Kucing belang tiga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Calico cat (Felis silvestris catus)
Seekor kucing dengan warna bulu belang tiga.

Kucing belang tiga, kucing tiga warna, kucing telon atau kucing kaliko (Inggris: Calico cat) adalah kucing domestik yang memiliki pola bulu tutul atau berwarna parti yang didominasi olah warna putih, dengan warna belang dari dua warna lain (seperti warna oranye dan hitam). Di luar Amerika Utara, pola ini lebih biasa disebut dengan sebutan tempurung kura-kura-dan-putih. Di provinsi Quebec, mereka kadang-kadang menyebutnya dengan sebutan chatte d'Espagne (Bahasa Perancis untuk 'kucing (betina) dari Spanyol'). Nama lain dari kucing ini adalah mi-ke atau 未-毛 (Bahasa Jepang untuk 'kucing belang tiga') dan lapjeskat (Bahasa Belanda untuk 'kucing belang'); kucing belang tiga dengan warna dilusiannya dipanggil dengan sebutan kucing Calimanco atau harimau dahan. Kadang-kadang, kucing belang tiga dikombinasikan dengan pola bulu kucing. Kucing belang tiga dengan belang tabby disebut dengan caliby.[1]




Dua ekor kucing betina yang menggambarkan perbedaan antara warna bulu belang tiga polos dengan "dilusi".
Kucing belang tiga dilihat dari atas.
Seekor kucing caliby muda, atau disebut juga tabby belang tiga.

"Belang tiga" hanya merujuk pada pola warna pada bulu kucing, bukan ras kucing.[2] Hal ini tidak masuk ke dalam daftar ras. Ras kucing yang dapat memiliki belang tiga adalah ras Manx, American Shorthair, British Shorthair, Persia, Japanese Bobtail, Exotic Shorthair dan Turkish Van.

Hal ini karena penentuan genetik dari beberapa warna bulu pada kucing ini berhubungan dengan kromosom X. Kucing belang tiga hampir selalu dimiliki oleh kucing betina,[2][3] sehingga kucing jantan dengan belang tiga menjadi langka, dan umumnya hal ini karena kucing jantan memiliki gangguan vitalitas dan hampir selau steril.

Cerita rakyat[sunting | sunting sumber]

Maneki neko dengan tangan kanan diangkat.

Kucing belang tiga diyakini membawa keberuntungan dalam cerita rakyat dari berbagai budaya.[4] Di Amerika Serikat, kadang-kadang kucing ini disebut dengan kucing uang.[5] Bahkan patung kucing bernama Maneki Neko dari Jepang yang diyakini membawa keberuntungan ini juga memiliki tiga warna (kucing belang tiga) pada bulunya.[6] Selain itu, kucing belang tiga juga adalah kucing yang terkenal di negara bagian Maryland di Amerika Serikat.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Cat Colors FAQ: Common Colors - Torties, Patched Tabbies and Calicos. Cat Fanciers Chat. Diakses 25 Juni 2014.
  2. ^ a b (Inggris) Richard Robinson. "Mosaicism". Genetics. New York: Macmillan Reference USA, 2003. 76-80.
  3. ^ (Inggris) calico cat. Encyclopædia Britannica. Diakses 25 Juni 2014.
  4. ^ (Inggris) Sarah Hartwell (1995). Feline Folktails - Cats in Folklore and Superstition. The Messybeast. Diakses 25 Juni 2014.
  5. ^ (Inggris) Finegan, Edward; Rickford, John (2004). "Language in the USA: Themes for the Twenty-first Century". Pers dari Universitas Cambridge. Diakses 22 January 2009. 
  6. ^ Berkas:Maneki-neko-ja.jpg. Wikipedia Bahasa Indonesia. Diakses 25 Juni 2014.
  7. ^ (Inggris) Maryland State Cat - Calico Cat. Maryland Manual On-Line. Diakses 25 Juni 2014.