Spiral: The Bonds of Reasoning

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Spiral: The Bonds of Reasoning
スパイラル―推理の絆
(Spiral: Suiri no Kizuna)
Genre Detektif fiksi, Komedi, Romantis
Manga
Pengarang  Kyou Shirodaira
Ilustrator  Eita Mizuno
Penerbit  Square Enix
Penerbit bahasa Inggris Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Tokyopop (dahulu)
Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Yen Press (saat ini)
Demografi Shōnen
Majalah Monthly Shōnen Gangan
Tanggal Terbit Februari 2000Oktober 2005
Volume 15
Anime
Sutradara  Shingo Kaneko
Studio J.C.Staff
Pelisensi  Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Funimation Entertainment
Bendera Britania Raya MVM Films
Bendera Australia Madman Entertainment
Pelisensi  lainnya Bendera Kanada Bendera Amerika Serikat Funimation Entertainment
Bendera Britania Raya MVM Films
Bendera Australia Madman Entertainment
Rilis 1 Oktober 200225 Maret 2003
Manga
Spiral: Alive
Pengarang  Kyou Shirodaira
Ilustrator  Eita Mizuno
Penerbit  Square Enix
Demografi Shōnen
Majalah Gangan Wing, Shōnen Gangan
Tanggal Terbit April 2004June 2008
Volume 5
Portal Anime dan Manga

Spiral: The Bonds of Reasoning (スパイラル〜推理の絆 Spiral: Suiri no Kizuna) adalah seri manga shonen-misteri dengan 15 volume yang ditulis oleh Kyou Shirodaira dan diilustrasikan oleh Eita Mizuno. Buku ini diterbitkan oleh Enix dan kemudian oleh Square Enix dalam Shonen Gangan Bulanan dari Februari 2000 sampai Oktober 2005 dan dikumpulkan dalam 15 volume. Seri ini berfokus pada Ayumu Narumi dan upaya untuk memecahkan misteri Blade Children, anak-anak jenius yang terkutuk dengan ciri-ciri mata seperti kucing dan kehilangan tulang rusuk ketujuh. Serangkaian prequel oleh Shirodaira dan Mizuno, yang disebut Spiral: Alive, diterbitkan di Gangan Wing dan Shonen Gangan Bulanan dari April 2004 sampai Juni 2008 dan dikumpulkan dalam lima volume.

Spiral: The Bonds of Reasoning awalnya berlisensi untuk rilis dalam bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Tokyopop, namun perusahaan itu meninggalkan serialnya. Yen Press memperoleh lisensi untuk rilis di Amerika Utara, dan menerbitkan volume pertama pada bulan Oktober 2007.

Seri ini diadaptasi sebagai dua puluh lima episode siaran anime serial televisi di TV Tokyo dari tanggal 1 Oktober 2002 sampai dengan 25 Maret 2003. Anime berlisensi di Wilayah 1 oleh FUNimation, yang merilisnya pada DVD dan menyiarkannya di blok pemrograman Saluran FUNimation di TV Colours pada tahun 2006. Seri ini juga diadaptasi sebagai empat novel ringan dan serangkaian drama CD.

Plot[sunting | sunting sumber]

Spiral: The Bonds of Reasoning[sunting | sunting sumber]

Dua tahun lalu, kakak Ayumu Narumi, Kiyotaka, seorang detektif terkenal dan pianis, menghilang tanpa jejak. Satu-satunya petunjuk Ayumu untuk keberadaan saudaranya adalah frase "Blade Children," satu-satunya kata yang dapat dimengerti Ayumu dari percakapan telepon terakhir kakaknya itu. Sekarang, di SMA, Ayumu terlibat dalam memecahkan serangkaian pembunuhan dan insiden lain, yang kesemuanya berhubungan dengan Blade Children. Bersama dengan wartawan sekolahnya, Hiyono Yuizaki, dan bantuan yang enggan dari kakak iparnya, Madoka, Ayumu mencoba untuk mencari tahu siapa Blade Children dan apa tujuan mereka.

