Maid Sama!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Maid Sama!
Sampul manga pertama yang menampilkan Misaki Ayuzawa (kanan) dan Takumi Usui (kiri).
会長はメイド様!
(Kaichou wa Maid-sama!)
GenreKomedi romantis[1]
Manga
PengarangHiro Fujiwara
PenerbitHakusensha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahLaLa
DemografiShōjo
TerbitDesember 2005September 2013
Volume18
Seri anime
SutradaraHiroaki Sakurai
ProduserAkio Matsuda
SkenarioMamiko Ikeda
MusikWataru Maeguchi
StudioJ.C.Staff
Pelisensi
Saluran
asli
TBS, BS-TBS, Animax Asia
Saluran bahasa Inggris
Tayang 1 April 2010 23 September 2010
Episode26 + 1 (Daftar episode)
 Portal anime dan manga

Maid Sama! atau dikenal di Jepang sebagai Kaichou wa Maid-sama! (会長はメイド様!, Kaichō wa Meido-sama!, artinya "Ketua kelas adalah seorang pelayan!") adalah seri manga shōjo oleh Hiro Fujiwara. Itu diserialisasikan dalam majalah manga shōjo bulanan dari Hakusensha, LaLa. Ada 18 volume yang diterbitkan di bawah komik Hana to Yume Comics di Jepang.[2] Pada panel Anime Expo 2008 mereka, penerbit Amerika Utara Tokyopop mengumumkan berbagai seri yang baru berlisensi dan Kaichou wa Maid-sama! akan diberi judul Maid-sama!.[3] Adaptasi anime 26 episode yang diproduksi oleh J.C.Staff ditayangkan antara April dan September 2010.[4]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sekolah khusus laki-laki "SMA Seika" yang terkenal karena siswa berandalannya, baru-baru ini menjadi sekolah campuran. Namun, dengan populasi wanita masih tetap minoritas bahkan setelah perubahan selama beberapa tahun terakhir, ketua OSIS wanita pertama bernama Misaki Ayuzawa bekerja keras untuk membuat sekolah menjadi tempat yang lebih baik untuk anak perempuan. Dia menempatkan banyak usaha ke dalam akademis dan atletik, dan mendapatkan kepercayaan dari para guru.

Misaki telah mendapatkan reputasi, di antara siswa laki-laki sebagai diktator setan yang membenci anak laki-laki dan sebagai harapan yang bersinar bagi para guru dan sesama siswa perempuan. Namun, terlepas dari reputasinya, ia diam-diam bekerja paruh waktu di kafe berkonsep "pembantu" untuk mendukung keuangan keluarganya dan melunasi hutang besar yang ditinggalkan ayah mereka.

Sayangnya, rahasia Misaki segera ditemukan oleh Takumi Usui, seorang anak laki-laki populer di SMA Seika. Daripada memaparkannya ke sekolah, Usui menyimpannya untuk dirinya sendiri dan bahkan menjadi pelanggan tetap di kafe. Usui dikenal sebagai seorang jenius dalam segala hal, mulai dari akademisi hingga atletik dan karena telah menolak banyak pengakuan rekan-rekan perempuannya, Usui dikenal Misaki sebagai musuh bebuyutan yang hobi melukai hati perempuan. Namun Usui secara pribadi menyukai Misaki karena dia menemukan 'intressting' -nya. Setelah melalui berbagai situasi canggung, termasuk dihadapkan pada teman masa kecilnya yang terlupakan dan ketua OSIS sekolah pesaing, Misaki jatuh cinta pada Usui dan keduanya segera menjadi pasangan.

