Transportasi umum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Transportasi publik)
BTS Skytrain di Bangkok.

Transportasi umum, (peng)angkutan umum, atau perhubungan umum (Inggris: public transportation) adalah layanan angkutan penumpang oleh sistem perjalanan kelompok yang tersedia untuk digunakan oleh masyarakat umum, biasanya dikelola sesuai jadwal, dioperasikan pada rute yang ditetapkan, dan dikenakan biaya untuk setiap perjalanan.[1][2][3]

Moda transportasi publik di antaranya bus kota, trem (atau kereta api ringan) dan kereta api, kereta cepat (metro/subway/bawah tanah, dsb.) serta kapal feri. Angkutan umum antar kota didominasi oleh maskapai penerbangan, bus antarkota, kereta api, dan kereta antarkota. Jaringan kereta berkecepatan tinggi sedang dikembangkan di banyak belahan dunia. Sebagian besar sistem angkutan umum berjalan di sepanjang rute tetap dengan titik pemberhentian dengan jadwal yang telah diatur sebelumnya.[4] Taksi berbagi menawarkan layanan berdasarkan-permintaan di banyak bagian dunia, dan beberapa layanan akan menunggu sampai kendaraan penuh sebelum taksi tersebut berangkat.

Angkutan umum perkotaan sangat berbeda di Asia, Amerika Utara, dan Eropa. Di Asia, transportasi massal milik swasta dan publik, yang digerakkan oleh keuntungan, serta konglomerat lahan yasan sebagian besar mengoperasikan sistem angkutan umum.[5][6] Di Amerika Utara, otoritas angkutan kota paling sering menjalankan operasional angkutan massal. Di Eropa, baik perusahaan milik negara maupun swasta secara dominan mengoperasikan sistem transportasi massal, layanan angkutan umum dapat digerakkan oleh keuntungan dengan menggunakan tarif-berdasar-jarak atau didanai oleh subsidi pemerintah di mana tarif flat rate dibebankan kepada setiap penumpang.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Mobil troli awal di Newton, Massachusetts

Alat transportasi yang dirancang untuk penyewaan publik adalah setua feri pertama, dan angkutan umum paling awal adalah transportasi air: di darat orang berjalan (kadang dalam kelompok dan pada ziarah, seperti dicatat dalam sumber seperti Alkitab dan The Canterbury Tales) atau (setidaknya di Eurasia dan Afrika) mengendarai hewan tertentu.[7] Feri muncul dalam Mitologi Yunani—mayat di Yunani kuno dikubur dengan koin di bawah lidah mereka untuk membayar Kharon feri untuk membawa mereka ke Hades.[8]

Beberapa bentuk bersejarah dari transportasi umum termasuk kereta pos, perjalanan rute tetap antara penginapan pelatihan, dan perahu kuda membawa penumpang berbayar, yang merupakan fitur dari terusan Eropa dari awal abad ke-17 mereka. Terusan itu sendiri sebagai bentuk infrastruktur berasal dari zaman dahulu – masyarakat Mesir kuno menggunakan terusan untuk membawa barang melewati air terjun Aswan – dan Tiongkok juga membangun terusan untuk transportasi air sejauh periode Negara Perang[9] yang dimulai pada abad ke-5 SM. Apakah terusan-terusan itu digunakan untuk transportasi umum yang disewa masih belum diketahui; Terusan Besar di Tiongkok (dimulai pada 486 SM) digunakan terutama untuk pengiriman biji-bijian.

Omnibus, sistem angkutan umum terorganisasi pertama di suatu kota, tampaknya berasal dari Paris, Prancis, pada tahun 1662,[10] meskipun layanan tersebut gagal beberapa bulan setelah pendirinya, Blaise Pascal, meninggal pada Agustus 1662; Omnibus selanjutnya dikenal telah muncul di Nantes, Prancis, pada tahun 1826. Omnibus diperkenalkan ke London pada bulan Juli 1829.[11]

Moda transportasi[sunting | sunting sumber]

Transportasi udara[sunting | sunting sumber]

Pesawat maskapai Garuda Indonesia Boeing 737 di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta.

