Little Busters!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Little Busters! (リトルバスターズ!, Ritoru Basutāzu!) adalah game visual novel keenam Key/Visual Art's setelah Kanon, Air, Clannad, Planetarian, dan Tomoyo After yang dirilis tanggal 27 Juli 2007 kemarin yang dirilis untuk format PC dalam bentuk DVD. [1][2]Little Busters bukanlah game Eroge dan dapat dimainkan untuk semua orang. Lalu ada versi Little Busters Esctasy (Atau Little Busters EX), yaitu LB untuk 18 tahun ke atas dan dengan kata lain versi eroge pada tanggal 25 Juli 2008. Dalam Little Busters! Esctacy akan ada tokoh baru bernama Saya Tokido, dan dua tokoh pendukung dari Little Busters! yaitu Kanata Futaki serta Sasami Sasegawa yang akan menjadi heroine baru dan memiliki skenario. Pendesain karakter dalam game ini ada dua. Yaitu Itaru Hinoue, yang sudah mendesain karakter dalam Kanon, Air, Clannad. Di sini Itaru Hinoue mendesain Komari Kamikita, Haruka Saigusa, Yuiko Kurugaya, dan Kanata Futaki. Dan Na-Ga, atau Ikusa Otome, yang baru menjadi bagian dari Key/Visual Art's saat Little Busters dibuat. Di sini Na-Ga mendesain Rin Natsume, Kudryavka Naomi, Mio Nishizono, Sasami Sasegawa, Saya Tokido, dan Miyuki Koshiki.

"What 'Adolescence' do you have?" "Do you remember 'Childhood'?"


Cerita[sunting | sunting sumber]

Berkisah tentang tokoh protagonis, Riki Naoe yang sudah kehilangan kedua orang tuanya sejak kecil. Riki adalah cowok yang kurang maskulin. Lalu, tiba-tiba ia diajak bergabung oleh sekelompok orang yang menamakan dirinya Little Busters! dengan anggota Kyosuke Natsume, ketuanya. Rin Natsume, satu-satunya gadis dalam grup itu dan adik perempuan Kyosuke. Masato Inohara, bisa dibilang dia itu bodoh. Dan Kengo Miyazaki, seorang yang berbakat menggunakan kendo.

Mereka kini sudah memasuki masa SMA sekarang. Kyosuke merasa bahwa Rin pasti kesepian karena di sekelilingnya hanyalah teman-teman cowok. Karena itu ia meminta Riki dan Rin untuk mencari anggota baru. Riki berhasil mendapatkan lima anggota baru yang kesemuanya perempuan, yakni Komari Kamikita, si cewek childish yang memiliki sedikit trauma, Mio Nishizono, gadis lemah yang menyukai yaoi, Haruka Saigusa, cewek yang suka mengganggu di kelas Riki, Yuiko Kurugaya, cewek yang memiliki sifat dan sikap paling dewasa di antara yang lain, dan Kudryavka Noumi, cewek blasteran yang tidak bisa bahasa Inggris.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh Utama[sunting | sunting sumber]

  • Riki Naoe
Riki adalah tokoh utama dalam cerita ini. Sebagai cowok, Riki bisa dibilang tidak maskulin bahkan melebihi Rin. Orang tuanya meninggal ketika ia masih kecil, dan pada saat yang sama ia didiagnosa mengidap narcolepsy. Seiyuu: Yui Horie
  • Rin Natsume
Rin adalah satu-satunya anggota cewek di Little Busters Original dan merupakan adik dari Kyosuke. Rin adalah anggota baseball yang sangat menyukai kucing. Ia kurang komunikasi dan kadangkali terlihat sendirian. Hanya Riki yang tahu sisi manis Rin. Seiyuu: Tomoe Tamiyasu
  • Komari Kamikita
Childish (kekanak-kanakan), pecinta dongeng, itulah Komari. Ia seringkali bertindak tanpa berpikir terlebih dahulu. Komari mengalami trauma akibat kematian kakaknya. Dan menganggap Riki adalah kakaknya. Setelah Rin memberitahukan [cita-cita]nya, ia memberitahukan bahwa Komari harus lebih kuat. Seiyuu: Natsumi Yanase
  • Haruka Saigusa
Kelasnya berada di sebelah kelas Riki. Tapi ia sering mengganggu di kelas Riki dan menyebabkan orang lain mengira bahwa Haruka tidak memiliki teman di kelasnya. Haruka memiliki kembaran bernama Kanata Futaki yang merupakan anggota OSIS. Haruka bekerja di cafetaria sekolah agar mendapat izin untuk menggunakan oven untuk memanggang muffin dan kue. Seiyuu: Keiko Suzuki, Chisato Suzumori (Little Busters! Esctacy)
  • Kudryavka Noumi
Meskipun ia blasteran Jepang dan Rusia (dari kakeknya), tapi kemampuan berbahasa inggrisnya tidak lebih baik daripada Riki. Ia sangat menyukai anjing. Nama aslinya adalah Kudryavka Anatolyevna Strugatskia. Seiyuu: Akemi Kakeno, Miyako Suzuta (Little Busters! Esctacy)
  • Yuiko Kurugaya
Ia dianggap kakak oleh yang lain dan dipanggil anego (kakak perempuan) karena ialah yang paling memiliki sifat dan sikap dewasa meskipun umur mereka sama. Yuiko seringkali membawa replika katana atau muramasa. Bahkan Rin pun hormat padanya setelah Yuiko bermain-main dengan Rin. Seiyuu: Ryoko Tanaka, Hikaru Isshiki (Little Busters! Esctacy)
  • Mio Nishizono
Mio selalu membawa parasol (payung) karena badannya yang lemah. Mio juga senang membaca buku dan senang dengan yang namanya yaoi (percintaan antara laki-laki). Tadinya Na-Ga, pendesainnya ingin memakaikan kacamata untuknya. Tapi hal itu dibatalkan. Seiyuu: Yumi Arai, Yuzuki Kaname (Little Busters! Esctacy)