Namun, hubungan mereka terganggu oleh masa lalu keluarga Usui yang sulit datang untuk menghantui mereka. Menjadi seorang anak haram dari keluarga bangsawan Inggris yang kaya, Usui secara teknis tidak dapat membentuk hubungan dengan siapa pun yang tidak dalam status sosialnya, termasuk Misaki. Misaki harus melihat Usui dipaksa pindah ke sekolah saingan bergengsi Miabigaoka, dan kemudian jauh dari Jepang sepenuhnya ketika keluarganya membawanya kembali ke Inggris. Dengan bekerja melalui cara yang rumit dan sulit, bagaimanapun, Misaki berhasil menemukan jalannya kembali ke Usui, yang menyimpulkan bahwa ia akan melanjutkan hubungannya dengan Misaki tidak peduli apa pun. Pada akhir tahun, pada hari kelulusan, semua staf di Maid Latte datang dan Misaki akhirnya mengungkapkan rahasianya juga mengatakan bahwa dia tidak menyesal. Dalam epilog, setelah menyelesaikan perbedaan dengan keluarga Usui, Misaki dan Usui akhirnya mengadakan pernikahan mereka sepuluh tahun kemudian di Inggris.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Misaki Ayuzawa (鮎沢 美咲, Ayuzawa Misaki)
Pengisi suara: Ayumi Fujimura (Jepang); Monica Rial (Inggris)[5]
Karakter utama dari cerita tersebut, Misaki Ayuzawa, adalah gadis berusia 16 tahun ketua OSIS perempuan pertama di SMA Seika. Dia dikenal karena sikapnya yang sangat suka memerintah dan ketat terhadap anak laki-laki, dan upaya tanpa henti untuk mereformasi mereka untuk memenuhi apa yang dia anggap sebagai standar perilaku yang dapat diterima di institusi pendidikan normal. Meskipun banyak siswa laki-laki takut dan membencinya, orang-orang yang mengenalnya datang untuk melihat bahwa dia sebenarnya sangat adil dan bersedia membantu siapa saja yang membutuhkannya. Dia akhirnya menjadi sangat dihormati karena nilai-nilainya yang bagus, keterampilan atletiknya yang hebat, dan banyak pencapaiannya sebagai ketua.
Sikap negatifnya terhadap laki-laki sebagian besar dikaitkan dengan ayahnya yang menimbun utang besar dan kemudian menghilang. Misaki menjadi bertekad untuk memastikan ibunya yang sakit dan tak berdaya, Minako tidak perlu bekerja begitu keras untuk mendukung Misaki dan adik perempuannya, Suzuna. Setelah ayahnya pergi, dia belajar dengan giat dan belajar seni bela diri dan menjadi ketua Seika.
Misaki selalu terdorong untuk melakukan yang terbaik tanpa menghiraukan upaya, dan memiliki rasa keadilan yang kuat, meskipun ia juga memiliki kecenderungan untuk menjadi terlalu egois demi kebaikannya sendiri. Dalam usaha melakukan yang terbaik, demi memenuhi finansial keluarganya Misaki diam-diam, walau pada awalnya enggan, bekerja sebagai pelayan dengan konsep "pembantu" di Café Maid Latte karena memiliki upah paruh waktu yang cukup. besar.
Di Café Maid Latte, Misaki disebut "Misa-chan" oleh rekan kerja dan pelanggannya. Misaki ditampilkan menjadi yang paling bersemangat dengan pekerjaannya walaupun sangat bertentang dengan kepribadiannya yang jauh dari sifat manis, seperti pelayan pembantu yang seharusnya. Ditengah-tengah mendalami profesinya sebagai pembantu, Misaki bertemu dengan Usui Takumi, pria idola yang paling populer di SMA Seika. Usui sebagai orang yang terkenal tanpa cela tidak dapat dikelabui oleh Misaki dan akhirnya terpaksa melayani Usui sebagai pelanggan tetap di cafe MaidLatte.
Meskipun awalnya dia jengkel terhadap Usui dan keyakinannya bahwa minatnya pada dirinya berasal dari satu-satunya yang tahu dia bekerja sebagai pelayan pembantu, dia jatuh cinta padanya. Namun, Misaki selalu menyangkal perasaannya untuknya dan menjadi canggung kapanpun momen intim yang potensial muncul di antara mereka.