Sebuah maskapai penerbangan menyediakan layanan terjadwal dengan pesawat terbang antara bandar udara. Perjalanan udara memiliki kecepatan yang tinggi, namun menimbulkan banyak waktu tunggu sebelum dan sesudah perjalanan, dan oleh karenanya sering kali hanya layak dilakukan dalam jarak yang lebih jauh atau di daerah-daerah di mana kurangnya infrastruktur darat sehingga membuat moda transportasi lain tidak mungkin dijadikan sebagai pilihan. Maskapai penerbangan semak bekerja lebih mirip dengan pemberhentian bus; sebuah pesawat menunggu penumpang dan lepas landas saat pesawat sudah penuh.

Transportasi darat[sunting | sunting sumber]

Bus[sunting | sunting sumber]

Bus Transjakarta.

Layanan bus menggunakan bus di jalan-jalan konvensional untuk membawa penumpang banyak dalam perjalanan yang memiliki jarak pendek. Bus beroperasi dengan kapasitas rendah (dibandingkan dengan trem atau kereta), dan dapat beroperasi di jalan-jalan konvensional, dengan bus yang relatif murah berhenti untuk melayani penumpang. Oleh karenanya bus merupakan transportasi umum yang digunakan di kota kecil dan kawasan perkotaan besar, di daerah pedesaan juga dilengkapi layanan shuttle untuk menuju kota-kota besar.

Bus rapid transit adalah istilah yang ambigu yang digunakan untuk bus yang beroperasi pada jalur rel. Bus listrik adalah bus berbasis tenaga listrik yang menggunakan kawat diatas kereta untuk mendapatkan daya untuk traksi.[12]

Transportasi berbasis rel (kereta)[sunting | sunting sumber]

Angkutan kereta api berpenumpang adalah angkutan penumpang melalui kendaraan roda yang dirancang khusus untuk berjalan di jalur kereta api. Kereta memungkinkan memuat pemumpang berkapasitas tinggi untuk menempuh jarak yang pendek atau panjang, namun membutuhkan rel, sinyal, infrastruktur dan stasiun yang akan dibangun dan dipelihara. Kereta transit perkotaan terdiri dari trem, kereta cepat, kereta komuter, monorel dan kereta gantung.

Kereta komuter, antarkota, dan kecepatan tinggi[sunting | sunting sumber]
Jalur Yamanote Tokyo, salah satu jalur kereta komuter tersibuk di dunia.

Kereta komuter merupakan bagian dari transportasi publik di wilayah perkotaan, tetapi memberikan layanan yang lebih cepat untuk pinggiran kota dan kota-kota tetangga dan desa. Kereta berhenti di semua stasiun, yang berada di sana untuk melayani penumpang di pusat pinggiran kota atau kota kecil. Stasiun sering dikombinasikan dengan shuttle bus atau sistem parkir dan menumpang di setiap stasiun. Frekuensi kereta ini memungkinkan hingga beberapa kali per jam, dan sistem rel komuter dapat berupa bagian dari kereta nasional, atau dioperasikan oleh agen transit lokal.

Kereta api antarkota adalah layanan penumpang jarak jauh yang menghubungkan beberapa wilayah perkotaan. Mereka memiliki beberapa stasiun pemberhentian, dan bertujuan pada kecepatan rata-rata tinggi, biasanya hanya membuat satu dari beberapa pemberhentian per kota. Layanan ini mungkin juga dapat bersifat internasional, menghubungkan kota antarnegara. Di Indonesia, PT Kereta Api Indonesia mengoperasikan layanan antarkota di banyak kota, terutama di Pulau Jawa. Kereta antarkota melayani beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surakarta, Surabaya, Medan, Padang, dan Palembang. Di wilayah metropolitan Jakarta (atau Jabodetabek), KRL Jabotabek mengoperasikan kereta antarkota dan komuter.

Kereta cepat adalah kereta penumpang yang beroperasi lebih cepat secara signifikan dari rel-konvensional, biasanya setidaknya berkecepatan 200 kilometer per jam (120 mph). Sistem yang paling dominan telah dibangun di Eropa dan Jepang, dan dibandingkan dengan perjalanan udara, menawarkan perjalanan kereta jarak jauh secepat layanan udara, memiliki harga yang lebih rendah untuk bersaing lebih efektif dan menggunakan listrik bukan pembakaran.[13]

Trem dan kereta ringan[sunting | sunting sumber]
Kereta api ringan di San Francisco, California.