Blade Children adalah misteri sentral dari seri, yang hanya dikenal sebagai anak-anak terkutuk yang sebagian kecil dari mereka mengetahui tentang dan sedang dikejar oleh apa yang disebut Hunters. Mereka dibedakan oleh mata mereka yang seperti kucing (meskipun kurangnya beberapa fitur ini) dan dengan tulang rusuk kanan ketujuh yang hilang. Selama Ayumu menyidik ​​mereka, ia bertemu Blade Children Kousuke Asazuki, Rio Takeuchi, Eyes Rutherford, Ryoko Takamachi, dan Kanone Hilbert, dan diuji dengan berbagai cara oleh mereka. Mereka yang bertemu dengannya akhirnya menyimpulkan, beberapa dari mereka enggan, bahwa Ayumu memiliki apa yang diperlukan untuk "menyelamatkan" Anak Blade, seperti yang mereka katakan Kiyotaka klaim.

Serial animenya, yang menyesuaikan cerita melalui volume keenam manga, membandingkan Blade Children dengan burung kakatua, yang telah disimpan dalam "sarang" manusia untuk dibesarkan, dan menunjukkan bahwa kakatua-kakatua itu menjadi gila dan keras menjelang akhir hidup mereka. Kelanjutan dari serial manganya, menggambarkan penemuan Ayumu mengenai asal usul Blade Children, hubungan mereka dengan Kiyotaka, dan mengapa kakaknya berpikir Ayumu mungkin menjadi penyelamat mereka.

Beberapa puluh tahun yang lalu, seorang pria bernama Yaiba Mizushiro lahir dengan satu tulang rusuk yang hilang dari tulang rusuk kanannya. Seperti Kiyotaka, ia unggul dalam segala hal yang mana ia memilih untuk menekuninya. Ketika ia berumur dua puluh tiga, Yaiba mulai membentuk komunitas rahasianya sendiri , yang cepat tumbuh sehingga cukup kuat untuk memanipulasi peristiwa dunia. Mengutip kebosanan, Yaiba memprakarsai "Proyek Blade Children": menggunakan teknik in vitro dan DNA-nya, ia menciptakan delapan puluh anak yang memiliki tulang rusuk dihapus dari masing-masing saat lahir sebagai tanda hubungan mereka dengan Yaiba. Blade Children ini dikutuk dengan cara yang sama dengan Yaiba, yaitu: mereka akan tumbuh sebagai jenius di bidang mereka sendiri, tapi suatu hari darah mereka akan "terbangun" sebagaimana pembunuh dan mengambil alih diri mereka, dan mereka akan menjadi Avatar dari Yaiba. Organisasi Yaiba dibagi menjadi tiga pihak selama Proyek Blade Children:

  • The Savers mendukung tujuan Yaiba dan keinginan untuk menciptakan lebih banyak Blade Children. Dengan kematian Yaiba, mereka berusaha melindungi masa depan yang belum ditentukan.
  • The Watchers netral, ingin mengamati generasi pertama Blade Children dan mengumpulkan hasil pertama.
  • The Hunters menentang Yaiba, dan mencoba beberapa kali untuk membunuhnya, tapi berulang kali gagal. Setelah kematian Yaiba, mereka bekerja untuk menghilangkan Blade Children karena secara kodrati, mereka berpotensi berbahaya.

Ketika Yaiba berumur tiga puluh enam, seorang pria Jepang datang entah dari mana dan mudah membunuhnya: Kiyotaka Narumi, antitesis Yaiba - jika Yaiba adalah seorang perusak, Kiyotaka adalah seorang pencipta. Yaiba berniat untuk membuat kembali dunia harfiah menurut gambarannya, dengan kematiannya, proyek Blade Children dihentikan. Kiyotaka memiliki kesempatan mencoba menghentikan Hunters dari membunuh Anak Blade, ketika mencoba untuk memeriksa Savers pada waktu yang sama.

