Jokhang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kuil Jokhang, tempat bersemayamnya Rupang yang diagungkan di Tibet

Jokhang, (Tibet: ཇོ་ཁང་Wylie: Jo-khang; Tionghoa: 大昭寺; pinyin: Dàzhāosì), disebut juga Qokang, Jokang, Kuil Jokhang, Vihara Jokhang atau Tsuklakang (gTsug lag khang) , adalah kuil Agama Buddha pertama di Tibet, berada di Dataran Barkhor di kota Lhasa. Tempat ini dibangun pada pemerintahan raja Songsten Gampo antara 605?-650 SM guna memperingati pernikahannya dengan putri Wencheng dari Dinasti Tang Cina, yang adalah seorang pemeluk Agama Buddha. Vihara ini juga disebut dengan panggilan Tsulag Khang atau 'Rumah Kebijaksanaan' tetapi sekarang ini lebih dikenal dengan sebutan Jokhang yang berarti 'Rumah Sang Buddha'.[1]

Bagi sebagian besar rakyat Tibet, tempat ini merupakan tempat yang sangat di hormati dan merupakan sebuah vihara penting di Tibet. Yang mana dianut oleh sebagain umat, akan tetapi sekarang ini diatur oleh mazhab Gelug.

Bersama-sama dengan Istana Potala, tempat ini memiliki daya tarik tersendiri di kota Lhasa. Vihara ini juga merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO "Ansambel Sejarah Istana Potala" dan pusat spiritual kota Lhasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Norbu, Thubten Jigme and Turnbull, Colin. Tibet: Its History Religion and People, p. 143. (1968). Chatto & Windus. Reprint: (1987) Penguin Books, England.