MTR

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Artikel ini tentang sistem metro di Hong Kong. Untuk perusahaan yang mengoperasikan sistem ini lihat MTR Corporation Limited.
Mass Transit Railway (MTR)
MTR Corporation.svg
Info
Wilayah Hong Kong
Jenis
Jumlah jalur
  • Heavy rail: 10
  • Light rail: 12
Jumlah stasiun
  • Heavy rail: 86
  • Light rail: 68
Penumpang harian
  • Angkutan cepat:
    4,552 juta
  • Lainnya:
    0,618 juta (Juni 2013)[1]
Operasi
Dimulai
  • 1 Oktober 1910 (Jalur pertama KCR)
  • 30 September 1979 (Jalur pertama beroperasi 1 Oktober 1979, tidak termasuk jalur KCR)
  • 2 Desember 2007 (Digabung dengan KCR)
Operator MTR Corporation
Teknis
Panjang sistem
  • Heavy rail: 174.7 km (108.6 mi)
  • Kereta api ringan: 36.2 km (22.5 mi)[2]
Sepur rel
  • 1,435 mm (4 ft 8+12 in)
    (sepur standar – East Rail, West Rail, jalur Ma On Shan, dan Light Rail)
  • 1,432 mm (4 ft 8+38 in)
    (nyaris sepur standar – jalur lainnya)
Mass Transit Railway (MTR)

TCL.JPG

Kereta K-Stock di Jalur Tung Chung
Hanzi tradisional: 港鐵
Makna literal: "Hong Kong Railway"
Peta sistem MTR (Dari Desember 2007).

MTR atau Mass Transit Railway (港鐵) adalah sistem angkutan cepat di Hong Kong. Sistem ini merupakan salah satu angkutan cepat paling untung di dunia, dengan rasio tiket-terhadap-operasional mencapai 186%.[3] Sejak dimulainya pelayanan MTR yang dibuka pada 1979, jaringan ini telah berkembang mencakup tujuh jalur dan 154 stasiun sepanjang 218.2 km (135.6 mi), termasuk 86 stasiun kereta dan 68 pemberhentian kereta ringan. Dioperasikan oleh MTR Corporation Limited, sistem MTR merupakan transportasi publik yang sangat populer di Hong Kong, dengan rata-rata penumpang 2,45 juta perjalanan tercatat setiap harinya.

Dengan kebijakan pemerintah yang berpihak pada transportasi berbasis rel,[4] sistem MTR merupakan transportasi publik yang sangat populer di Hong Kong, dengan rata-rata lebih dari 5 juta perjalanan tiap harinya. Sistem ini dengan konsisten mempertahankan ketepatan waktu 99.9%. Pada tahun 2012, MTR mempunyai pangsa pasar 46.4% untuk transportasi publik, menjadikannya paling populer di Hong Kong.[5] Integrasi teknologi pembayaran dengan kartu pintar Octopus ke MTR bulan September 1997 semakin menarik minat para komuter untuk menggunakan MTR.

Pembangunan MTR dimulai dari studi yang dimulai tahun 1967 oleh Pemerintah Hong Kong untuk menemukan solusi bagaimana mengatasi kemacetan jalan raya yang disebabkan meningkatnya ekonomi negara ini.[6] Konstruksi dimulai tidak lama setelah studi, dengan jalur pertama dibuka tahun 1979. MTR dengan cepat populer bagi penduduk Hong Kong, maka jalur-jalur berikutnya segera dibangun sehingga capaian daerahnya makin luas.[7][8]

Karena pengoperasiannya yang sukses, MTR kemudian menjadi model bagi sistem angkutan cepat lain di dunia, terutama Tiongkok daratan.[9]


Pengembangan awal (1960–2000)[sunting | sunting sumber]

Proposal awal[sunting | sunting sumber]

Peta rute "yang disarankan" tahun 1970

Tahun 1960-an, pemerintah Hong Kong melihat kebutuhan untuk mengakomodasi meningkatnya lalu lintas seiring dengan pertumbuhan ekonomi Hong Kong yang pesat. Konsultan transportasi Inggris Freeman, Fox, Wilbur Smith & Associates ditunjuk untuk mempelajari sistem transportasi Hong Kong. Studi ini didasarkan pada perkiraan populasi Hong Kong tahun 1986 adalah sekitar 6.868.000 jiwa. Tanggal 1 September 1967, konsultan ini memberikan hasil Studi Transportasi Massal Hong Kong pada pemerintah, yang merekomendasikan pembangunan sistem angkutan cepat sepanjang 40-mile (64 km) di Hong Kong. Studi ini menyarankan 4 jalur kereta dibangun dalam 6 tahap, dengan waktu penyelesaian sekitar Desember 1973 dan Desember 1984.[6] Posisi detail dan jalur juga ditunjukkan. Empat jalur ini adalah Jalur Kwun Tong (dari Western Market ke Ma Yau Tong), Jalur Tsuen Wan (dari Admiralty ke Tsuen Wan), Jalur Pulau (dari Kennedy ke Chai Wan Central), dan Jalur Kowloon Timur (dari Tsim Sha Tsui ke Wo Liu Hang).

Studi ini kemudian diberikan ke Dewan Legislatif Hong Kong tanggal 14 Februari 1968. Konsultan kemudian mendapat data sensus baru tahun 1966 tanggal 6 Maret 1968. Dari sensus ini terindikasi bahwa perkiraan populasi 1986 berkurang sampai 1 juta jiwa, menjadi 5.647.000. Pengurangan yang besar ini mempengaruhi perencanaan kota. Distribusi populasi berbeda jauh dari studi awal. Perkiraaan populasi 1986 di kawasan Castle Peak New Town, Sha Tin New Town, dan Tsuen Wan New Town tidak setinggi yang diperkirakan, dan rencana adanya kota baru di Tseung Kwan O diabaikan. Dari laporan terbaru juga menyatakan bahwa 4 jalur yang direncanakan antara Stasiun Admiralty dan Stasiun Mong Kok dikurangi menjadi dua, dan hanya Jalur Pulai, Jalur Tsuen Wan, dan Jalur Kwun Tong yang dibangun sesuai rencana awal. Jalur lainnya direncanakan sebagai daftar perpanjangan.[10] This report led to the final study in 1970.