Sebagaimana Kiyotaka dan Yaiba dikaitkan, Ayumu akhirnya bertemu antitesisnya sendiri: Hizumi Mizushiro, adik Yaiba, dan orang yang akan membangkitkan darah Blade Children yang tersisa. Saat Ayumu mulai mengenal dan berteman dengan Hizumi, ia mulai menerima bahwa kekuatannya sendiri adalah sekuat Kiyotaka dan perannya sebagai penyelamat Blade Children, mengarah ke konfrontasi akhir yang menyelesaikan segalanya sekali dan untuk semua.

Spiral: Alive[sunting | sunting sumber]

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Ayumu Narumi (鸣 海 歩 Ayumu Narumi) Protagonis Spiral, Ayumu sangat cerdas, tetapi sangat tertutup dan peragu. Dia takut bahwa dia tidak bisa melebihi saudaranya sendiri lebih tua sempurna dan meragukan dirinya sampai ia yakin ia tidak bisa melakukan apa-apa lagi tanpa bertindak seperti saudaranya. Dia adalah seorang pianis berbakat seperti Kiyotaka, koki yang sangat baik, dan sangat peduli pada kakak iparnya Madoka. Dia merasakan kasih sayang terhadap Madoka, tapi berhenti ketika Kiyotaka menikah Madoka. Ayumu juga merupakan satu-satunya harapan untuk Blade Children dan kelangsungan hidup mereka.

Hiyono Yuizaki (結崎 ひよ の Yuizaki Hiyono) Jurnalis sekolah terkenal, Hiyono berwatak ceria dan energik, sebagai teman kepercayaan Ayumu, selalu menempel di sisinya. Sangat pintar dan cepat berpikir, kepercayaan dirinya berbatasan berbahaya pada terlalu percaya diri. Dia ekstrovert dan bertolak belakang dengan Ayumu. Keahliannya dengan komputer sama menakjubkan dengan kemampuan hackingnya dan dia memiliki akses ke lebih dari seratus sumber daya. Dia sering memeras Wataya, dan sangat menyukai masakan Ayumu. Hiyono juga merupakan salah satu dari sedikit orang yang sepenuh hati percaya pada Ayumu, dia juga memiliki banyak kepercayaan dan kesetiaan dalam dirinya yang terbawa pada seluruh seri. Dia bersekolah di Sekolah Tinggi Tsukiomi bersama dengan Narumi Ayumu. Kemudian, terkuak bahwa ia sebenarnya adalah mata-mata Kiyotaka Narumi yang disuruh untuk berteman dan membantu Ayumu keluar. Dia juga berbohong tentang usianya, dia sebenarnya lebih tua dari apa yang dikatakan.

Rutherford Eyes (アイズ • ラザフォード Eyes Rutherford) Pianis kelas dunia berumur 17 tahun, dan dia hanya kalah dari Kiyotaka Narumi, kakak Ayumu Narumi. Dia adalah salah satu Blade Children, Eyes adalah seperempat orang Inggris dan debut di dunia musik pada usia 14. Dia sangat peduli terhadap Blade Children dan akan melakukan apa pun bagi mereka untuk bertahan hidup. Dia sangat setia pada kata-kata Kiyotaka dan tampaknya adalah yang paling percaya pada Ayumu, karena setelah semua, dia adalah tiruan dari Kiyotaka Narumi. Eyes tahu lebih banyak daripada Blade Children yang lain, bisa memegang rahasia, dan selalu menyimpan perasaannya.

