Last Period

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Last Period: Owarinaki Rasen no Monogatari
Visual utama
ラストピリオド~終わりなき螺旋の物語~
(Rasuto Piriodo: Owarinaki Rasen no Monogatari)
Permainan
PengembangHappy Elements
PenerbitHappy Elements
PlatformAndroid, iOS
Rilis
  • JP: Mei 2016
Seri anime
SutradaraYoshiaki Iwasaki
Produser
  • Takurō Hatakeyama
  • Reo Kurosu
  • Kōsuke Matsuda
  • Kōzō Ōhara
  • Sō Yurugi
  • Kimiya Mikami
SkenarioHideki Shirane
MusikManual of Errors
StudioJ.C.Staff
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
Tokyo MX, ABC, BS11, AT-X
Saluran bahasa Inggris
Tayang 12 April 2018 28 Juni 2018
Episode12
 Portal anime dan manga

Last Period: Owarinaki Rasen no Monogatari (Jepang: ラストピリオド~終わりなき螺旋の物語~, Hepburn: Rasuto Piriodo: Owarinaki Rasen no Monogatari), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Last Period: The Story of an Endless Spiral atau Last Period: The Journey to the End of the Despair, adalah permainan bermain peran daring gratis yang dibuat oleh Happy Elements. Permainan ini dirilis di Jepang pada bulan Mei 2016 untuk perangkat Android dan iOS. Adaptasi seri televisi anime dari permainan ini diproduksi oleh J.C.Staff dan ditayangkan mulai tanggal 12 April hingga tanggal 28 Juni 2018.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

"Period" adalah cara pengguna sihir memanggil siapapun yang mengalahkan "Spiral", monster yang dipanggil dari isolasi. Karena kebangkitan makhluk-makhluk ini, Haru, seorang magang berusia 14 tahun, yang merupakan bagian dari Divisi Akhir Arc Kedelapan, dipanggil untuk memutus rantai dan melemparkan dirinya ke dalam pertempuran tanpa akhir. Namun, pencurian misterius terjadi dan menenggelamkan divisi tersebut ke dalam kebangkrutan, memaksa Haru dan rekan-rekannya yang lain harus meninggalkan markas mereka. Untuk membangun kembali cabang divisi tersebut, mereka harus melakukan pencarian.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Haru (ハル)
Pengisi suara: Natsuki Hanae[1]
Seorang magang Period yang serius dan ramah terhadap semua orang. Untuk membangun kembali Divisi Akhir Arc Kedelapan yang bangkrut, ia bekerja keras setiap hari dengan Gajeru dan Liza.
Choco (ちょこ, Choko)
Pengisi suara: Yukari Tamura[1]
Seorang gadis yang pandai berakting dengan Haru. Dengan kepribadian yang misterius dan sulit dipahami, ucapannya terkadang sangat tajam.
Liza (リーザ, Rīza)
Pengisi suara: Mika Kikuchi[1]
Seorang gadis dari Alam Darah. Dengan kekuatan dan permainan otak, ia dapat menarik perhatian Haru dan Gajeru.
Gajeru (ガジェル)
Pengisi suara: Ayumu Murase[1]
Seorang beast dari Alam Hewan. Dengan kekuatan perilaku dan cinta untuk Sapphire, kemampuannya tidak ada duanya di Divisi Akhir Arc Kedelapan.
Erika (エーリカ, Ērika)
Pengisi suara: Ai Kakuma[1]
Seorang manajer muda dari Divisi Akhir Arc Kedelapan. Ia dulu dikenal sebagai "Akaoni" karena kekuatannya. Ia adalah anggota Period yang mengagumkan tetapi ditakuti.
Campanella (カンパネルラ, Kanpanerura)
Pengisi suara: M.A.O[1]
Saudara Bohemian dari Divisi Akhir Arc Kedelapan. Dengan kepribadian yang positif, ia mendukung Haru dengan ceria dan bahagia.
