Dalian Metro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dalian Metro
Info
WilayahDalian, Liaoning, Tiongkok
JenisAngkutan cepat
Jumlah jalur4
Jumlah stasiun69
Penumpang harian431.000 (rata-rata harian, tahun 2017)[1]
Penumpang tahunan157,2 juta (2017)[1]
Situs webhttp://www.dlmetro.com
Operasi
Dimulai8 November 2002; 21 tahun lalu (2002-11-08)
OperatorDalian Metro Group Co., Ltd. (semua jalur)
Teknis
Panjang sistem15.788 km (9.810 mi)[2]
Listrik1,500 V DC
Peta rute

Sistem Transit Massal Dalian
Hanzi sederhana: 大连轨道交通
Hanzi tradisional: 大連軌道交通
Dalian Metro
Hanzi sederhana: 大连地铁
Hanzi tradisional: 大連地鐵

Dalian Metro adalah sistem transit cepat di kota Dalian, Liaoning, Tiongkok. Dalian Metro dibuka pada 1 Mei 2003. Sistem yang sudah beroperasi saat ini terdiri dari 4 jalur: Jalur 1, Jalur 2, Jalur 3 dan Jalur 12.

Jaringan[sunting | sunting sumber]

Peta Dalian Metro termasuk jalur yang masih dalam tahap pembangunan.

Jalur 1[sunting | sunting sumber]

Stasiun Hekou, Jalur 1

Jalur 1 dibuka pada tahun 2015, menghubungkan timur-tenggara Dalian tengah dengan Dalian utara. Panjang total relnya adalah 28,34 km,[2] dengan 22 stasiun bawah tanah.

Jalur ini membentang dari Stasiun Puncak Burung Hong (bersimpangan dengan Jalur 3) ke Zona Pengembangan Dalian. Stasiun-stasiunnya adalah: Jalan Sidalin, Jalan Wuyi, Sujia, Maoyingzi, Houguan, Yaojia, Nanguanling (bersimpangan dengan Jalur 2), Alun-alun Zhonghua, Jalan Dongwei (bersimpangan dengan Jalur 4), Shahekou, Jalan Maritim Xi'an, (persimpangan dengan Jalur 2), Pusat Konvensi dan Pameran, Heishijiao, Alun-alun Xueyuan, Taman Xinghai, Universitas Gaoxinyuanqu, Hekou, Huangnichuan, Longwangtan, Kota Perguruan Tinggi, Shuishiying (bersimpangan dengan Jalur 4), Shibanqiao, Tieshanzhen dan Stasiun Zona Pengembangan Dalian. Sebuah cabang jalur baru akan dibangun dari Jalan Wuyi ke Pesisir Jinbo dengan beberapa stasiun di antaranya adalah Barat Jinzhou. Jalur baru ini akan dibangun dalam tiga tahap. Fase 1 dari Yaojia ke Pusat Konvensi dan Pameran, Fase 2 ke Hekou dan sisanya pada Fase 3. Setelah selesainya jalur ini, maka ada layanan trem dan metro dari Shahekou ke Hekou. Warna Jalur 1 adalah hijau.

Jalur 2[sunting | sunting sumber]

Stasiun Alun-alun Gangwan, Jalur 2.

Jalur 2 dibuka pada tahun 2015, menghubungkan Dalian tengah-timur dengan Dalian tengah-barat. Saat ini, Jalur 2 dengan rel yang berbentuk C sepanjang 2.574 km (1.599,41 mi)[2] memiliki 21 stasiun pemberhentian.

Jika sudah rampung, jalur ini akan membentang dari Haizhiyun ke Stasiun Kereta Utara Dalian. Jalur 2 dibangun dalam dua tahap, yang pertama dari Bandara ke Haizhiyun dan sisanya diselesaikan dalam tahap kedua. Warna Jalur 2 adalah biru.

Jalur 3[sunting | sunting sumber]

Stasiun Zona Pengembangan Dalian, Jalur 3

Jalur 3, biasa disebut Jalur Timur berada di Jinzhou, menghubungkan Zona Pengembangan Dalian dengan Stasiun Pantai Kerikil Emas dengan pusat kota Dalian. Jalurnya berkelok-kelok, sebagian besar ditinggikan atau menanjak dan membentang dari Stasiun Kereta Dalian hingga ke Stasiun Pantai Kerikil Emas. Wilayah utara kota, tempat Zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi berada, belum dilayani oleh rute bus. Jalur metro yang dimulai dari pusat komersial di pusat kota (dekat Stasiun Kereta Dalian) melewati lima distrik administratif kota dan berfungsi sebagai transportasi ekspres antara wilayah utara (yang sedang berkembang) dengan pusat kota. Jalur ini memanjang ke utara menuju ke Stasiun Pantai Kerikil Emas (Area Pemandangan Jinshitan), taman pemandangan indah nasional, sekitar 50 km (31 mi) dari pusat kota. Jalur cabang dibuka pada tahun 2008, yang menghubungkan pusat kota Dalian dengan Jinzhou (金州区) dan memiliki tujuh stasiun dari selatan ke utara. Jalur cabang dimulai dari Zona Pengembangan Dalian, membentang hingga ke barat laut dan berakhir di Stasiun Jiuli.

Semua stasiun memiliki peron sisi. Rel di area peron tidak memiliki ballast (kerikil), kecuali di luar stasiun. Semua stasiun dipasangi atap kombinasi lembaran bergelombang transparan dan atap beton. Warna Jalur 3 adalah magenta.

Jalur 12[sunting | sunting sumber]

Stasiun Tahewan, Jalur 12.

Jalur 12, juga dikenal sebagai Jalur Perpanjangan Rute Trem 202, dibuka pada tahun 2013 dan menghubungkan pusat Dalian dengan Distrik Lüshunkou. Panjang total relnya adalah 4.035 km (2.507 mi)[2] dengan 8 stasiun dari barat ke timur. Jalur ini dimulai dari Stasiun Terminal Baru Lüshun, mengarah ke timur dan berakhir di Stasiun Hekou, yang bersimpangan dengan Jalur 1. Warna Jalur 12 adalah ungu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "2017年统计报告". 中国城市轨道交通协会. 2018-04-19. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-05-02. Diakses tanggal 2018-04-28. 
  2. ^ a b c d "你关心的大连地铁建设情况来了". Dalian Metro. 2019-10-20.