Tahun 1970, sistem dengan 4 jalur telah keluar dan keluar sebagai bagian dari laporan baru para konsultan Inggris, Hong Kong Mass Transit: Further Studies. Empat jalur ini adalah Jalur Kwun Tong, Jalur Tsuen Wan, Jalur Pulau, dan Jalur Kowloon Timur.[11] However, the lines that were eventually constructed were somewhat different compared to the lines that were originally proposed by the Hong Kong Mass Transport Study.

Tahun 1972, pemerintah Hong Kong memulai konstruksi Sistem Awal, jalur sepanjang 20-kilometre (12 mi) yang menjadi bagian dari Jalur Kwun Tong sekarang ini. Negosiasi dengan 4 konsorsium konstruksi besar dimulai 1973. Tujuan pemerintah adalah melakukan tender untuk keseluruhan proyek, basis dari desain Inggris, sebagai satu tender dengan harga pasti. Konsorsium dari Jepang menandatangani perjanjian pembangunan sistem ini awal 1974, namun pada bulan Desember tahun yang sama, kemudian menarik diri akibat adanya Krisis Minyak 1973.[12]

Rute peta "sistem awal yang dimodifikasi"

Sistem awal yang dimodifikasi[sunting | sunting sumber]

Beberapa minggu kemudian, awal 1975, badan pemerintah baru Mass Transport Provisional Authority didirikan untuk menangani proyek ini. Diumumkan bahwa sistem awal dikurangi menjadi 15.6 kilometres (9.7 mi) dan namanya diubah menjadi "sistem awal yang dimodifikasi". Rencana kontrak tunggal kemudian dibatalkan dengan munculnya 25 kontrak engineering dan 10 kontrak mekanikal-elektrikal. Kemudian, Hong Kong Mass Transit Railway Corporation (MTRC) didirikan untuk mengganti Mass Transport Provisional Authority.

Konstruksi sistem modifikasi ini (sekarang bagian dari Jalur Kwun Tong dan Tsuen Wan) dimulai November 1975. Seksi utara selesai 30 September 1979 dan dibuka 1 Oktober 1979. Kereta dari rute ini dimulai dari Stasiun Shek Kip Mei ke Stasiun Kwun Tong. Rute dari Stasiun Tsim Sha Tsui ke Stasiun Shek Kip Mei dibuka Desember 1979.[12] Stasiun-stasiun awal ini didesain dibawah supervisi Roland Paoletti, kepala arsitek MTR.[13]

Tahun 1980, persilangan Pelabuhan Victoria diresmikan setelah Jalur Kwun Tong diperpanjang ke Stasiun Chater (kemudian Stasiun Central. Rangkaian juga diperpanjang menjadi 6 gerbong untuk mengakomodasi kenaikan penumpang.

Perpanjangan jalur[sunting | sunting sumber]

Pemerintah menyetujui pembangunan Jalur Tsuen Wan tahun 1977, dan konstruksi dimulai November 1978. Proyek ini menambah seksi sepanjang 10.5-kilometre (6.5 mi) ke sistem MTR, dari Prince Edward ke Tsuen Wan. Jalur ini beroperasi tanggal 10 Mei 1982 dengan total biaya HK$4.1 milyar[12] (US$526 juta). Rencana ini dimodifikasi dari laporan 1970 Hong Kong Mass Transit: Further Studies: dengan Stasiun Kwai Chung, Stasiun Lap Sap Wan, dan depo Kwai Chung yang bersebelahan dengan Stasiun Lap Sap Wan digantikan oleh stasiun di Kwai Hing dan Kwai Fong serta depo di Tsuen Wan. Rencana stasiun di So Uk antara Cheung Sha Wan dan Sham Shui Po tidak dibangun, dan satu stasiun ekstra dibangun di Mei Foo antara stasiun Lai King dengan Lai Chi Kok.

Ketika jalur ini mulai beroperasi, seksi Jalur Kwun Tong dari Chater ke Argyle dipindah ke Jalur Tsuen Wan. Maka, Waterloo (kemudian menjadi Stasiun Yau Ma Tei) menjadi terminus Jalur Kwun Tong, dengan Argyle dan Prince Edwards menjadi persilangan. Perubahan ini disebabkan karena perencana sistem memperkirakan kepadatan Jalur Tsuen Wan akan melebihi Jalur Kwun Tong. Perkiraan ini terbukti akurat, yang membuat pemerintah membangun bypass dari barat laut New Territories ke Pulau Hong Kong. Jalur Tung Chung kemudian diluncurkan tahun 1998 dengan persilangan di Lai King untuk tujuan ini [12]

Pemerintah juga menyetujui pembangunan Jalur Pulau bulan Desember 1980. Konstruksi dimulai Oktober 1981. Tanggal 31 Mei 1985, Jalur Pulau dibuka dengan jalur antara Stasiun Admiralty dan Stasiun Chai Wan. Stasiun Admiralty dan Central menjadi persilangan dengan Jalur Tsuen Wan. Kemudian, tiap rangkaian juga diperpanjang menjadi 8 gerbong.[12] Tanggal 23 Mei 1986, Jalur Pulau diperpanjang ke Stasiun Sheung Wan. Konstruksi terlambat setahun, karena kantor-kantor pemerintah yang terletak diatas stasiun harus dipindah sebelum konstruksi dimulai.

Tahun 1984, pemerintah menyetujui pembangunan Eastern Harbour Crossing, terowongan yang digunakan mobil dan kereta MTR trains. Jalur Kwun Tong diperpanjangan melewati pelabuhan ke Stasiun Quarry Bay tanggal 5 Agustus 1989, kemudian menjadi stasiun persilangan antara Jalur Kwun Tong dan Jalur Pulau. Stasiun baru, Lam Tin, dioperasikan 1 Oktober 1989.[12]

Koneksi bandara[sunting | sunting sumber]

Airport Express dan Jalur Tung Chung memulai pelayanan tahun 1998. Keputusan pembangunannya bulan Oktober 1989, untuk membangun bandara baru di Chek Lap Kok di Pulau Lantau untuk menggantikan Bandara Kai Tak yang sudah terlalu padat.[14] Pemerintah mengundang MTRC untuk membangun jalur kereta baru (yang kemudian dikenal dengan Lantau Airport Railway) ke bandara yang konstruksinya dimulai November 1994.

