Hong Kong Disneyland Resort

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hong Kong Disneyland Resort adalah sebuah kompleks hiburan yang dibangun oleh The Walt Disney Company dan Pemerintah Hong Kong di Pulau Lantau, Hong Kong. Resort ini terdiri dari Hong Kong Disneyland, Disneyland Hotel, Hollywood Hotel dan Disneytown, sebuah fasilitas belanja, hiburan, dan makanan. Resort ini dibuka pada 12 September 2005.

Konstruksi[sunting | sunting sumber]

Disney menginvestasikan 316 juta Dolar AS untuk 43% kepemilikan resort ini dan 57% sisanya dimiliki oleh Pemerintah Hong Kong dari total nilai proyek sebesar 1,8 milyar Dolar AS. Diperkirakan 18.400 lowongan kerja akan terbuka saat pembukaan dan selama 20 tahun ke depan akan meningkat sampai 35.800 lowongan. Pengunjung yang diharapkan pada tahun pertama sebesar 5 sampai 6 juta orang dari penduduk lokal, Tiongkok daratan, dan negara sekitar. World Trade Organization memperkirakan resort ini akan menjadi salah satu tujuan wisata utama dalam 15 tahun.

Beach[sunting | sunting sumber]

Untuk menghindari benturan kebudayaan seperti yang pernah terjadi di Disneyland Resort Paris, beberapa cara sudah dilakukan oleh Disney. Rancangan resort ini sudah dikonsultasikan ke ahli feng shui. Untuk tiap bangunan yang selesai, dilakukan pembakaran dupa dan ballroom yang ada luasnya adalah 888 m² karena angka 8 dipercayai sebagai angka yang baik dalam budaya Tionghoa. Hotel yang ada tidak memiliki lantai empat karena dipercayai angka tersebut kurang baik. Para pegawai dilatih berbahasa Inggris, Mandarin, dan Kanton.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Saat pembukaan, Hong Kong Disneyland adalah Disneyland terkecil dibanding yang lain karena baru diselesaikan sampai tahap pertama. Tahap kedua diperkirakan akan menambahkan daerah baru seperti Frontierland atau Mickey's Toontown atau bahkan daerah yang benar-benar baru. Selain itu, diharapkan beberapa wahana Disney klasik juga ditambahkan ke Hong Kong Disneyland.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Resort ini terhubung dengan jaringan jalan di Lantau oleh sebuah jalan bebas hambatan dan bisa juga dicapai dengan MTR. Sebuah jalur baru disiapkan khusus untuk resort ini dan diberi nama Disneyland Resort Line yang melayani stasiun Disneyland, Disneyland Resort dan Sunny Bay. Jalur ini menggunakan kereta khusus yang bertema Disney.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]