Kanone Hilbert (カノン • ヒルベルト Kanone Hilbert) Seorang Blade Children dengan kepribadian ganda. Dia bisa menjadi lucu dan ramah, atau manipulatif dan gila. Dia sangat dekat dengan Eyes. Dia akan menangis ketika Eyes tidak bisa, ketika mereka masih muda, tetapi persahabatan mereka berantakan saat mereka tumbuh dewasa dan mengembangkan pendapat yang jauh berbeda tentang nasib Blade Children. Kanone akan pergi sejauh yang dia bisa untuk membunuh orang-orang yang memberi Blade Children harapan palsu, untuk membuktikan kepada Eyes dan Blade Children mereka tidak memiliki harapan. Kanone bahkan bersedia bekerja dengan Hunters untuk membuktikan kepada Blade Children bahwa mereka tidak memiliki harapan. Dia tidak percaya bahwa Blade Children dapat diselamatkan dari nasib mereka. Kemudian di manga ia mendapatkan kembali kewarasannya dan percaya Ayumu dapat menyelamatkan Blade Children dari nasib yang mengerikan. Tepat ketika ia akhirnya percaya mereka semua dapat diselamatkan, Hizumi membunuhnya, ia mengatakan kepada Ayumu untuk menggunakan kematiannya sebagai sebuah kesempatan. Dia juga adalah seorang ahli dalam pertempuran, ia mengajari semua Blade Children bagaimana untuk bertarung.

Hizumi Mizushiro (ミズシロ 火 澄 Mizushiro Hizumi) Dia hanya muncul di manga, dan merupakan 'adik' dari Yaiba Mizushiro. Hizumi adalah kebalikan Ayumu dalam segala hal. Dia jahat dan manipulatif, meskipun ia dan Ayumu berteman dengan sangat baik pada pertemuan awal mereka. Sebenarnya ia adalah musuh yang sangat berbahaya bagi Ayumu. Dia memiliki kepribadian yang mirip dengan Kanone. Dia energik dan memiliki sifat bersalah tentang dirinya. Dia selalu tersenyum dan biasanya disukai oleh orang-orang yang tidak berhubungan dengan Blade Children, tapi itu sebenarnya adalah kedok untuk menutupi kepribadiannya yang asli, ia adalah anak yang kesepian dan hanya memahami keputusasaan.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Spiral: The Bonds of Reasoning diserialisasikan oleh Enix di majalah Shonen Gangan Bulanan dari bulan Februari 2000 sampai dengan bulan Oktober 2005, dan dikumpulkan dalam 15 tankobon. Komik ini diberi lisensi di Amerika Utara pada tahun 2005 oleh Tokyopop, dengan volume pertama dijadwalkan untuk dipublikasikan pada Oktober 2005.