Jalur ini termasuk dalam skema pembiayaan Bandar Udara Internasional Hong Kong karena bandara ini tidak layak tanpa adanya koneksi transportasi umum langsung. Lantau Airport Railway kemudian menjadi 2 jalur MTR, Jalur Tung Chung dan Airport Express. Jalur Tung Chung resmi dibuka 21 Juni 1998 oleh Kepala Eksekutif Hong Kong Tung Chee Hwa, dan mulai beroperasi sehari kemudian. Airport Express dibuka 6 Juli 1998, bersamaan dengan beroperasinya bandara baru Hong Kong.[12]

Airport Express juga memiliki fasilitas check-in di Stasiun Kowloon dan Stasiun Hong Kong, ada juga bus shuttle untuk mengangkut penumpang dari kedua stasiun ini menuju hotel dengan biaya gratis. Tersedia juga porter untuk membantu mengangkut bagasi penumpang.[15] Kereta bandara ini menjadi transportasi paling populer kedua setelah bus. Tahun 2012, kereta mempunyai pangsa pasar 21,8% penumpang dari dan ke bandara. Meski begitu, pada tahun 1999 pernah mencapai 32%.[16][17]

Perkembangan terakhir (2000–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Jalur Tseung Kwan O[sunting | sunting sumber]

Jalur Tseung Kwan O dibuka tahun 2002 untuk melayani perkembangan daerah perumahan baru

Quarry Bay Congestion Relief Works memperpanjang akhir Jalur Kwun Tong dari Quarry Bay ke North Point via sepasang terowongan sepanjang 2,1 kilometer. Proyek ini dimulai karena kepadatan berlebih di Quarry Bay dan penumpang yang mengeluh akibat harus berjalan kaki 5 menit dari platform Jalur Pulau ke platform Jalur Kwun Tong. Konstruksi dimulai September 1997 dan selesai September 2001 dengan biaya HK$3.0 milyar[18] (US$385 juta).

Konstruksi Jalur Tseung Kwan O disetujui 18 Agustus 1998 untuk melayani pengembangan daerah perumahan baru. Konstruksi dimulai 24 April 1999 dan jalur ini resmi beroperasi tahun 2002, kereta melaju sepanjang Terowongan Eastern Harbour dari Po Lam ke North Point. Jalur Kwun Tong diubah rutenya ke Tiu Keng Leng di jalur baru. Ongkos konstruksi sebagian dibiayai Pemerintah Hong Kong dan sisanya dibiayai swasta yang menghubungkan konstruksi Jalur Tseung Kwan O ke kawasan perumahan dan komersial baru, sehingga kawasan sebelumnya yang belum terbangun saat ini bisa berkembang dengan adanya transportasi.[19]

Jalur West Rail[sunting | sunting sumber]

Ketika konstruksi Jalur Tung Chung masih berlangsung, ada rencana untu membangun jalur ke bagian barat laut New Territories. Lahan telah disediakan untuk adanya stasiun persilangan dan 2 jalur ekstra antara Olympic dan Lai King. Awalnya dikenal dengan Kereta Bandara fase 2, kontrak West Rail Line Interface Works disetujui tidak lama setelah pembangunan Jalur West Rail dimulai. Proyek ini terdiri dari Persilangan Mei Foo (modifikasi Stasiun Mei Foo di Jalur Tsuen Wan sehingga ada jalur jalan kaki ke Jalur West Rail); Stasiun Nam Cheong (stasiun persilangan di Jalur Tung Chung, dioperasikan bersama MTRCL dan KCRC) dan penambahan 2 lajur rel sepanjang 4 km, sehingga memungkinkan kereta Jalur Tung Chung berhenti di Nam Cheong tanpa menganggu perjalanan kereta Airport Express).[20]

Pengerjaan ini diselesaikan dalam beberapa tahap. Kereta Jalur Tung Chung dialihkan ke jalur baru sejak Mei 2003, kemudian persilangan Stasiun Mei Foo dan Nam Cheong dibuka bersamaan dengan Jalur West Rail bulan Desember 2003. Perpanjangan Kowloon Southern Link dari Stasiun Nam Cheong ke Stasiun East Tsim Sha Tsui dibuka 16 Agustus 2009, sehingga kereta Jalur West Rail saat ini berakhir di Stasiun Hung Hom, persilangan dengan Jalur East Rail.

Ekstensi Disneyland[sunting | sunting sumber]

Kereta Jalur Disneyland Resort Line akan berangkat

Jalur Disneyland Resort menyediakan jasa menuju Hong Kong Disneyland Resort yang dibuka 12 September 2005. Pelayanan ke Sunny Bay di Jalur Tung Chung dimulai tahun 2005. Jalur baru dan stasiun Disneyland Resort dibuka 1 Agustus 2005. Jalur ini merupakan rel sepanjang 3,5 km yang menghubungkan antara Stasiun Sunny Bay dengan Stasiun Disneyland Resort. Stasiunnya pun didesain berbeda, sesuai dengan tema Disney. Jalur ini beroperasi otomatis, kereta ada tiap 4 sampai 10 menit tanpa masinis dengan kereta bertema khusus.[21]

Kelanjutan Airport Express[sunting | sunting sumber]

Stasiun AsiaWorld–Expo adalah kelanjutan dari Airport Express yang menghubungkan ke pusat pameran internasional AsiaWorld–Expo di Bandara Internasional Hong Kong. Stasiun dibuka 20 Desember 2005 bersamaan dengan pusat pameran. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, kereta Airport Express juga dipanjangkan menjadi 8 gerbong dari sebelumnya yang hanya 7 buah. Kereta tambahan juga akan diberangkatkan dari Jalur Tung Chung jika ada pameran dan acara besar.[22]

Maritime Square, salah satu properti utama yang membiayai MTR

Privatisasi dan merger[sunting | sunting sumber]

Tanggal 5 Oktober 2000, operator jaringan MTR, MTR Corporation Limited (MTRCL), menjadi perusahaan kereta pertama Hong Kong yang diprivatisasi, menandakan awal inisiatif pemerintah Hong Kong di prasarana umum. Sebelum terdaftar di Bursa Saham Hong Kong, Mass Transit Railway Corporation (MTRC) dimiliki sepenuhnya oleh Pemerintah Hong Kong. Bulan Juni 2001, MTRCL dipindah ke Indeks Hang Seng.

