James Doohan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
James Doohan pada tahun 1997.

James Montgomery Doohan (Vancouver, 3 Maret 1920–Redmond, Washington, 20 Juli 2005) adalah aktor dari Kanada yang paling dikenal karena memerankan Scotty dalam serial televisi dan film Star Trek.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Doohan dilahirkan di Vancouver, British Columbia sebagai anak bungsu dari empat bersaudara dari William dan Sarah Doohan, pengungsi Katolik dari daerah Belfast yang mayoritas Protestan dalam perang Inggris-Irlandia. Keluarga ini kemudian pindah ke Sarnia, Ontario di mana Doohan bersekolah di Sarnia Collegiate Institute and Technical School (SCITS). Di sekolah ini ia meraih prestasi dalam matematika dan ilmu pengetahuan alam. Ayah Doohan yang bekerja sebagai dokter gigi, apoteker dan dokter hewan, dikatakan sebagai penemu bensin beroktan tinggi di 1923, tapi menurut otobiografi Doohan adalah seorang pemabuk yang sering menyiksa keluarganya.

Pada awal Perang Dunia II, ketika berumur 19, Jimmy Doohan bergabung dengan Royal Canadian Artillery dan ditugaskan sebagai letnan di Winnipeg Rifles, 13th Field Regiment, D Company, bagian dari 3rd Canadian Infantry Division yang dikirim ke Inggris pada 1940 untuk latihan taktik serangan pantai. Pertempuran pertamanya adalah pada invasi Normandia di Pantai Juno pada tanggal 6 Juni 1944 (D-Day). Setelah menembak dua sniper, Doohan memimpin pasukannya ke atas bukit melalui ranjau dan bertahan semalaman. Ketika melewati pos jaga sekitar jam 11:30 malam itu, Doohan ditembak enam kali oleh senapan mesin pasukan Jerman: dua di kakinya, satu di dada dan satu di jari tengahnya. Peluru di dada menghantam kotak rokoknya yang terbuat dari perak dan ia terselamatkan dari maut. Tapi jari tengahnya harus diamputasi, dan dalam film ia biasanya menyembunyikan hal ini. Walaupun terluka, Doohan tetap menjadi prajurit dan dilatih sebagai pilot untuk Royal Canadian Air Force, dan menerbangkan pesawat pengamatan. Sebagai penerbang ia dijuluki "pilot paling gila di Angkatan Udara Kanada".

Setelah perang usai, Doohan memulai karier seni perannya karena prihatin akan kualitas drama radio. Ia mempelajari Shakespeare, dan mulai bekerja di radio CBC pada tanggal 12 Januari 1946. Ia mempelajari drama di Toronto, dan kemudian memenangkan beasiswa dua tahun di Neighborhood Playhouse di New York City, dengan rekan sekelas seperti Leslie Nielsen, Tony Randall dan Richard Boone. Selama beberapa tahun ia bolak-balik Toronto-New York karena tuntutan kerja. Selama periode ini Doohan tampil dalam sekitar 4000 acara radio dan 400 acara televisi dan meraih reputasi sebagai aktor serba bisa. Di antara acara-acara yang ia bintangi adalah The Twilight Zone, Outer Limits dan Fantasy Island.

Ia menghadiri audisi untuk peran engineer dalam Star Trek untuk stasiun televisi NBC pada 1966. Sebelum ini ia sudah terkenal dengan kepandaiannya meniru berbagai dialek untuk penampilannya di radio dan televisi. Ketika ditanya aksen apa yang akan ia gunakan untuk Scotty, ia menjawab Skotlandia karena "semua engineer terbaik di dunia adalah orang Skotlandia." Walaupun aksennya bakal dikenali orang asli Skotlandia sebagai tidak asli, ia mendapat peran itu. Ia kemudian diberi gelar doktor kehormatan dari Milwaukee School of Engineering.