Anggota Little Busters Original[sunting | sunting sumber]

  • Kyosuke Natsume
Kyosuke adalah ketua dari Little Busters juga yang paling tua di antara semuanya. Bisa dibilang Kyosuke ini mengalami sister complex karena keinginannya dipanggil 'oniichan' (kakak laki-laki) oleh Rin, adiknya yang kenyataannya memanggilnya 'aniki' kalau bukan itu 'idiot'. Seiyuu: Hikaru Midorikawa (SMA), Yu Kamonomiya (SD)
  • Masato Inohara
Masato adalah salah satu anggota Little Busters (yang rada bodoh) dan teman sekamar Riki. Seiyuu: Nobutoshi Canna
  • Kengo Miyazawa
Kengo juga anggota Little busters yang berpegang teguh pada kendo. Selain itu ia juga populer di sekolah. Kenggo adalah rival dari Masato. Seiyuu: Yusei Oda (SMA), Yu Kamonomiya (SD)

Tokoh Utama Tambahan Dalam Little Busters! Esctacy[sunting | sunting sumber]

  • Kanata Futaki
Kanata adalah salah satu anggota OSIS dan kembaran dari Haruka. Tapi Kanata bersikap dingin padanya. Haruka seringkali membuat masalah, membuat Kanata terus mengejarnya. Ia dibantu oleh Kudryavka dan dua anjingnya. Kanata pernah memberitahukan pada Riki bahwa ia harus menjauh dari Haruka. Seiyuu: Keiko Suzuki, Chisato Suzumori(Little Busters! Esctacy)
  • Sasami Sasasegawa
Sasami adalah rival dari Rin. Jika Rin menyukai kucing, maka Sasami menyukai anjing. Sasami adalah kapten dari tim softball perempuan. Dan mengirim 3 anggotanya. Yaitu Yukari Nakamura (中村 由香里 Nakamura Yukari?), Rei Kawagoe (川越 令 Kawagoe Rei?), and Sakiko Watanabe (渡辺 咲子 Watanabe Sakiko?).[3]. Sasami memiliki perasaan pada Kengo. Seiyuu: Tomoe Tamiyasu
  • Saya Tokido
Saya adalah tokoh utama baru dalam Little Busters! Esctacy yang merupakan hasil desain dari Na-Ga. Ia selalu membawa pistol yang disimpan di pahanya. Kelasnya berada di sebelah kelas Riki dan merupakan cewek populer di sekolah tersebut. Seiyuu: Harumi Sakurai

Tokoh Tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Miyuki Koshiki (Seiyuu: Yū Kamonomiya)
  • Midori (Seiyuu: Yumi Arai)
  • Kojirō Kamikita (Seiyuu: Roaki Moriko)

Musik[sunting | sunting sumber]

  • Pembuka
Little Busters! oleh Rita
Little Busters! Esctacy Ver. oleh Rita (Little Busters! Esctacy)
  • Penutup
Song For Friends oleh Rita
Boys Don't Cry oleh Rita
Alicemagic oleh Rita
Faraway oleh Rita
  • Image Vocal Album
Rin no Hisokana Koi no Uta (Rin Natsume)


Little Busters! Converted Edition[sunting | sunting sumber]

Prot akan merilis Little Busters! untuk PS2 dan dirujukkan untuk semua usia. Dalam game ini dimasukkan heroine dari Little Busters! Esctasy, Saya Tokido, dan rute Sasami Sasasegawa dan Kanata Futaki yang tak ada di Little Busters! PC non adult.

Kud Wafter[sunting | sunting sumber]

Kud Wafter (クドわふたー Kudo Wafutā?) adalah spin-off dari Little Busters! yang menceritakan kehidupan Noumi Kurdyavka dan Riki Naoe setelah Little Busters! original. Bercerita ketika Little Busters! baru saja mengadakan wisata kemudian semuanya pulang ke rumah masing-masing untuk bertemu orang tua mereka sebentar, kecuali Riki (yang tidak memiliki orang tua lagi) dan Kud (keluarganya di negara lain). Akhirnya mereka hanya bisa berdiam di asrama mereka. Tapi ternyata asrama Riki terkena banjir sehingga ia harus mengungsi. Kud yang kebetulan mencari teman sekamar menawarkan Riki untuk tinggal di asramanya untuk sementara.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Little Busters! products page" (dalam bahasa Ja). Key. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2011-05-18. Diakses 2013-02-11. 
  2. ^ "リトルバスターズ!初回限定版" (dalam bahasa Ja). Visual Art's. Diakses 2013-02-11. 
  3. ^ "Little Busters! Development Diary" (dalam bahasa Japanese). Key. March 14 2008. Diakses 2008-03-14.