Kevin Moore

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kevin Moore
Kevinmoore.jpg
Kevin Moore di Panggung Balo-Istanbul-Turki
Latar belakang
Nama lain Chroma Key
Lahir 26 Mei 1967 (umur 47)
Long Island, New York, Amerika Serikat
Genre Electronika, ambient, psychedelic, progressive metal, progressive rock, industrial metal
Pekerjaan Musician, songwriter
Instrumen Keyboard, vokal, bass[1]
Tahun aktif 1985–sekarang
Artis terkait O.S.I., Chroma Key, Dream Theater, Fates Warning

Kevin Moore lahir di Kings Park, Long Island, New York, 26 Mei 1967; umur 47 tahun, adalah mantan pemain keyboard dari Dream Theater. Ia bergabung dengan grup musik ini sebelum menjadi populer.

Sebelumnya, Dream Theater didirikan dengan nama Majesty. Untuk keperluan popularitas mereka mencari seorang pemain keyboard dari sekolah musik. Pada saat itulah Kevin Moore masuk. Grup ini lalu berganti nama menjadi Dream Theater. Di album Images and Words Kevin Moore masih turut serta. Ia masih bergabung di band ini untuk proses rekaman album Awake, dan saat proses mixing editing, memutuskan untuk keluar dari Dream Theater. Ia kemudian digantikan oleh keyboardist flamboyan berikutnya, Derek Sherinian.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Awal Karir[sunting | sunting sumber]

Kevin Moore, lahir di Long Island, New York, memulai karir musiknya di Kings Park, Long Island. Ia belajar piano pada usia enam tahun dan menulis lagu pertamanya pada usia 12. Setelah lulus dari sekolah pada tahun 1985, Moore melanjutkan kuliah di SUNY Fredonia, di mana ia belajar musik klasik, sebelum kembali ke rumah untuk membentuk band Majesty dengan teman-temannya dulu (gitaris John Petrucci dan bassis John Myung, yang telah merekrut drummer Mike Portnoy sewaktu mereka di Berklee College of Music). Penyanyi Chris Collins menjadi vokalis untuk Majesty, tapi ia kemudian diganti oleh Charlie Dominici (dan akhirnya James LaBrie) dan band ini berganti nama menjadi Dream Theater.

Dream Theater[sunting | sunting sumber]

Debut album studio Dream Theater adalah When Dream and Day Unite, tahun 1989 yang menjadi pembanding untuk band rock progresif terkenal seperti Rush dan Queensryche. Terobosan besar mereka datang pada tahun 1992 dengan album Images and Words, yang menampilkan lagu "Pull Me Under". Pencapaian tangga lagu paling tinggi dari Dream Theater sampai saat ini. Lagu "Pull Me Under", yang liriknya ditulis oleh Kevin Moore, mencapai nomor 10 di Billboard chart Mainstream Rock Tracks. Setelah tur tanpa henti dalam promosi album kedua, band ini melanjutkan untuk merilis album live, Live at The Marquee, dan video Images and Words: Live in Tokyo. Pada tahun 1994, band ini merilis album studio yang ketiga, Awake, yang mencapai charting album nomor 32. Album ini menampilkan lagu signature Moore, "Space-Dye Vest." Sesaat sebelum album dalam proses mixing, Moore mengumumkan kepada anggota band yang lain jika ia ingin berkonsentrasi pada kepentingan musiknya sendiri dan akan keluar dari Dream Theater. Menurut Portnoy, Moore lebih tertarik pada kebebasan untuk bekerja sendiri daripada bekerja secara kelompok dalam band. Meskipun Dream Theater pernah mengundangnya lagi untuk bereuni dalam sebuah pertunjukan, Moore mengatakan dia lebih memilih untuk bergerak maju daripada melihat ke belakang. Dia juga menolak untuk menjadi bagian di buku biografi resmi Dream Theater yang berjudul Lifting Shadows.