Miu (ミウ)
Pengisi suara: Reina Ueda[1]
Seekor binatang pertama yang berteman dengan Haru. Ia dianggap sebagai keadaan darurat oleh Choco.
Gilled (ジレッド, Jireddo)
Pengisi suara: Yamato Kinjo[1]
Seorang anggota senior Period dan kakak Haru. Ia selalu berjuang bersama Noin, yang juga anggota senior Period.
Noin (ノイン)
Pengisi suara: Reina Ueda[1]
Seorang gadis yang dibawa oleh Gillette. Ia memiliki kepribadian yang polos sesuai dengan usianya. Faktanya, ia adalah anggota dari Divisi Akhir Arc Kedelapan yang berbakat.
Iona (イオナ)
Pengisi suara: Ai Kayano[1]
Seorang gadis energik dengan kekuatan misterius.
Mizaru (ミザル)
Pengisi suara: Sayaka Harada[1]
Salah satu saingan Haru dan anggota trio Wiseman. Ia pandai bertarung dan Haru setiap kali menghalangi misinya.
Kikazaru (キカザル)
Pengisi suara: Akari Kitō[1]
Salah satu saingan Haru dan anggota trio Wiseman. Ia pandai menyerang dengan suara dan Haru setiap kali menghalangi misinya.
Iwazaru (イワザル)
Pengisi suara: Ayumi Mano[1]
Salah satu saingan Haru dan anggota trio Wiseman. Ia pandai menyerang dengan pistol dan Haru setiap kali menghalangi misinya.
Guru (グル)
Pengisi suara: Shiori Izawa[1]
Seekor monyet yang menjadi maskot Wiseman.
Luluna (ルルナ)
Pengisi suara: Rui Tanabe[1]
Seorang gadis energik dengan kekuatan misterius seperti Iona. Ia pandai berakting dengan trio Wiseman.
Dia (ダイヤ)
Pengisi suara: Misaki Kuno[1]
Rika Furuda (ふるだ りか)
Pengisi suara: Yukari Tamura[1]
Satoko Hojo (ほうじょ さとこ)
Pengisi suara: Mika Kanai[1]
Mion Sonozaki (そのざき ミオン)
Pengisi suara: Satsuki Yukino[1]
Shion Sonozaki (そのざき しおん)
Pengisi suara: Satsuki Yukino[1]

Media[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari permainan ini diproduksi oleh J.C.Staff dan ditayangkan mulai tanggal 12 April hingga tanggal 28 Juni 2018.[1][2] Lagu tema pembuka seri ini berjudul "Yokubari Dreamer" (欲張りDreamer, Greed Dreamer) yang dibawakan oleh Natsuki Hanae dan Yukari Tamura, sedangkan lagu tema penutup seri ini berjudul Waizuman no Tēma (ワイズマンのテーマ, Wiseman Theme) yang dibawakan oleh Wiseman, sebuah grup yang beranggotakan Sayaka Harada, Akari Kitō dan Ayumi Mano.[3] Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini.[4] Seri ini berjalan selama 12 episode.[2]

No.Judul [a]Tanggal tayang asli [5]
1"Notice of Completion"
Transkripsi: "Ryō no Oshirase" (了のお知らせ)
12 April 2018 (2018-04-12)
Haru sedang berlatih sehingga ia bisa menjadi anggota Period seutuhnya, pembasmi Spiral. Setelah kembali dari berkemah, Haru dan teman-temannya menemukan bahwa pintu Divisi Akhir Arc Kedelapan telah terkunci. Setelah mengikuti peta yang mereka temukan di gang belakang, Haru dan teman-temannya menemukan Campanella dari Divisi Akhir Arc Kedelapan serta kepala Divisi Akhir Arc Kedelapan, Erika.
