bahwa Myung adalah satu-satunya musisi yang "cepat rileks" setelah acara. Dia juga terlihat hanya berlatih beberapa menit sebelum band berjalan menuju ke atas panggung. Dalam posting forum, John Petrucci mengatakan bahwa, ketika ia dan Myung berada di Berklee, kedua memiliki kesepakatan untuk berlatih sedikitnya enam jam setiap hari.[6]

Penulisan Lagu[sunting | sunting sumber]

Dream Theater telah lama dikenal sebagai penulisan kelompok untuk proses penulisan lagu, sehingga kadang-kadang sulit untuk mengidentifikasi anggota band mana yang menulis lagu atau bagian tertentu dari lagu (meskipun, pada beberapa komentar DVD, anggota band telah mengidentifikasi bagian-bagian tertentu, misalnya, "riff John Myung"). Sehubungan dengan lirik, Myung menulis lirik satu lagu per album dari album Images and Words sampai Metropolis Pt. 2: Scenes from a Memory. Setelah itu Myung tidak memberikan kontribusi lirik apapun sampai album A Dramatic Turn of Events. Mike Portnoy pernah berkomentar dalam sesi obrolan, ini mungkin karena lirik dari Myung biasanya memerlukan beberapa pekerjaan tambahan bagi personil yang lain agar lirik sesuai dengan lagu. Akibatnya, band ini akhirnya memberlakukan aturan tidak tertulis bahwa lirik lagu haruslah "terbentuk, diungkapkan, dibangun, sesuai dengan melodi," dan, "sejak saat itu, ia mengundurkan diri dari menulis lirik untuk Dream Theater."[7]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Videografi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "John Myung: Exclusive interview with FBPO’s Jon Liebman". Forbassplayersonly.com. 2014-03-31. Diakses 2014-05-08. 
  2. ^ "Interview with John Myung and Ty Tabor". Johnmyung.tripod.com. Diakses 2014-05-08. 
  3. ^ "Exclusive: John Myung Speaks!". Roadrunnerrecords.com. 2012-06-28. Diakses 2014-05-08. 
  4. ^ Wilson, Rich (2007). Lifting Shadows: Words. London, England: Essential Works. hlm. 275. ISBN 978-0-9545493-7-4. 
  5. ^ http://www.dereksherinian.com/bio-arthist_bass.html
  6. ^ "Practicing". John Petrucci Forums. March 2002. Diakses 2008-11-02. 
  7. ^ "dtfaq.com". dtfaq.com. Diakses 2011-07- 18.