Chroma Key[sunting | sunting sumber]

Setelah meninggalkan Dream Theater, Moore pindah ke Santa Fe, New Mexico dan mulai menulis materi untuk album solonya. Sebuah demo tape yang berjudul "Music Meant to Be Heard" dibagi di kalangan penggemar, dan lagu-lagunya termasuk sampel kata-kata yang diucapkan dari wawancara Moore yang direkam selama perjalanan lintas negaranya. Hampir semua lagu dalam demo ini kemudian dirilis pada tahun 1999 pada CD "limited edition" yang berjudul This is a Recording.

Pada tahun 1998, Moore merilis album solo pertamanya, Dead Air for the Radio, di bawah nama Chroma Key dengan mendirikan label rekaman sendiri, Fight Evil Records. Mark Zonder dan Joey Vera dari Fates Warning menjadi musisi pendukung dalam album ini. Album ini menampilkan nuansa gelap, suara ambient, lebih mirip Peter Gabriel dan Tori Amos, daripada gaya yang kompleks dan rumit dari Dream Theater. Kalau dipikir-pikir,penggemar Dream Theater melihat bahwa Moore secara halus telah mengeksplorasi gaya komposisi "Space-Dye Vest".

Pada tahun 2000, Moore pindah ke Los Angeles, California, di mana ia membuat rekaman digital bertema You Go Now. Line-up untuk rekaman itu: Moore, David Iscove (Gitar) dan Steve Tushar (loop, pemrograman). Selama tinggal westcoast, Moore meraih gelar BFA di California Institute of the Arts, di mana ia menciptakan sebuah film dokumenter yang kurang dikenal bernama Octember Revolution, yang menggambarkan komunitas masyarakat Southern California yang terjaga keamanannya dari intervensi. Dia kemudian pindah ke Kosta Rika, di mana ia bekerja pada Radio Untuk Perdamaian Internasional, memproduksi program radio aktivis dwi-mingguan. Bahkan, beberapa Karya Moore di Radio untuk Perdamaian Internasional itu kemudian dirilis dalam album internet-yang berjudul Memory Hole 1.

OSI[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, gitaris Fates Warning Jim Matheos mengundang Moore untuk bekerja dengan dia pada sebuah proyek musik baru. Moore telah bekerja dengan Matheos sebelumnya, muncul sebagai keyboardist tamu pada album Fates Warning tahun 1989 Perfect Symmetry, tahun 1997 di album A Pleasant Shade of Gray dan tahun 2000 di album Disconnected. Proyek baru yang melibatkan drummer Dream Theater Mike Portnoy dan pemain bass/Chapman stick Sean Malone. Ini merupakan pertama kalinya Moore bekerja dengan Portnoy sejak meninggalkan Dream Theater hampir 10 tahun sebelumnya. Band yang dibentuk bernama OSI, dan mereka merilis album Office Strategic Influence.

Pada bulan April 2006, Moore dan Matheos merilis album kedua OSI yang berjudul Free, sebuah kolaborasi dibuat lebih mudah oleh relokasi karena Moore tinggal di Montreal, Kanada. Album ini sekali lagi menampilkan Portnoy pada drum. Tak lama setelah rilis album, OSI juga merilis sebuah album mini (EP) yang termasuk remix dari tiga lagu gratis dan video dari judul lagu. Pada musim semi 2006, Moore dan Matheos menyinggung kemungkinan tur untuk promo album, tapi tidak pernah terwujud.

Pada bulan September 2008, Moore mengumumkan di situsnya bahwa ia telah bekerja selama beberapa bulan dengan Jim Matheos dan drummer Gavin Harrison (dari band Porcupine Tree) di album ketiga OSI. Blood dirilis pada April 2009.[2] Album keempat OSI, Fire Make Thunder, dirilis pada Maret 2012.

Discografi[sunting | sunting sumber]

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.ytsejam.com/modules.php?name=News&file=article&sid=636
  2. ^ "OSI "Blood"". Chroma Key. September 4, 2008. Diakses August 3, 2010. 

Band terkait: