Thrash metal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Thrash metal
Sumber aliran NWOBHM, Speed metal, Hardcore punk
Sumber kebudayaan Awal 1980-an, Amerika
Alat musik yang biasa digunakan Gitar listrikGitar bassDrumsVokal
Popularitas arus utama

Underground muncul bertahap diawal 1980-an dan terkenal sampai pada puncak level mendekati musik mainstream diakhir 1980-an dan di awal 1990-an, lalu ditolak bertahap sampai benar-benar berhasil di akhir 1990-an melalui jalur underground.

Dibangkitkan kembali di pertengahan tahun 2000-an.
Bentuk turunan Death metal
Black metal
Groove metal
Genre campuran (fusion)
Crossover thrash
Metalcore


Thrash metal (kadang-kadang disingkat menjadi thrash), adalah sebuah extreme metal bagian dari genre heavy metal yang memiliki ciri tempo yang cepat dan agresif. Lagu-lagu thrash metal biasanya menggunakan stem gitar dengan nada rendah dan perkusi yang cepat. Lirik-lirik thrash metal sering mengangkat tema masalah-masalah sosial menggunakan bahasa yang kasar dan mendalam. Hal ini merupakan pendekatan yang mirip dengan genre hardcore.

Band "Empat Besar" atau "Big Four" thrash metal adalah Anthrax, Megadeth, Metallica, dan Slayer,[1] yang secara bersama-sama dan memopulerkan genre ini pada awal tahun 1980-an. Ada pula yang mengatakan bukan lagi "Empat Besar" tetapi menjadi "Lima Besar" Megadeth, Slayer, Exodus, Pantera, dan Metallica. [2] Di Eropa gaya ini dibawa oleh tiga band asal Jerman, yaitu Kreator, Sodom, dan Destruction. Kemudian terdapat band lainnya seperti Testament dan Exodus dari San Fransisco, Overkill dari New Jersey dan Sepultura dari Brazil.

Asal muasal thrash metal secara umum dimulai pada akhir tahun 1970-an dan awal tahun 1980-an, ketika beberapa band mulai menggabungkan sound dari New Wave of British Heavy Metal, menciptakan sebuah genre baru dan mengembangkannya kedalam suatu kelompok yang terpisah dari punk rock dan hardcore.[3] Genre ini lebih agresif dibandingkan speed metal. Sering kali dicampurkan dari kategori metal yang satu dengan metal yang lain, dan juga beberapa band ada yang menggabungkan pengaruh musikal dari genre non-metal.[4]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Get Thrashed: The Story of Thrash Metal (Review). Stylus Magazine. 7 May 2007. Retrieved 2010-08-10.
  2. ^ Sub genre metal
  3. ^ "explore music... heavy metal". All Music. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2011-11-24. Diakses 2011-11-24. 
  4. ^ Weinstein 2000: pp48

Referensi[sunting | sunting sumber]

Heavy metal
Black metal - Classic metal - Death metal - Doom metal - Folk metal - Glam metal - Gothic metal - Grindcore - Industrial metal - Neo-classical metal - Nu metal - Power metal - Progressive metal - Speed metal - Symphonic metal - Thrash metal
Versi Regional
Scandinavian death metal - New Wave of British Heavy Metal - Bay Area thrash metal
Category:Topik lain
Gaya - Band-band - Umlaut