2"Hot Springs Custom"
Transkripsi: "Onsen aratame" (温泉改)
19 April 2018 (2018-04-19)
Haru dan anggota Divisi Akhir Arc Kedelapan lainnya hidup dalam kemiskinan berkat situasi mereka, tetapi suatu hari pekerjaan pencarian ilegal dari Desa Uap tiba. Dikenal karena memiliki salah satu sumber air panas terbaik di dunia, Campanella dan Erika ikut berpesta untuk berendam sebentar. Setelah menyelesaikan pencarian, mereka mendapatkan pekerjaan tambahan lain.
3"Hand-To-Mouth-Life"
Transkripsi: "Sono higurashi" (その日暮らし)
26 April 2018 (2018-04-26)
Sebuah pencarian dari Desa Terkutuk tiba. Setelah tiba, Haru dan teman-temannya ditugaskan untuk memusnahkan Spiral di sebuah rumah yang ditinggalkan. Namun, apa yang menanti mereka mungkin sebenarnya bukan Spiral.
4"Rich in Zel"
Transkripsi: "O zeru mochi" (おゼル持ち)
3 Mei 2018 (2018-05-03)
Haru memenangkan hadiah utama lotere. Dengan jumlah uang yang banyak, mereka telah membangun kembali Divisi Akhir Arc Kedelapan lebih besar dari sebelumnya dan memulai gaya hidup mewah. Sayangnya, semua uang yang mereka miliki menimbulkan perbedaan pendapat antara Haru, Liza dan Gajeru.
5"The Swamp's Name"
Transkripsi: "Numa no na wa." (沼の名は。)
10 Mei 2018 (2018-05-10)
Pencarian terbaru yang dilakukan Haru adalah baginya untuk membintangi film dokumenternya. Seperti yang digambarkan di bagian awal film dokumenter, Haru adalah seorang pemuda yang baik dan ceria yang disukai semua orang. Namun, di bagian akhir film dokumenter, Haru bersatu kembali dengan Iona dan melangkah ke neraka yang mungkin membuatnya tidak akan pernah kembali.
6"Confessions of a Mask"
Transkripsi: "Kamen no Kokuhaku" (仮面の告白)
17 Mei 2018 (2018-05-17)
Campanella adalah asisten lembut untuk Erika dan Divisi Akhir Arc Kedelapan, lalu ia merawat Haru dan teman-temannya dengan baik. Namun, ia memiliki rahasia yang tidak boleh diketahui oleh siapapun. Suatu hari, Campanella mengetahui pembukaan taman hiburan baru di Alam Darah. Karena salah satu impian lamanya adalah suatu hari nanti membangun taman hiburan sendiri, Campanella memutuskan untuk mengunjungi taman hiburan baru tersebut bersama teman-temannya. Tanpa sepengetahuannya, perjalanan menyenangkan ini akan berubah menjadi ujian baginya untuk menjaga rahasianya.
7"Animal Friends"
Transkripsi: "Ani maru tomodachi" (あにまるトモダチ)
24 Mei 2018 (2018-05-24)
Haru dan teman-temannya melakukan pencarian ke kampung halaman Gajeru, Alam Hewan, rumah para beast. Setelah itu, mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan wisata Alam Hewan yang dipandu oleh Yumiru, pemandu wisata paling terkenal di negeri itu. Ketika Yumiru mengungkapkan bahwa tur mereka akan menjadi tur terakhirnya karena ia dipaksa pensiun, Liza memutuskan untuk merencanakan skema untuk memastikan Yumiru mempertahankan pekerjaannya.
8"Swimsuit Episode"
Transkripsi: "Mizugi kai" (水着貝)
31 Mei 2018 (2018-05-31)
Pulau Alam Netral adalah pulau wisata yang bukan milik negara manapun. Haru dan teman-temannya pergi ke sana dan mengira mereka akan berlibur, tetapi mereka terpaksa melakukan pekerjaan sampingan untuk mendapatkan lebih banyak uang untuk membangun kembali Divisi Akhir Arc Kedelapan. Sementara pekerjaan ini dilakukan, sesuatu yang aneh mulai terjadi pada gadis-gadis dan pakaian renang mereka.