No. Japanese North American
Tanggal rilis ISBN Tanggal rilis ISBN
1 February 22, 2000[1] ISBN 978-4-7575-0175-1 October 17, 2007 ISBN 978-0-7595-2341-8
  • 1. The Invisible Murderer in the Balcony (First Half)
  • 2. The Invisible Murderer in the Balcony (Last Half)
  • 3. Arrow of Revenge
  • 4. The Room with the Special Lock (part 1)
  • 5. The Room with the Special Lock (part 2)
2 July 22, 2000[1] ISBN 978-4-7575-0271-0 January 9, 2008 ISBN 978-0-7595-2407-1
  • 6. The Room with the Special Lock (part 3)
  • 7. Explosion Incident
  • 8. Mysterious Rib Bone
  • 9. The Happiness of the Believer (part 1)
  • 10. The Happiness of the Believer (part 2)
3 December 20, 2000[1] ISBN 978-4-7575-0370-0 April 22, 2008 ISBN 978-0-7595-2637-2
  • 11. The Strength of Youth
  • 12. vs. Rio
  • 13. Break Through the Heavily Guarded Net
  • 14. The Choice of the Believer
4 June 22, 2001[1] ISBN 978-4-7575-0468-4 July 15, 2008 ISBN 978-0-7595-2834-5
  • 15. The Follower's Decision
  • 16. The Loser's Day
  • 17. 5 O'Clock Thunder
  • 18. A Cold Equation
  • 19. All That You Can Do
5 October 22, 2001[1] ISBN 978-4-7575-0557-5 October 28, 2008 ISBN 978-0-7595-2835-2
  • 20. Only One Way to Disappear
  • 21. Good Night Sweet Hearts
  • 22. Dried Eyes
  • 23. Night Comes Again
  • 24. Moving Target
  • 25. Like a Swan
6 April 22, 2002[1] ISBN 978-4-7575-0678-7 January 6, 2009 ISBN 978-0-7595-2913-7
  • 26. Distant Dawn
  • 27. Waltz into Darkness
  • 28. Death Is My Dancer
  • 29. Black Angel
  • 30. Dark Path of Terror
  • 31. The Mocker's Position
7 September 21, 2002[1] ISBN 978-4-7575-0790-6 April 30, 2009 ISBN 978-0-7595-2914-4
  • 32. The Sound of a Cookie Crumbling
  • 33. The Existence of the Glass Box
  • 34. Who Knows Heaven's Fate
  • 35. La Campanula
  • 36. The Darkness Must Not Fall
8 January 22, 2003[1] ISBN 978-4-7575-0854-5 July 2009 ISBN 978-0-7595-2915-1
  • 37. The Game of Rat and Dragon
  • 38. The Scanner of Darkness
  • 39. Brothers
  • 40. The Choice of Life
9 July 22, 2003[1] ISBN 978-4-7575-0982-5 October 2009 ISBN 978-0-7595-2916-8
  • 41. Ritual of Surrender
  • 42. The Mote in God's Eye
  • 43. Time for Love
  • 44. Is Shroedinger's Cat Alright?
  • 45. The Eagle Has Swooped Down
  • Bonus: The Great Detective, Narumi Kiyokata: Kohinata Kurumi's Challenge
10 December 22, 2003[1] ISBN 978-4-7575-1099-9 January 2010 ISBN 978-0-7595-2917-5
  • 46. Childhood's End
  • 47. Your Fighting Song
  • 48. The Temporary Life Now
  • 49. Curtain Fall
  • 50. The War Is Over, the End of the World Begins
11 April 22, 2004[1] ISBN 978-4-7575-1186-6 April 2010 ISBN 978-0-7595-2918-2
  • 51. Reaching Tomorrow
  • 52. The Creator's Choice
  • 53. Blood Music
  • 54. The Human's Hand Hasn't Been Touched Yet
  • 55. The Enemy on the Board
  • 56. As a Person Who Doesn't Believe in Spite of That
12 August 21, 2004[1] ISBN 978-4-7575-1252-8 July 2010 ISBN 978-0-7595-2919-9
  • 57. The Two Faces of the Future
  • 58. The Doors of His Face, the Lamps of His Mouth
  • 59. The Weirdness of Them Being Here
  • 60. And What I Was Afraid of Became Worse
  • 61. Walking Beneath the Days
13 April 22, 2005[1] ISBN 978-4-7575-1366-2 October 2010 ISBN 978-0-7595-2920-5
  • 62. Holy Invasion
  • 63. Wing's Rustle
  • 64. In a Graceful Hand That Can Go Out of Order
  • 65. Toward the Zeroth Hour
  • 66. The Lost World
14 September 22, 2005[1] ISBN 978-4-7575-1521-5 January 2011 ISBN 978-0-7595-2921-2
  • 67. The Paradox of the Twins
  • 68. The Freedom of Happiness
  • 69. The Duo's Sky
  • 70. In Your Darkness
  • 71. The Song Sung During the Day You Parted Ways (part 1)
15 January 21, 2006[1] ISBN 978-4-7575-1605-2 April 2011 ISBN 978-0-7595-2922-9
  • 72. The Song Sung During the Day You Parted Ways (part 2)
  • 73. Headed for Babel
  • 74. Only One Certain Thing
  • 75. God's Beautiful World
  • 76. Softly, The Wing's Decoration
  • 77. If All Is As It Should Be, There Will Be Many Good Days (Final Chapter)


Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l m n o "作家名別出版物一覧「ま」" (dalam bahasa Jepang). Square Enix. Diakses February 13, 2013. 


[1]






  1. ^ ==Pranala luar==
    • {{ann|manga|4124}} * [http://yenpress.us/?page_id=134 ''Spiral''] at [[Yen Press]]
    * [http://funimation.com/spiral/ ''Spiral''] at [[Funimation Entertainment|Funimation]]
    • [http://www.sonymusic.co.jp/Animation/spiral/ ''Spiral''] at [[Aniplex]] {{ja icon}}