Takumi Usui (碓氷 拓海, Usui Takumi)
Pengisi suara: Nobuhiko Okamoto (Jepang); David Matranga (Inggris)
Murid laki-laki paling populer di SMA Seika, Takumi Usui adalah seorang anak laki-laki berusia 17 tahun dengan kemampuan tanpa cela yang tampaknya tidak tertarik pada apa pun dan lebih suka mengamati hal-hal sebagaimana mereka terungkap.
Di dalam kelasnya, bahkan seluruh sekolah, sangat menghormatinya dan tidak ada yang berani bertingkah tidak sopan memanggil nama depannya Takumi. Semua menghormatinya sebagai "Usui-san" ("-san" sebagai panggilan kehormatan)
Dia memiliki rambut pirang, yang diwarisi dari ibunya, dan sangat tampan, sehingga bahkan beberapa anak laki-laki di SMA Seika tergila-gila padanya semata-mata karena itu.
Usui terbukti luar biasa berbakat di sejumlah bidang yang berbeda, termasuk memasak, biola, catur, seni bela diri dan etiket meja. Ia juga peraih juara 1 umum di SMA Seika dan merupakan atlet yang luar biasa. Namun, ia mengungkapkan sangat sedikit detail tentang dirinya secara sukarela sehingga cerita pribadi mengenai Usui sering sekali simpang siur dan terasa dilebih-lebihkan.
Usui juga siswa Seika pertama yang menemukan rahasia pekerjaan "pembantu" Misaki dan meskipun dia khawatir tentang kebiasaan kerjanya yang berisiko dan sering mengancam akan membeberkan rahasia tersebut, dia menolak alasan ingin memeras Misaki karena ia telah jatuh cinta dengan Misaki sejak pertama kali mereka bertemu. Meskipun ia kesulitan mengungkapkannya, Usui menjadi sangat cemburu dan bersikap sebagai anjing pribadi Misaki setiap kali lelaki lain mendapatkan perhatian Misaki.
Dia telah tertarik pada Misaki karena Misaki merupakan gadis pekerja keras yang dapat melintasi akal kewarasan Usui. Dia sering mengungkapkan perasaannya pada Misaki, sebagian besar dengan menggodanya, dan menyampaikan komentar mesum untuk melihat ekspresi lucu Misaki sehingga gadis itu memanggil dia dengan "alien berkelakuan menyimpang". Sebagai lelucon dalam seri ini, Misaki sering bertanya-tanya apakah Usui bahkan bukan manusia ketika dia selalu bisa melakukan segala hal, termasuk selamat, relatif tanpa cedera, dari kecelakaan fatal yang biasanya sangat melukai manusia normal.
Atas kedekatan yang semakin erat dengan Misaki dan desakan dari banyak masalah yang menghalangi hubungan mereka, Usui mengungkapkan bahwa dia adalah anak haram. Ibunya, wanita berdarah Jepang-Inggris, putri tunggal keluarga bangsawan Walker yang kaya dari Inggris, berselingkuh dengan seorang pria Jepang sembarangan saat ibunya berkelana ke seluruh dunia (kemudian terlambat diketahui Usui bahwa ayahnya adalah pelayan berkebangsaan Jepang yang melayani keluarga Walker, yang sangat dekat dengan ibunya); ibunya meninggal saat melahirkan. Untuk menyembunyikan asal-usulnya, kakek dari pihak ibunya di Inggris mengirim Usui untuk tinggal bersama sepupu dari pihak ibunya di Jepang, keluarga Usui, yang juga merupakan keluarga terhormat yang kaya dan terkenal. Walau diadopsi oleh sepupu ibunya, segala aspek masih dikendalikan oleh kakeknya, termasuk pendidikan Usui yang sebagian besar menjelaskan keunggulan akademisnya meskipun sebenarnya Usui merupakan anak dengan bakat alami.
