Komunitas Meditasi Tergar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Komunitas Meditasi Tergar adalah sebuah komunitas meditasi Buddhis yang dipimpin oleh master meditasi Tibet dan penulis buku terlaris Yongey Mingyur Rinpoche.[1][2]

Tergar (གཏེར་སྒར་) berarti "perkemahan pengungkap pusaka".[3]

Silisilah[sunting | sunting sumber]

Tergar sebagian besar merupakan keturunan dari silisilah Buddhis Tibet Karma Kagyu, dan pada tingkat yang lebih rendah dari silsilah Nyingma.[4][5] "Ter" berarti harta karun dalam bahasa Tibet, yang berarti praktik dan kebijaksanaan untuk memperoleh potensi terbesar kita, meringankan penderitaan, dan mencapai pencerahan. "Gar" berarti mengumpulkan. Dengan demikian, "Tergar" adalah tempat di mana orang-orang berkumpul untuk memungkinkan transformasi.

Silsilah Karma Kagyu diwariskan melalui para Karmapa, Tai Situ Rinpoche, dan inkarnasi dari Mingyur Rinpoche. Silsilah Nyingma diwariskan melalui ajaran-ajaran pusaka (terma) dari para master Kagyu dan Nyingma.

Mazhab pertama dari silsilah Tergar dimulai pada akhir tahun 1600-an oleh Mingyur Rinpoche ke-1, seorang yogi pengembara, dan dua putranya yang merupakan tulku. Mereka terlebih dahulu berkumpul di sebuah tenda di sebuah kamp (gar) dan kemudian di sebuah biara yang mereka bangun, Tergar Rigdzin Kacholing di Tibet timur dekat Derge. Putra-putranya memimpin biara ini dan Mingyur Rinpoche ke-1 melakukan perjalanan dan mengajar "terma" Kagyu, Pema Benza, Dorje Drolo, dan Perpaduan Kebijaksanaan dan Metode Praktik Panjang Umur. "Terma-terma" ini telah dimiliki dan diwariskan oleh para inkarnasi dari Tai Situ Rinpoche dan Karmapa. Naskah-naskah Tibet telah dihancurkan oleh pemerintah Tiongkok, sehingga silsilah dan sejarah Tergar awal telah hilang dalam prosesnya.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Joy of Living (Keceriaan Hidup)[sunting | sunting sumber]

Publikasi lainnya[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About the Tergar Meditation Community". Tergar.org. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  2. ^ Stephan Bodian (31 July 2012). Meditation For Dummies. John Wiley & Sons. hlm. 456. ISBN 978-1-118-33179-8. Diakses tanggal 30 May 2013. 
  3. ^ Je Tukyi Dorje; Surmang Tendzin (Rinpoche.) (November 2006). Chariot of the Fortunate: The Life of the First Yongey Mingyur Dorje. KTD Publications. hlm. 86. ISBN 978-0-9741092-7-5. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  4. ^ "Tergar Lineage". Tergar.org. Diakses tanggal May 30, 2013. 
  5. ^ "Lineage history". Tergar.org. Diakses tanggal May 30, 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]