Padmasambhava

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Padmasambhava dalam sebuah lukisan dinding di Paro-Bhutan

Padmasambhava (Tibet:པདྨ་འབྱུང་གནས;Wylie:padma 'byung gnas ; Hanyu:蓮華生上師; Pinyin:Lian Hua Sheng Shang Shi) Ia yang terlahir dari Bunga Teratai, ia dianggap membawa masuk pengaruh Agama Buddha Mazhab Tantra (Tantric) ke Bhutan dan Tibet pada abad ke 8. Di kedua tempat tersebut, ia lebih sering dikenal dengan sebutan Guru Rinpoche ("Guru Mulia") atau Lopon Rinpoche.[1] Para pengikut mazhab Nyingma menghormatinya sebagai Buddha kedua. Ia mengatakan:

Ayahku adalah kesadaran hakiki, Samantabhadra.

Ibuku adalah bagian inti dari kenyataan, Samantrabhadri.
Saya milik sebuah kasta non-dualitas akan kawasan dan kesadaran.
Nama saya adalah Yang Mulia Terlahir dari Teratai, Padmasambhava.
Saya berasal dari kawasan semua gejala yang belum terlahirkan.
Saya memakan konsep dualitas sebagai makanan.
Saya bertindak di jalan Para Buddha yang ketiga kalinya.

—Padmasambhava

Disamping terlahir dalam keluarga Brahmana, [2] ia juga dipercaya berkuasa atas surga bernama "Zangdok Palri" (Gunung berwarna Tembaga).[3] [4]. Ia juga seringkali dianggap sebagai rintisan Buddha Amitabha[5] dan menurut tradisi diagungkan sebagai "Buddha kedua".[6]

Nama lain[sunting | sunting sumber]

Rupang Guru Rinpoche sebagai Patron Saint di Sikkim, India. Patung yang berada di Namchi merupakan patung santo/orang suci tertinggi di dunia dengan ukuran 36 metres (120 ft).
  • Padmasambhava
  • Guru Rinpoche
  • Orgyen Guru
  • Loppon Rinpoche
  • Padum
  • Padmakara
  • Saroruha Vajra

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Norbu, Thubten Jigme and Turnbull, Colin. (1969) Tibet: Its History, Religion and People, p. 155. Chatto & Windus. Reprint: Penguin Books (1987), p. 162.
  2. ^ (Inggris) Dowman, Keith. Masters of Mahāmudrā: Songs and Histories of the Eighty-Four Buddhist Siddhas. p 345. http://books.google.com/books?id=okPNx4B1eoEC&printsec=frontcover Accessed 17 November 2008.
  3. ^ (Inggris)Dudjom Rinpoche: Ia senantiasa berdoa agar semua yang melihatnya, mendengarnya, datang bertemu dan bahkan memikirkannya akan terbebaskan dari penderitaan. Sudah ditakdirkan bahwa semua yang berlindung padanya atau siapapun dengan hubungan apapun dengannya akan terlahir di Alam Murni Padmasambhava yang dikenal sebagai "Zangdok Palri" (Gunung berwarna Tembaga).
  4. ^ Homepage of Padmasambhava's Pureland
  5. ^ (Inggris)The Emergence of Buddhism By Jacob N. Kinnard (Page 89)
  6. ^ Holy People of the World By Phyllis G. Jestice (Page 668)