Identitas yang mengandung darah keluarga Walker dan sematan nama keluarga Usui membatasi setiap gerak-gerik kehidupan Usui. Ia tidak dapat memalsukan identitasnya karena kemampuan tanpa batas yang ia miliki akan menimbulkan kecurigaan dan sebaliknya ia tidak dapat bergerak bebas bila identitasnya ketahuan. Namun Usui merasa hidupnya terlalu bosan dengan isolasi di rumah dan memohon untuk setidaknya dapat merasakan SMA. Ia kemudian secara acak memilih sekolah menengah standar dimana tidak ada seorangpun yang akan mengenal nama keluarga Usui dan Walker. Setelah SMA Seika terpilih secara acak, ia memilih tinggal sendiri di apartemen condominium mewah yang diberikan keluarga Usui dan memilih tinggal hanya dengan sebuah sofa, sebuah bantal, sebuah selimut, sebuah meja, dan peralatan makan dan memasak dasar.
Secara garis besar, terlepas dari sikap jahilnya, Usui mencintai Misaki dengan tulus. Namun latar belakang yang suram dan kekangan yang dirasakannya sebagai bangsawan tidak mendukung dirinya untuk dapat mencintai Misaki dengan leluasa. Usui tampak ingin menjalin hubungan dengan status yang serius, dia bahkan tidak pernah berhenti mengungkapkan dan menunjukkan ketulusan cintanya pada Misaki, namun ia takut perasaannya yang dalam akan merugikan Misaki karena "ketidaksetaraan" mereka. Maka dalam perjalanan memperjuangkan cintanya, Usui terpaksa meninggalkan Misaki demi melepaskan gelar dan keluarganya agar dapat menjadi orang biasa yang layak bagi Misaki.

Rumah Ayuzawa[sunting | sunting sumber]

Suzuna Ayuzawa (鮎沢 紗奈, Ayuzawa Suzuna)
Pengisi suara: Kaori Ishihara (Jepang); Jad Saxton (Inggris)
Adik perempuan Misaki. Dia sangat apatis dan menunjukkan sedikit atau tanpa emosi, meskipun sebenarnya agak perseptif dan dikenal karena humornya deadpan. Dia tidak bekerja di pekerjaan paruh waktu dan tampaknya berada di SMP. Suzuna memiliki hubungan persahabatan dengan Shintani, yang dia ingat ketika dia dan Misaki adalah teman masa kecil. Di anime, dia sering mengikuti kontes majalah dan sepertinya selalu memenangkan hadiah makanan. Penampilan pertamanya terjadi di bab 35 di manga, sementara dia adalah karakter yang sering muncul di anime. Dari bab 65 dan seterusnya, Suzuna menghadiri Seika High sebagai siswa baru. Sementara dia langsung populer dengan populasi laki-laki, sebagian besar anak laki-laki khawatir dia menjadi saudara perempuan Misaki dan mereka takut bahwa kepribadiannya yang santai adalah tipu muslihat. Juga ditunjukkan dalam bab-bab selanjutnya (terutama selama beberapa hari pertamanya di SMA Seika) bahwa Suzuna memiliki kasih sayang yang mendalam terhadap Hinata. Selama acara bab terakhir, dia menikahi Shintani Hinata.

Maid Latte[sunting | sunting sumber]

Satsuki Hyoudou (兵藤 さつき, Hyōdō Satsuki)
Pengisi suara: Rie Tanaka (drama CD), Aki Toyosaki (anime)[5] (Jepang); Julia Krohn (Inggris)
Manajer Café Latte dan bos Misaki; seorang wanita berusia 30 tahun yang memiliki kecenderungan untuk menyuarakan fantasinya. Dia adalah wanita yang ceria yang menikmati pekerjaannya karena memungkinkannya membuat orang lain bahagia. Dia sangat memahami keadaan Misaki, mengetahui bahwa Misaki tidak terlalu menikmati bekerja di kafe pembantu, dan memahami perasaan orang lain. Satsuki juga akhirnya mempekerjakan Usui sebagai koki paruh waktu, banyak yang membuat Misaki kecewa.
