KFC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kentucky Fried Chicken)
Langsung ke: navigasi, cari
KFC
Jenis Anak Perusahaan (Cabang)
Industri/jasa Restoran
Didirikan 1930 (asli) 1952 (monopoli)
Pendiri Harland Sanders
Kantor pusat

1441 Gardiner Lane, Louisville, Kentucky, (Operational Headquarters)

Delaware, (Incorporation)
Jumlah lokasi 17,000 (2012)
Tokoh penting David C. Novak, Kepala dan CEO dari Yum! BrandsRoger Eaton, Kepala dan CEO KFC
Produk Ayam goreng, Ayam Panggang, Kentang Goreng, Minuman bersoda, Salad, Makanan penutup
Pendapatan US$ 9.2 billion (2011)
Karyawan 455,000 (2010)
Slogan Follow your taste (2006–2010)
So good (2010–sekarang)
Induk Yum! Brands
Situs web http://www.kfc.com/

KFC (dulu dikenal dengan nama Kentucky Fried Chicken) adalah suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC dikenal terutama karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam bucket.

Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di pom bensin miliknya pada tahun 1939 di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia (restoran pertamanya tidak menggunakan nama tersebut). Sanders menjual seluruh waralaba KFC pada tahun 1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah dijual kembali sebanyak tiga kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo, yang menggabungkannya ke dalam divisi perusahaan Tricon Global Restaurants yang sekarang dikenal sebagai Yum! Brands, Inc. Pada tahun 1997, Tricon terpisah dari PepsiCo.

Di Indonesia, pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk (IDX:FAST ) yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]