Trem adalah kendaraan kereta yang berjalan di jalan-jalan kota atau pada lintasan khusus. Mereka memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada bus, tetapi harus mengikuti infrastruktur khusus dengan rel dan kabel di atas atau di bawah lintasan, membatasi fleksibilitasnya.

Kereta api ringan adalah pengembangan (dan penggunaan) modern dari trem, dengan infrastruktur tepat-arah yang tidak dibagi dengan lalu lintas lainnya, (terkadang) akses bebas langkah dan peningkatan kecepatan. Jalur kereta api ringan, dengan demikian, pada dasarnya adalah kereta antarkota yang dimodernisasi.

Angkutan cepat[sunting | sunting sumber]

Sebuah sistem kereta transit cepat (atau disebut pula metro, kereta bawah tanah atau subway) beroperasi di daerah perkotaan dengan kapasitas dan frekuensi yang tinggi, serta pemisahan kelas dari lalu lintas lainnya.[14][15]

Sistem ini mampu mengangkut banyak penumpang dengan cepat dalam jarak pendek dengan sedikit penggunaan lahan. Variasi angkutan cepat termasuk penggerak orang, metro ringan berskala kecil dan hibrida kereta api komuter S-Bahn. Lebih dari 160 kota memiliki sistem angkutan cepat, dengan total lebih dari 8.000 km (4.971 mi) lintasan dan 7,000 stasiun. Dua puluh lima kota memiliki sistem yang sedang dibangun.

Sepeda motor dan ojek[sunting | sunting sumber]

Transportasi berbasis sepeda motor (ojek) di Indonesia.

Di Filipina dan di tempat lain, sepeda motor digunakan sebagai angkutan umum. Sepeda motor dapat digunakan secara tunggal atau dengan sespan terpasang, yang terakhir sering disebut sebagai "becak". Mereka juga dapat disewa untuk perjalanan pribadi, seperti taksi, atau digunakan untuk perjalanan bersama, dengan rute yang ditetapkan, seperti bus.

Di Indonesia, angkutan bermoda sepeda motor lebih dikenal sebagai ojek. Ojek (atau ojeg) adalah transportasi umum informal di Indonesia yang berupa sepeda motor atau sepeda, namun lebih lazim berupa sepeda motor. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya satu orang namun terkadang bisa berdua. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar-menawar dengan sopirnya terlebih dahulu setelah itu sang sopir akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya.

Becak dan becak otomatis[sunting | sunting sumber]

becak indonesia
Transportasi becak di Indonesia

Becak adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian negara Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Menjadi pengemudi becak merupakan salah satu cara untuk mendapatkan nafkah yang paling mudah, sehingga jumlah pengemudi becak didaerah yang angka penganggurannya tinggi akan menjadi sangat tinggi.

Becak otomatis membawa orang dan barang di banyak negara berkembang. Juga dikenal sebagai kendaraan roda tiga, Samosa, Tempo, Tuk-Tuk, becak, bajaj, rickshaw, taksi motor, babytaxi atau lapa dalam bahasa populer, mereka adalah versi bermotor dari becak tradisional yang ditarik atau becak roda. Mereka adalah bentuk penting bagi transportasi perkotaan, baik sebagai kendaraan untuk disewa serta untuk penggunaan pribadi, di banyak negara berkembang, dan bentuk transportasi baru di banyak negara-negara Timur.

Taksi[sunting | sunting sumber]

Taksi adalah jenis kendaraan untuk disewa dengan sopir, yang digunakan oleh seorang penumpang tunggal atau sekelompok kecil penumpang. Sebuah taksi mengantarkan penumpang ke lokasi pilihan mereka. Dalam mode angkutan umum, lokasi penangkutan dan penurunan penumpang ditentukan oleh penyedia layanan, bukan oleh penumpang, meskipun permintaan transportasi responsif dan saham taksi memberikan modus bus/taksi hibrida.