Aoi Hyoudou (兵藤 葵, Hyōdō Aoi)
Pengisi suara: Yuki Kaida (drama CD), Hiromi Igarashi (anime)[5] (Jepang); Luci Christian (Inggris)
Keponakan Satsuki, putra kakak laki-laki Satsuki, dan siswa SMP Seisen yang menikmati crossdressing. Dia suka "hal-hal lucu" dan menjadi pusat perhatian, tidak seperti seorang gadis muda. Fitur androgini-nya memungkinkan dia untuk lulus sebagai seorang gadis dan kepribadian wanitanya dikenal sebagai idola Internet yang lucu. Aoi senang bermain-main dengan perasaan laki-laki (mencoba melakukan itu pada Usui tetapi gagal karena Usui rupanya tahu bahwa dia laki-laki sejak awal), tetapi akhirnya diekspos sebagai bocah oleh Misaki. Dia umumnya pemarah, memiliki sedikit kesabaran dan sering mood swing, biasanya setelah melakukan sesuatu yang baik atau menunjukkan kasih sayang kepada seseorang dan tiba-tiba menjadi marah sesudahnya.
Misaki berada di bawah kesan bahwa dia membencinya; dia sering memarahinya karena selera mode yang buruk dan kekuatan yang tidak biasa. Dia kemudian berteriak pada Misaki karena tidak lebih menentukan tentang hubungannya dengan Usui dan untuk memimpin Shintani, bahkan jika dia melakukannya secara tidak sengaja. Memarahi inilah yang akhirnya mendorongnya mengakui kepada Shintani bahwa dia memang memiliki perasaan untuk Usui. Meski begitu, Aoi naksir Misaki, meskipun dia tidak mengaku karena dia bisa melihat dia mencintai Usui. Dia menikmati membuat gaun Misaki, dan berusaha lebih banyak dalam pakaiannya daripada yang lain. Dalam bab terakhir dari seri ini, Aoi kemudian menjadi desainer pakaian UxMishi dan bekerja di Eropa. Dia juga berkencan dengan Honoka.
Honoka (ほのか)
Pengisi suara: Kana Asumi[5] (Jepang); Jennifer Gilbert (Inggris)
Seorang karyawan berusia 20 tahun di Café Latte. Dia bisa menjadi agak gila tentang mendapatkan karakter untuk pekerjaannya dan mengkritik Misaki karena penolakan awalnya untuk bertindak bagian di luar rentang kenyamanannya, serta karena malu bekerja di Maid Latte dan menyembunyikannya dari teman-temannya. Juga ketika Honoka diminta untuk menggambarkan apa yang dia rasakan dan pikirkan tentang Misaki, dia mengatakan "benci, karena pekerjaan baiknya membuat dia terlihat buruk." Dia juga memiliki kebiasaan mengubah kejahatan, yang oleh anggota Maid Latte sebut Black Honoka (黒ほのか, Kuro Honoka). Kemudian dia menjadi manajer bar koktail pembantu. Dia juga berkencan dengan Aoi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Official Website for Maid-sama!". Viz Media. Diakses tanggal 5 November 2017. 
  2. ^ "s-book.net Library Service - 会長はメイド様!" (dalam bahasa Jepang). s-book.net/Hakusensha. Diakses tanggal 21 Oktober 2009. 
  3. ^ "Tokyopop Announces New Manga Titles (Update 2)". Anime News Network. 5 Juli 2008. Diakses tanggal 27 Agustus 2009. 
  4. ^ "Kaichou wa Maid-sama! Shōjo Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 21 Agustus 2009. Diakses tanggal 22 Agustus 2009. 
  5. ^ a b c d "TBSアニメーション・「会長はメイド様!」公式ホームページ / スタッフ&キャスト" (dalam bahasa Jepang). TBS. Diakses tanggal 22 Maret 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]