Jamal Abdillah (politikus)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jamal Abdillah
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis
Masa jabatan
16 September 2010 – 16 September 2014
PresidenSusilo Bambang Yudhoyono
Joko Widodo
GubernurRusli Zainal
WakilMambang Mit
Sebelum
Pendahulu
Indra Gunawan eed
Pengganti
Petahana
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir8 Agustus 1985 (umur 38)
Bengkalis, Riau
Partai politikPartai Keadilan Sejahtera
Suami/istriSuryana
Anak5
Orang tuaAbu Zakir (ayah)
Yustina (ibu)
Alma mater
Pekerjaan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Jamal Abdillah (lahir 8 Agustus 1985) adalah politikus berkebangsaan Indonesia. Setelah terpilih dalam Pemilu 2009, dia dipercaya menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis pada usia 26 tahun dan 2 bulan. menjadi Ketua DPRD Kabupaten/Kota termuda di Indonesia.[1][2][3][4][5][6]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Jamal terlahir dari keluarga Miskin. Ia adalah anak ke 3 dari 5 bersaudara. Ayah nya H. Abu Zakir adalah seorang pedagang Es Buah keliling, dan ibunya Hj. Yustina bekerja sebagai buruh cuci sejak jamal kecil hingga di lantik sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis pada tahun 2009. Masa kecil Jamal di habiskan di kota kelahiran nya tepatnya di Kelurahan Damon, Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis hingga menamatkan jenjang pendidikan SLTP pada tahun 2000. Awal tahun 2000 ia merantau ke Pekanbaru untuk melanjutkan pendidikan nya. Mendaftar dan lulus di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Pekanbaru juga di Sekolah Menengah Farmasi Pekanbaru. Ia Memilih Sekolah Menengah Farmasi Ikasari Pekanbaru. Selama belajar di Sekolah Menengah Farmasi Ikasari Pekanbaru ia Tinggal dan mengabdi sebagai Gharimin Masjid Akramunnas milik Universitas Riau Gobah, Pekanbaru,juga Bekerja sambilan sebagai pencuci piring di sebuah Rumah makan Padang di kawasan itu. selesai pendidikan di Sekolah Menengah Farmasi Pekanbaru, Ia sempat bekerja sebagai Asisten apoteker di Perusahaan farmasi PT. Kumala Melur, Asisten apoteker Apotek "Riau", Asisten apoteker Apotek "Mandiri", hingga pulang ke kampung halaman nya Bengkalis pada akhir 2004.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Memulai jenjang pendidikan Dasar di SDN 056 Desa Kelapapati, Bengkalis, Bengkalis pada Tahun 1990-1996, Melanjutkan ke MTsN Desa Wonosari, Bengkalis, Bengkalis pada 1997-2000, Disini Ia mulai akrab dengan gerakan Pramuka, hingga mewakili Indonesia ke kancah Internasional, Di Tahun 2000-2003 tercatat sebagai Siswa di Sekolah Menengah Farmasi Pekanbaru, atau Sekolah Asisten Apoteker Ikasari Pekanbaru, Riau, Palang Merah Remaja menjadi wadah bermain dan belajar bagi dirinya untuk memimpin dan memupuk Jiwa sosial. sempat vakum belajar karna harus bekerja pada tahun 2006-2008 Jamal Abdillah JA menimba ilmu di STAIN Al-Kautsar Bengkalis, desa Wonosari, Bengkalis, Bengkalis dan tercatat sebagai ketua LDK selama satu periode. Setelah menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis ia di undang oleh Lembaga Ketahanan Nasional untuk mengikuti pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan,Lemhanas angkatan XIV tahun 2012.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Jabatan partai politik
Didahului oleh:
Indragunawan
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bengkalis
26 oktober 2011 – 15 oktober 2014
Diteruskan oleh:
Heru Wahyudi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Riau Terkini". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-05. Diakses tanggal 2015-08-03. 
  2. ^ Riau Today[pranala nonaktif permanen]
  3. ^ Riau Pos[pranala nonaktif permanen]
  4. ^ "Hallo Riau". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-07-01. Diakses tanggal 2015-08-02. 
  5. ^ Merdeka
  6. ^ Pekanbaru Ekspres

Pranala luar[sunting | sunting sumber]