MTRCL juga mengembangkan properti dekat stasiun untuk menambah bisnis kereta mereka yang sudah menguntungkan. Banyak stasiun-stasiun baru yang digabungkan dengan kompleks perumahan besar atau kompleks perbelanjaan. Misalnya, Tsing Yi dibangun bersebelahan dengan mal Maritime Square.

Tanggal 11 April 2006, MTRCL menandatangani memorandum of understanding tak mengikat dengan Pemerintah Hong Kong, untuk menggabungkan operasi 2 jaringan kereta di Hong Kong meski mendapat penolakan keras dari staf KCRC.[23][24] Rapat umum luar biasa tanggal 9 Oktober 2007 memungkinkan MTRCL mengambil alih operasi jaringan KCR dan menggabungkan sistem tarif kedua jaringan tanggal 2 Desember 2007.[25][26]

Tanggal 2 Desember 2007, Kowloon-Canton Railway Corporation (KCRC) memberikan konsesi 50 tahun jaringan KCR ke MTRCL, maka menggabungkan operasi kereta dibawah manajemen MTRCL. MTRCL kemudian mengubah nama bahasa Mandarinnya dari "地鐵有限公司" (Subway Limited Company) menjadi "香港鐵路有限公司" (Hong Kong Railway Limited Company), namun nama Inggrisnya tetap. Setelah merger, jaringan MTR bertambah 3 jalur, yaitu Jalur East Rail, Jalur West Rail, dan Jalur Ma On Shan, juga jaringan Kereta Ringan dan Guangdong Through Train ke Guangzhou.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Jaringan rel[sunting | sunting sumber]

Nama dan warna Mulai beroperasi Perpanjangan
terakhir
Terminal Panjang
(km)
Stasiun Waktu jalan
(menit)
Depot Lebar rel Elektrifikasi Sistem
tenaga
Pelayanan kereta biasa
Jalur East Rail 1 October 1910
(elektifikasi selesai 1982-83)
2020 Hung Hom Lo Wu 41.1 14 42.0 Ho Tung Lau 1,435 mm (4 ft 8+12 in) AC 25000 V Tsing Yi
Lok Ma Chau 45.0
Jalur Kwun Tong 1 Oktober 1979 2016 Yau Ma Tei Tiu Keng Leng 11.2 15 28.0 Kowloon Bay 1,432 mm (4 ft 8+38 in) DC 1500 V
Jalur Tsuen Wan 17 Mei 1982 N/A Central Tsuen Wan 16.0 16 30.0 Tsuen Wan
Island 31 Mei 1985 2014[27] Kennedy Town Chai Wan 16.3 16 32.0 Chai Wan
Jalur Tung Chung 21 Juni 1998 2005 Hong Kong Tung Chung 31.1 8 26.0 Siu Ho Wan
Airport Express 6 Juli 1998 2005 Hong Kong AsiaWorld–Expo 35.2 5 29.0
Jalur Tseung Kwan O 18 Agustus 2002 2026 North Point Po Lam 11.9 8 15.0 Tseung Kwan O
LOHAS Park 20.0
Jalur West Rail 20 Desember 2003 2019 Hung Hom Tuen Mun 35.4 12 37.0 Pat Heung 1,435 mm (4 ft 8+12 in) AC 25000 V
Jalur Ma On Shan 21 Desember 2004 2019 Wu Kai Sha Tai Wai 11.4 9 16.0 Tai Wai
Jalur Disneyland Resort 1 Agustus 2005 N/A Sunny Bay Disneyland Resort 3.3 2 4.5 Siu Ho Wan 1,432 mm (4 ft 8+38 in) DC 1500 V Tsing Yi /
Sunny Bay
Pelayanan kereta ringan
Light Rail
(12 routes)
18 September 1988 2003 Beragam Beragam 36.2 68 Beragam Tuen Mun 1,435 mm (4 ft 8+12 in) DC 750 V Tuen Mun

Fasilitas stasiun dan jasa[sunting | sunting sumber]

Informasi bilingual real-time tersedia di semua platform, terlihat diatas adalah PIDS untuk Jalur East Rail
Hampir semua stasiun memiliki elevator yang menghubungkan platform dengan pintu masuk

Arsitektur stasiun MTR cenderung tidak artistik, lebih mengutamakan penggunaannya. Dengan lalu lintas penumpang hariannya yang sangat padat, fasilitas di stasiun-stasiun dibangun dengan ketahanan dan aksesibilitas yang baik. Setelah perbaikan yang ekstensif, sistem MTR pada saat ini umumnya telah ramah bagi penyandang disabilitas- keretanya telah dilengkapi ruang bagi kursi roda, stasiunnya telah dilengkapi dengan lantai khusus untuk membantu para tunanetra, serta pintu masuk dan keluar ekstra besar bagi kursi roda. Di rangkaiannya juga telah dilengkapi peta berkedip yang menunjukkan lokasi kereta. Selain itu juga dilengkapi TV onboard Newsline Express yang menampilkan pesan-pesan dari operator kereta.[28]

Akses jaringan telekomunikasi[sunting | sunting sumber]

Jaringan telepon seluler GSM (GSM-900,1800), CDMA dan TDMA tersedia di semua jaringan MTR, baik stasiun maupun didalam kereta sehingga penumpang dapat tetap terhubung dibawah tanah. Saat ini, jaringan 3G telah tersedia di semua stasiun dan kereta (kecuali seksi bawah tanah di Jalur East Rail dan West Rail) yang dilayani oleh 3 Hong Kong, SmarTone-Vodafone dan PCCW Mobile. MTR juga telah dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi untuk kereta bandara Airport Express, untuk ke rute lainnya saat ini masih dipertimbangkan oleh MTR.[29] Per 8 Juli 2013, semua 84 stasiun MTR dilengkapi Wi-Fi gratis selama 15 menit per sesi dan maksimum 5 sesi per hari.[30]

Pengumuman dalam stasiun dan di kereta[sunting | sunting sumber]

Pengumuman informasi tentang stasiun yang dituju diumumkan dengan bahasa Inggris dan Kanton. Saat ini, bahasa Mandarin Standar juga telah ditambahkan.

