Joseph Theodorus Suwatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Mgr. Joseph Theodorus Suwatan
Gereja Gereja Katolik Roma
Keuskupan Manado
Pendahulu Theodorus Hubertus Moors
Penugasan
Penahbisan 8 Januari 1969
Konsekrasi 29 Juni 1990
oleh Mgr. Francesco Canalini
Data diri
Nama lahir Joseph Theodorus Suwatan
Lahir 10 April 1940
Tegal, Jawa Tengah
Kewarganegaraan  Indonesia
Denominasi Katolik Roma
Kediaman Keuskupan Manado
Motto Credidimus Caritati (Yoh. 4:16)
(Kita telah mengenal dan telah percaya akan cinta Allah kepada kita)

Mgr. Joseph Theodorus Suwatan, M.S.C. (lahir di Tegal, Jawa Tengah, Hindia-Belanda, 10 April 1940; umur 74 tahun) adalah Uskup Manado. Ia ditahbiskan menjadi imam dari Ordo Misionaris Hati Kudus pada 8 Januari 1969. Ditahbiskan menjadi Uskup Manado pada 29 Juni 1990.

Uskup Suwatan banyak berperan dalam ikut meredakan kerusuhan di Poso, Sulawesi Tengah. Pada tahun 2001 ia mengimbau komunitas internasional agar mencegah terjadinya genosida di Poso. Ia juga memimpin perayaan Ekaristi untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Romo Tarcisius Dewanto, S.J., anggota Serikat Yesus Provinsi Indonesia yang ikut menjadi korban tindak kekerasan di Timor Timur, di kompleks Gereja Nossa Senhora de Fatima, Suai pada tanggal 6 atau 7 September 1999.

Sebelum itu, dalam kedudukannya sebagai ketua KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) - dan dalam kaitan dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia pada tahun 1999 - ia menulis pernyataan keras mengecam para pemimpin negara yang gagal melayani kepentingan rakyat, serta menyerukan diakhirnya korupsi yang meluas di lingkungan pemerintah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Theodorus Hubertus Moors
Uskup Manado
1990kini
Petahana