Dalam masa tuanya ia menderita penyakit Alzheimer. Penampilan umumnya yang terakhir adalah pada 2004 di Star Trek Convention Los Angeles di mana ia dianugerahi bintang di Hollywood Hall of Fame.

Ia menikah tiga kali: pertama dengan Janet Young, pernikahan ini menghasilkan empat anak Larkin, Deirdre, dan kembar Christopher dan Montgomery; kedua dengan Anita Yagel dengan menghasilkan dua anak lagi. Pada 1974 ia menikahi Wende Braunberger dan mereka dikaruniai dua anak laki-laki (Eric dan Thomas) dan satu perempuan (Sarah yang dilahirkan ketika Doohan berusia 80 tahun). Ia didampingi istrinya ketika meninggal.

Star Trek[sunting | sunting sumber]

Doohan sejak kecil memiliki bakat untuk meniru aksen asing. Ketika audisi untuk Gene Roddenberry untuk serial Star Trek, Doohan meniru beberapa aksen. Ketika ditanya Roddenberry, ia memilih aksen Skotlandia. Karena itulah ia mendapat peran orang Skotlandia, Montgomery Scott. Dalam berbagai Star Trek convention, Doohan mendemonstrasikan beberapa kemungkinan aksen yang dapat dimiliki Scotty. Ketika Roddenberry memproduksi Star Trek: The Animated Series di awal 1970-an, kemampuan Doohan untuk meniru berbagai suara digunakan untuk berbagai karakter tamu di serial itu, termasuk Robert April, kapten pertama Enterprise.

Karakter Scotty pada awalnya dimaksudkan untuk tampil kadang-kadang saja, namun dalam perkembangan selanjutnya ia menjadi semakin penting sebagai awak dengan peringkat ketiga tertinggi setelah Captain James T. Kirk dan Spock.

Setelah seri ini berakhir, Doohan merasa ia terjebak dalam peran-peran yang serupa dan kesulitan mendapatkan peran yang lain. Ia tampil secara singkat di berbagai acara televisi kanak-kanak. Pendapatannya ditunjang oleh penampilan-penampilan pribadi. Ketika Star Trek dihidupkan kembali, Doohan dapat kembali bekerja sebagai aktor. Ia kembali memainkan Scotty di tujuh film Star Trek dan satu peran tamu dalam Star Trek: The Next Generation.

Bahasa Klingon dan Vulcan[sunting | sunting sumber]

Dengan kemampuan vokalnya yang tinggi, Doohan merancang bahasa Vulcan dan bahasa Klingon untuk digunakan dalam Star Trek: The Motion Picture. Bahasa Klingon kemudian dikembangkan oleh ahli-ahli bahasa lain, terutama Marc Okrand, menjadi bahasa yang utuh dengan tata bahasa yang lengkap.

Sebagai penulis[sunting | sunting sumber]

Doohan, dibantu penulis Star Trek Peter David, menulis otobiografi berjudul Beam Me Up, Scotty: Star Trek's "Scotty" in his own words (1996, ISBN 0-671-52056-3)

Ia juga bekerja sama dalam tiga novel fiksi ilmiah dengan S.M. Stirling:

Wafat[sunting | sunting sumber]

Doohan menderita penyakit Parkinson, diabetes dan fibrosis paru-paru pada masa tuanya. Pada 2004, ia juga didiagnosa menderita penyakit Alzheimer. Pada 20 Juli 2005 pukul 5:30 pagi ia meninggal di rumahnya di Redmond, Washington dengan istrinya Wende dan teman lamanya (dan agennya) Steve Stevens di sampingnya.

Abu Doohan akan dikirim ke luar angkasa berdasarkan permintaannya. Rumah duka luar angkasa Space Services, Inc. telah mengatur kremasi dan peluncuran abu ke orbit Bumi, kemungkinan dengan roket Falcon 1 dari Vandenberg Air Force Base di California pada bulan September 2005. Abu penulis Star Trek John Meredyth Lucas, yang meninggal pada 2002, juga akan diluncurkan pada saat bersamaan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]