Pemasangan toilet umum[sunting | sunting sumber]

Tidak seperti banyak sistem metro di dunia, stasiun-stasiun utama MTR tidak dilengkapi fasilitas toilet umum. Penumpang bisa menggunakan toilet staf MTR jika meminta. Tahun 2006, MTRCL berkata bahwa mereka tidak mungkin memasang toilet di stasiun bawah tanah, karena tantangan pada pemasangan pipa dan fasilitas toiletnya.[31] Hanya stasiun-stasiun pada Airport Express dan Jalur Disneyland Resort, Jalur East Rail, Jalur West Rail, dan Jalur Ma On Shan yang memiliki toilet umum. Karena hal ini, MTR Corporation dikritik oleh Dewan Legislatif Hong Kong karena ketidakmauan memasang toilet di stasiun utama.[32]

Komersialisasi dan bacaan dalam terminal[sunting | sunting sumber]

Sebelum privatisasi MTRC, stasiun-stasiun MTR hanya diisi Hang Seng Bank dan toko Maxim's Cakes serta beberapa toko lain. Setelahnya, semakin banyak toko dengan berbagai macam dagangan muncul di stasiun, menjadikannya pusat belanja kecil. ATM dan toko kelontong saat ini telah ada dimana-mana.

MTR telah melakukan kontrak dengan beberapa penerbit untuk distribusi beberapa majalah dan koran gratis di stasiun-stasiun MTR. Recruit adalah majalah gratis pertama yang didistribusikan di stasiun (sejak Juli 1992), namun diputus Juli 2002. Majalah lainnya, Jiu Jik (招職), diterbitkan South China Morning Post, menggantikan Recruit sebagai satu-satunya majalah gratis yang dibagikan di stasiun MTR dua minggu sekali. Metropolis Daily (都市日報), diterbitkan Metro International, adalah koran gratis pertama yang dibagikan gratis di stasiun MTR selama hari kerja (kecuali hari libur); dan tahun 2005, ada koran akhir minggu lain Express Post (快線週報), yang dibagikan tiap Sabtu kecuali hari libur. Metropop (都市流行), majalah mingguan yang berisi budaya dan tren kota, dibagikan di stasiun MTR tiap Kamis sejak 27 April 2006.

Ekspansi selanjutnya[sunting | sunting sumber]

Kemungkinan peta jaringan MTR di masa depan
Perkembangan MTR

Beberpa proyek kelanjutan MTR telah diajukan MTRCL ke Pemerintah Hong Kong dan beberapa diantaranya sedang tahap konstruksi. Jaringan MTR bertambah signifikan setelah merger MTRCL dengan perusahaan negara KCRC. Memorandum of Understanding tak mengikat yang ditandatangani April 2006, memberikan konsesi operasi jaringan KCR ke MTRCL selama 50 tahun. Jalur baru Sha Tin to Central Link yang awalnya diberikan ke KCRC juga dioperasikan MTRCL.[23][24]

Jalur West Island dan Jalur South Island yang diajukan MTRCL ke pemerintah 21 Januari 2003, baru disetujui proposalnya 30 Juni 2005 setelah dimodifikasi 4 kali. Jalur West Island adalah perpanjangan Jalur Pulau ke Stasiun Kennedy Town, Jalur South Island (seksi Timur) dari Admiralty ke Ap Lei Chau dan seksi Barat menggabungkan kedua jalur sebelumnya. Konstruksi Jalur West Island dimulai 10 Agustus 2009 dan selesai Desember 2014 - kecuali Stasiun Sai Ying Pun yang dibuka awal 2015.[33] Jalur South Island seksi Timur diperkirakan selesai tahun 2015.[34]

Satu jalur lagi sedang diusulkan untuk menghubungkan Jalur West Rail dan Jalur East Rail. Northern Link akan menjadi jalur baru yang menghubungkan Jalur West Rail dengan Jalur East Rail.


Rangkaian kereta[sunting | sunting sumber]

Enam tipe rangkaian kereta listrik beroperasi di jaringan MTR dan 4 kereta ringan beroperasi di jaringan Light Rail. Semuanya menggunakan lebar rel 1,432 mm (4 ft 8+38 in) (mendekati rel standar)[35][36][37] atau 1,435 mm (4 ft 8+12 in) (rel standar). Kecuali kereta Airport Express, semua kereta didesain dengan fitur-fitur untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas penumpang yang tinggi, seperti misalnya penataan bangku, penambahan ventilasi, dan pintu ekstra lebar. Konfigurasi ini memungkinkan MTR untuk mengangkut sampai 101.000 penumpang per jam per arah pada waktu sibuknya.[38]

Nama Jalur Jml. gerbong per rangkaian Jml. pintu per sisi Mulai beroperasi Catatan
M Stock Island, Kwun Tong, Tseung Kwan O dan Tsuen Wan 8 5 1979–1998 Dimodifikasi 1998
Disneyland Resort 4 3 Dimodifikasi 2005
Kereta CAF Jalur Tung Chung 8 5 1998
Airport Express 2 1998 Satu gerbong hanya membawa bagasi penumpang
K Stock Jalur Tseung Kwan O (from 2010) 5 2002 Pertama beroperasi di Jalur Kwun Tong
Jalur Tung Chung 2006–2007
C Stock Jalur Kwun Tong 2011–2013
MLR Jalur East Rail 12 5 (atau 2 untuk First Class) 1982–1992 Only one set of doors is used on first class normally.
SP1900 2001
Jalur West Rail 7 5 2003, 2007 Dimodifikasi untuk kereta KRS991
Jalur Ma On Shan 4 2004 2 set ditransfer ke Jalur West Rail
Fase I LRV Semua beroperasi di Light Rail 1–2 3 1988 Pintu hanya di bagian kiri
Fase II LRV 1992
Fase III LRV 1997
Fase IV LRV 2009
Ktt MTR antarkota (sepanjang Jalur East Rail) 12 2 (coach) 1998 8 coach antara 2 lokomotif
Dua M-Train (Jalur Kwun Tong)
Kereta K-Stock (Jalur Tung Chung)
Kereta SP1900 (Jalur East Rail)
Kereta MLR (Jalur East Rail)
Kereta ringan fase 2 (Rute 751)