9"Expanding Galaxy"
Transkripsi: "Bōchō suru ginga" (膨張する銀河)
7 Juni 2018 (2018-06-07)
Pada awalnya, Wiseman bertarung melawan Haru dan teman-temannya, tetapi mereka akhir-akhir ini mengalami kekalahan beruntun. Tidak puas dengan kurangnya motivasi mereka untuk berkembang, Blackpanella memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan Wiseman dalam sebulan. Sementara itu, ia mempekerjakan Sonya, seorang android, untuk menjadi pengawas Wiseman. Anehnya, Sonya membawa daya tembak yang cukup untuk mengalahkan Haru dan teman-temannya. Namun, Sonya merencanakan sesuatu yang lebih dari yang terlihat.
10"The Happy Elements Episode"
Transkripsi: "Wa piere kai" (はぴえれ怪)
14 Juni 2018 (2018-06-14)
Setelah mengejar dan kehilangan Wiseman, Haru dan teman-temannya bertemu dengan Luluna, gadis yang selalu menyediakan cadangan untuk Wiseman menggunakan kekuatan panggilannya. Bertanya-tanya bagaimana ia selalu mendapatkan karakter yang kuat dari kekuatan panggilannya, mereka memintanya untuk melakukan kekuatan panggilan di mana ia secara mengejutkan mematuhinya. Saat melakukan kekuatan panggilan, semua orang tersedot ke dalam mekanisme kekuatan panggilan secara tidak sengaja dan berakhir di dunia bukan dari Period Terakhir, tetapi dari sesuatu yang lain yang telah dibuat oleh Elemen Bahagia.
11"Fictional Story"
Transkripsi: "Kakū no Hanashi" (架空の話)
21 Juni 2018 (2018-06-21)
Haru dan teman-temannya dikirim oleh Erika dan Campanella yang sangat bahagia ke sebuah pencarian yang menjanjikan 100 kali hadiah normal. Pencarian memerlukan perselisihan antara Desa Sombong dan Desa Egois yang melibatkan bahaya besar. Setelah mempertimbangkan risikonya, Haru dan teman-temannya membatalkan misi tersebut, tetapi Wiseman muncul dan mengambil alih misi tersebut. Setelah itu, keadaan berubah menjadi yang terburuk.
12"Last Period"
Transkripsi: "Rasuto Piriodo" (ラストピリオド)
28 Juni 2018 (2018-06-28)
Kekacauan berikutnya membawa kehancuran ke desa-desa terdekat. Haru disuruh mengungsi, tetapi ia bersikeras bahwa kekacauan itu adalah tugasnya sebagai anggota Period untuk melawan Spiral. Secara mengejutkan, Choco diculik oleh Spiral Raksasa dan Haru menyadari bahwa ia bertarung melawan kegelapan yang ada dalam diri manusia, kegelapan orang-orang yang kecewa dengan permainan Gacha.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u "Happy Elements' Last Period: Owari naki Rasen no Monogatari Smartphone Game Gets TV Anime in April". Anime News Network. 4 Februari 2018. Diakses tanggal 4 Februari 2018. 
  2. ^ a b "Last Period Anime Gets 12 Episodes". Anime News Network. 22 Maret 2018. Diakses tanggal 22 Maret 2018. 
  3. ^ "Last Period Anime's Promo Video Reveals, Previews Ending Song". 24 Maret 2018. Diakses tanggal 13 April 2018. 
  4. ^ "Crunchyroll to Stream Last Period, Yotsuiro Biyori Anime". 10 April 2018. Diakses tanggal 21 Februari 2019. 
  5. ^ "ラストピリオド―終わりなき螺旋の物語―". Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-07-19. Diakses tanggal 18 April 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]