Transportasi air[sunting | sunting sumber]

Transportasi umum kapal feri di Hong Kong

Kapal feri[sunting | sunting sumber]

Feri adalah perahu atau kapal, digunakan untuk membawa (atau menyeberangkan) penumpang, dan terkadang kendaraan mereka, melewati perairan. Sebuah penumpang feri dengan berhenti banyak kadang disebut taksi air. Feri membentuk bagian dari sistem transportasi umum di wilayah pesisir pulau, memungkinkan perjalanan langsung antara satu titik dengan ongkos yang jauh lebih rendah dibandingkan membangun jembatan atau terowongan, meskipun pada kecepatan yang lebih rendah. Kapal penghubung jarak jauh berskala besar (jarak jauh seperti di perairan Laut Mediterania) juga dapat disebut sebagai kapal feri.

Kapal laut[sunting | sunting sumber]

Kapal laut, adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut seperti halnya sampan atau perahu yang lebih kecil. Kapal biasanya cukup besar untuk membawa perahu kecil seperti sekoci. Secara kebiasaannya kapal dapat membawa perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal. Ukuran sebenarnya dimana sebuah perahu disebut kapal selalu ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan setempat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "public transport". English Oxford Living Dictionaries (dalam bahasa Inggris). Oxford University Press. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-01-31. Diakses tanggal 30 Januari 2018. Buses, trains, and other forms of transport that are available to the public, charge set fares, and run on fixed routes. 
  2. ^ "public transport in British". Collins English Dictionary (dalam bahasa Inggris). HarperCollins. Diakses tanggal 30 Januari 2018. a system of buses, trains, etc, running on fixed routes, on which the public may travel 
  3. ^ Joseph L. Schofer. "Mass transit". Encyclopædia Britannica (dalam bahasa Inggris). Encyclopædia Britannica. Diakses tanggal 30 Januari 2018. Mass transit, also called mass transportation, or public transportation, the movement of people within urban areas using group travel technologies such as buses and trains. 
  4. ^ McLeod, Sam (2017). "Urban Public Transport: Planning Principles and Emerging Practice". Journal of Planning Literature. 32(3): 223–239 – via SAGE. 
  5. ^ "Rail integrated communities in Tokyo" (dalam bahasa Inggris). JTLU.org. 
  6. ^ "Lessons from Japanese Experiences of Roles of Public and Private Sectors in Urban Transport" (dalam bahasa Inggris). Japan Railway & Transport Review. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-10-26. Diakses tanggal 2018-12-02. 
  7. ^ Di Amerika dan Oseania, hewan pembawa beban pada umumnya tidak berukuran besar, meskipun Inca menggunakan llama sebagai hewan tersebut.
  8. ^ "Gods, Goddesses, and Mythology" (dalam bahasa Inggris). Marshall Cavendish. 1 Januari 2005 – via Google Books. 
  9. ^ Needham, Joseph (1986). Science and Civilization in China: Volume 4, Physics and Physical Technology, Part 3, Civil Engineering and Nautics (dalam bahasa Inggris). Taipei: Caves Books, Ltd. ISBN 0-521-07060-0. 
  10. ^ "10 août 1826: Premiers omnibus à Nantes". Herodote.net (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 13 Juni 2008. 
  11. ^ "The London Omnibus". Knowledgeoflondon.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 21 Oktober 2011. 
  12. ^ "KAIST Online Electric Vehicle" (dalam bahasa Inggris). Gizmag.com. Diakses tanggal 21 Oktober 2011. 
  13. ^ By Eli (26 Mei 2010). "High Speed Train VS Airplane" (dalam bahasa Inggris). Tech the Future. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 21 Oktober 2011. 
  14. ^ "Rapid transit" (dalam bahasa Inggris). Merriam-Webster. Diakses tanggal 27 Februari 2008. ; "Metro" (dalam bahasa Inggris). International Association of Public Transport. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-10. Diakses tanggal 27 Februari 2008. 
  15. ^ "Glossary of Transit Terminology" (dalam bahasa Inggris). American Public Transportation Association. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-27. Diakses tanggal 27 Februari 2008. 

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]