Metro Cammell EMU(DC)[sunting | sunting sumber]

Dikenal dengan M-Train, model tertua MTR sejak beroperasi, M-Train dibagi menjadi beberapa rangkaian. Rangkaian M-Stock (atau CM-Stock") dari M-Train adalah kereta tertua di MTR, aslinya dibuat oleh Metro Cammell (sekarang Alstom) dan di diperbarui oleh United Goninan.[39][40] M-Train menggunakan pintu geser, tidak seperti K-Stock dan kereta CAF yang menggunakan plug door. Beroperasi di Jalur Kwun Tong, Jalur Tsuen Wan, Jalur Pulau dan Jalur Tseung Kwan O.

Kecuali kereta untuk Airport Express dan Jalur Disneyland Resort, semua kereta didesain menjangkau lalu lintas penumpang yang tinggi. Jalur Disneyland Resort menggunakan M-Train tanpa masinis dengan tampilan luarnya mengikuti tema jalur ini. Karakter-karakter buatan Disney menghiasi interior kereta.

Adtranz-CAF EMU[sunting | sunting sumber]

Jalur Tung Chung dan Airport Express dioperasikan oleh kereta CAF. Awalnya hanya terdiri dari 7 gerbong, sekarang sudah dipanjangkan menjadi 8 gerbong per rangkaian. Dua variasi dibangun bersama oleh Adtranz (sekarang Bombardier Transportation) dan Construcciones y Auxiliar de Ferrocarriles (CAF) antara tahun 1994–97. Sejak 2006, K-Stock juga digunakan pada Jalur Tung Chung.

Rotem EMU[sunting | sunting sumber]

K-Stock dibangun bersama oleh Mitsubishi Heavy Industries dan Hyundai Rotem, pertama digunakan pada Jalur Kwun Tong.[41] Tahun 2006, 4 rangkaian tambahan dimasukkan dalam Jalur Tung Chung untuk memenuhi kebutuhan penumpang.[42] Kereta K-Stock menuai kritik diawal beroperasi akibat sering terlambat dan masalah keamanan pintu.[43] Ada beberapa insiden dimana penumpang terluka akibat pintunya dan beberapa masalah lain memaksa MTRCL "meminimalkan jumlah kereta Korea yang beroperasi sampai sistem yang membaik telah dicapai".[43]

CNR EMU[sunting | sunting sumber]

Kontrak sebanyak 10 rangkaian kereta dimenangkan Changchun Railway Vehicles Co. Limited bulan Oktober 2008 dengan penambahan 12 kereta lagitahun 2011. Kereta MTR baru ini masuk ke Hong Kong tahun 2011-2013 untuk menambah frekuensi kereta pada jalur yang telah beroperasi di Jalur Pulau, Kwun Tong, Tsuen Wan dan Tseung Kwan O.[44] Kereta ini akan dilengkapi TV LCD 22" dan Newsline Express.

SP1900/1950 EMU[sunting | sunting sumber]

Jalur East Rail dan Jalur West Rail menggunakan SP1900 sedangkan Jalur Ma On Shan menggunakan SP1950, versi pendek dari SP1900. Kelistrikannya menggunakan 25 kV AC, 50 Hz, berbeda dengan 1.5–kV DC yang digunakan pada kereta urban.

Dua model rangkaian ini berasal dari jaringan KCRC (KCR East Rail, West Rail dan Ma On Shan Rail). Rangkaiannya tidak banyak berubah setelah kedua perusahaan merger kecuali adanya peta rute baru dan perubahan logo perusahaan.

Metro Cammell EMU(AC)[sunting | sunting sumber]

Metro Cammell EMU juga digunakan di Jalur East Rail. Ada 351 gerbong yang dibuat (29 rangkaian + 3 gerbong) sejak 1982.

Kendaraan kereta ringan[sunting | sunting sumber]

Rangkaian kereta yang digunakan pada sistem Light Rail dipesan dari 3 perusahaan berbeda, yaitu Commonwealth Engineering (Comeng), Kawasaki Heavy Industries dan United Goninan. Didesain beroperasi pada lebar rel standar, 750V DC. Tram beroperasi dengan satu atau dua gerbong, dengan gerbong kedua hanya sebagai trailer. Konfigurasinya memungkinkan memuat sampai 300 penumpang dengan 26 tempat duduk.

Light Rail akan dimodernisasi, sebagai bagian dari 20 tahun beroperasinya. Keretanya akan dilengkapi fasilitas penyandang disabilitas dan interiornya akan diperbarui total. MTR akan memperbarui 69 kereta tua dan membeli 22 kereta baru.[45][46][47] Proyek ini ditargetkan selesai 2011.[48]

Tiket dan tarif[sunting | sunting sumber]

Setelah penggabungan kedua perusahaan kereta, ada 3 macam tarif di MTR: Dewasa, Pelajar, dan Khusus. Hanya anak-anak dibawah 12 tahun dan orang lanjut usia diatas 65 tahun masuk dalam tarif kategori khusus. Para pelajar Hong Kong usia 12-25 tahun mendapatkan tarif pelajar di semua jalur kecuali kereta bandara Airport Express, atau bepergian dari dan ke stasiun lintas batas (Lo Wu/Lok Ma Chau).[49] Anak-anak dibawah 3 tahun gratis.

Tarif perjalanan mengacu pada "zona tarif" tergantung dari titik awal keberangkatan. Tarif ke semua stasiun dalam satu zona sama dan naik seiring bertambahnya jarak, terutama jika perjalanan menyebrang pelabuhan. Tarif untuk Airport Express juga jauh lebih mahal. Tarif tiket dewasa berkisar HK$3,5 sampai $51 (US$0,45–6,54; Rp5.800-83.000). Tarif tiket khusus biasanya harganya setengah tarif dewasa, berkisar HK$1,50 sampai $26,00 (Rp2.500-43.000). Harga tiket pelajar sama dengan anak-anak dan lanjut usia untuk jalur urban, namun sama dengan tarif dewasa untuk perjalanan ke stasiun terminus, harganya berkisar HK$1,40 sampai $47,20 (Rp2.300-77.500).

MTR tidak memberlakukan tiket khusus untuk disabilitas. Beberapa legislator telah meminta MTR untuk mempertimbangkan tarif khusus bagi disabilitas ini.[50][51] Bulan Mei 2009, MTR setuju untuk memberlakukan tarif khusus dengan sponsor 2 juta dolar HK dari Biro Transportasi dan Perumahan.[52]

Tiket satu perjalanan dan kartu octopus dapat dibeli di mesin otomatis, sedangkan tourist pass dan tiket khusus lainnya dibeli di konter tiket. Kartu kredit hanya berlaku untuk tiket Airport Express.

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Petugas kepolisian melakukan patroli di kereta dan stasiun. Kepolisian Hong Kong mempunyai distrik khusus yang menangani MTR. Kamera CCTV juga terpasang di stasiun dan beberapa kereta generasi baru.[53]

Semua jalur Tung Chung, Airport Express, dan stasiun baru di Jalur Tseung Kwan O, telah dipasang pintu screen platform yang dipesan dari produsen kaca asal Swiss Kaba Gilgen AG.[54][55] Pintu ini membuat platform semakin aman dengan mencegah jatuhnya penumpang ke rel.[56]

Bulan Juni 2000, MTRCL merencanakan akan memasang 2.960 pasang pintu screen platform di 30 stasiun di Jalur Kwun Tong, Jalur Tsuen Wan, dan Jalur Pulau dalam 6 tahun. Program ini menjadikan MTR sebagai kereta pertama yang melakukan pemasangan pintu screen platform pada sistem yang telah beroperasi. Desain prototipenya diperkenalkan di Stasiun Choi Hung kuarter ketiga 2001. Semua pemasangan ini selesai tahun 2006. MTRCL berkata bahwa sebagian biaya pemasangan ini ditanggung penumpang.[57] HK$0.10 per perjalanan dipotong di kartu Octopus untuk membantu pendanaan program pemasangan pintu ini sebesar HK$2 milyar. Pemotongan ini berakhir tahun 2013 setelah terkumpul lebih dari HK$1 milyar.[58]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "MTR Patronage Updates". MTR Corporation Limited. 2013. Diakses 15 August 2013.  Note that: 1) The "daily average" of MTR lines from this link actually means the "weekday average". The real daily average of MTR lines equals to the "Monthly Total" divided by the number of days in that month. 2) The rapid transit includes "MTR Lines", "Airport Express" and "Cross-boundary". 3) The others includes "Intercity, Light Rail & Bus".
  2. ^ "MTR Press Release" (PDF). MTR Corporation Limited. 2012. Diakses 11 March 2013. 
  3. ^ "2012 Annual Report - Consolidated Profit and Loss Account". MTR Corporation. Diakses 2013-08-08. 
  4. ^ Merging Hong Kong's Railways, Civic Exchange, 2004
  5. ^ "Announcement of audited results for the year ended 31 December 2012". Press release. MTR Corporation. Diakses 7 January 2014. 
  6. ^ a b Freeman, Fox, Wilbur Smith & Associates (1967). Hong Kong Mass Transport Study. 
  7. ^ "Government has reached understanding with MTRCL on the terms for merging the MTR and KCR systems". Environmental, Transport and Works Bureau of HKSAR. 11 April 2006. Diarsipkan dari aslinya tanggal 8 April 2007. Diakses 8 March 2007. 
  8. ^ "Possible Merger of MTR and KCR Systems". Environmental, Transport and Works Bureau of HKSAR. 6 November 2006. Diarsipkan dari aslinya tanggal 6 February 2007. Diakses 5 March 2007. 
  9. ^ "Consultancy Services - The Client List". MTR Corporation. Diakses 2013-08-08. 
  10. ^ Freeman, Fox, Wilbur Smith & Associates (1968). Hong Kong Mass Transport Study Supplementary Report. 
  11. ^ Freeman, Fox, Wilbur Smith & Associates (1970). Hong Kong Mass Transport Further Study. 
  12. ^ a b c d e f g "The History". Hong Kong Mass Transit InfoCenter. 27 October 2003. Diarsipkan dari aslinya tanggal 7 October 2007. Diakses 8 March 2007. 
  13. ^ "Hong Kong – A city on the move". Royal Institute of British Architects. Diakses 12 October 2007. 
  14. ^ "The Airport Railway Project". Heavy Iron Station. Diakses 19 March 2006. 
  15. ^ "Complimentary service exclusively for Airport Express Passengers". MTR Corporation Limited. Diarsipkan dari aslinya tanggal 23 April 2006. Diakses 17 April 2006. 
  16. ^ Yeung, Rikkie (2008). Moving Millions: The Commercial Success and Political Controversies of Hong Kong's Railways. Hong Kong: Hong Kong University Press. ISBN 978-962-209-963-0. 
  17. ^ "Annual Report 2006" (PDF). MTR Corporation Limited. 2006. hlm. P.21. Diakses 18 July 2007. 
  18. ^ "Quarry Bay Congestion Relief Works". Hong Kong Mass Transit InfoCenter. 27 October 2003. Diarsipkan dari aslinya tanggal 7 October 2007. Diakses 8 March 2007. 
  19. ^ "Tseung Kwan O Extension". Hong Kong Mass Transit InfoCenter. 27 October 2003. Diarsipkan dari aslinya tanggal 7 October 2007. Diakses 8 March 2007. 
  20. ^ "Recently Completed Projects". MTR Corporation Limited. Diarsipkan dari aslinya tanggal 11 March 2007. Diakses 8 March 2007. 
  21. ^ "MTR Disneyland Resort Line". MTR Corporation Limited. Diarsipkan dari aslinya tanggal 10 March 2007. Diakses 8 March 2007. 
  22. ^ "Projects in Progress (Hong Kong)". MTR Corporation Limited. Diarsipkan dari aslinya tanggal 8 March 2007. Diakses 8 March 2007. 
  23. ^ a b "MTR Corporation Signs Memorandum of Understanding with The Government on Terms of Proposed Rail Merger" (PDF). MTR Corporation Limited. 11 April 2006. Diakses 8 March 2007. 
  24. ^ a b "KCRC welcomes Government's announcement on way forward for rail merger" (PDF). Kowloon-Canton Railway Corporation. 11 April 2006. Diarsipkan dari aslinya tanggal 1 December 2007. Diakses 8 March 2007. 
  25. ^ "Rail merger proposal approved by shareholders (兩鐵合併獲股東表決通過)" (dalam bahasa Chinese). Ming Pao Instant News. 9 October 2007. Diarsipkan dari aslinya tanggal 11 October 2007. Diakses 9 October 2007. 
  26. ^ "Poll Result of the Extraordinary General Meeting held on 9 October 2007" (PDF). MTR Corporation. Hong Kong Stock Exchange. 9 October 2007. Diakses 9 October 2007. 
  27. ^ "MTR Island Line Extends to HKU and Kennedy Town Stations From 28 December 2014". 10 December 2014. Diakses 18 December 2014. 
  28. ^ "MTR Facilities For Passengers With Disabilities". MTR. Diarsipkan dari aslinya tanggal 3 October 2009. Diakses 24 October 2009. 
  29. ^ "Passengers Enjoy On-Board Internet Access as Airport Express Trains Go Wi-Fi". MTR. 19 January 2009. Diakses 19 January 2009. 
  30. ^ "MTR > Getting Around > Wi-Fi Services" Connect the world with Free Wi-Fi at every MTR station. Retrieved 15 July 2013.
  31. ^ "Bills Committee on Rail Merger Bill, Administration's Response to the Follow-up to Bills Committee Meetings" (PDF). Hong Kong Legislative Council. Diakses 6 November 2007. 
  32. ^ "Legco gets rail merger back on track". The Standard. 9 June 2007. Diakses 6 November 2007. 
  33. ^ http://www.mtr.com.hk/eng/corporate/file_rep/PR-09-093-E.pdf
  34. ^ "West Island Line & South Island Line". MTR Corporation Limited. Diarsipkan dari aslinya tanggal 15 March 2007. Diakses 8 March 2007. 
  35. ^ 香港鐵路(MTR)
  36. ^ http://www.ica.roofandfacade.com/index.php?option=com_content&view=article&id=51:hong-kongs-mtr-system&catid=46:surface-roadrail-transport&Itemid=13
  37. ^ Allen, Geoffrey Freeman, Jane's World Railways, 1987–88, Jane's Information Group, 1987 (ISBN 9780710608482)
  38. ^ http://www.thb.gov.hk/eng/psp/pressreleases/transport/land/2011/201101122a.pdf
  39. ^ "Metro in Hong Kong". ALSTOM Transport. Diarsipkan dari aslinya tanggal 25 March 2006. Diakses 16 March 2006. 
  40. ^ "United Group Limited secures $40 million Hong Kong rail maintenance contract". United Goninan Limited. January 2002. Diarsipkan dari aslinya tanggal 15 March 2004. Diakses 8 March 2007. 
  41. ^ "MTRC TKE C651 EMU, Hong Kong". Rotem Company. Diarsipkan dari aslinya tanggal 12 March 2007. Diakses 8 March 2007. 
  42. ^ "New trains ordered for Tung Chung Line, Hong Kong". Rotem Company. Diarsipkan dari aslinya tanggal 12 March 2007. Diakses 2 April 2007. 
  43. ^ a b "Review of MTRC Services and Incidents" (PDF). Hong Kong Legislative Council. Diakses 6 November 2007. 
  44. ^ "Ten New Trains for MTR Service Enhancement" (PDF). MTR Corporation Limited. Diakses 17 November 2008. 
  45. ^ Railway Gazette: China South rolls out Hong Kong light rail cars
  46. ^ [HD] MTR Light Rail: Lrv Phase IV 1112 Link Up With 1111 Trial Run In Depot - YouTube
  47. ^ {LR} Part 1 of LRV Phase IV no.1111 on Route 751 - YouTube
  48. ^ "Light Rail Marks 20 years of Service With Vehicle Modernisation Programme" (PDF). MTR Corporation Limited. 2008. Diakses 13 August 2008. 
  49. ^ "MTR Student Fare Concessions To Be Available Network-wide in New Promotion Offer" (PDF). MTR Corporation Limited. Diakses 15 August 2008. 
  50. ^ "Social Inclusion without Corporate Social Responsibilities?". 立法會張超雄議員 Limited. Diarsipkan dari aslinya tanggal 26 October 2007. Diakses 6 November 2007. 
  51. ^ "Subcommittee to Study the Transport Needs of and Provision of Concessionary Public Transport Fares for Persons with Disabilities" (PDF). Hong Kong Legislative Council Limited. Diakses 6 November 2007. 
  52. ^ "港鐵傷殘半價 政府貼200萬 11萬人料年底受惠 九巴擬傚法 (lit. Disabled 50% discount by MTR. Government subsidises HK$2 million. May benefit 110 thousand comunters. KMB considers to follow.". Ming Pao. 22 May 2009. Diakses 5 August 2009. 
  53. ^ López, M.J.J. (1996). Crime Prevention Guidelines for the Construction & Management of Metro Systems. Den Haag: RCM-advies. 
  54. ^ "Automatic Platform Screen Doors for public transportation 29/8/2008" (PDF). Kaba Gilgen AG. 2002. hlm. P.7. Diarsipkan dari aslinya tanggal 5 June 2007. Diakses 9 March 2007. 
  55. ^ "Investor's Handbook 2002/2003" (PDF). Kaba Holding AG. September 2002. hlm. P.72. Diarsipkan dari aslinya tanggal 5 June 2007. Diakses 8 March 2007. 
  56. ^ "Platform Screen Door (2002/8)". MTR Corporation Limited. Diarsipkan dari aslinya tanggal 11 March 2007. Diakses 8 March 2007. 
  57. ^ "LCQ16:Retrofitting of PSDs at MTR stations to be completed by 2006". HKSAR Government Information Centre. 5 January 2005. Diakses 8 March 2007. 
  58. ^ Siu, Phila; Ada Lee (20 June 2013). "MTR to drop 10c Octopus levy for screen doors". South China Morning Post. Diakses 7 January 2014.