Hydropolis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Hydropolis Underwater Hotel and Resort merupakan sebuah hotel terencana yang akan menjadi resor mewah bawah laut pertama di dunia. Terletak 66 kaki di bawah permukaan Teluk Persia, lepas pantai Jumeira di Dubai. Dilengkapi dengan beton dan besi, dinding Plexiglas dan atap melengkungnya akan membolehkan tamu melihat ikan dan makhluk laut lainnya. Terbagi menjadi tiga bagian: stasiun darat, dimana tamu disambut; terowongan penghubung, yang akan mengangkut tamu menggunakan kereta menuju wilayah utama hotel; dan 220 suite di komplek bawah laut itu. Luasnya akan mencapai 260 hektare, seluas Hyde Park di London, dan senilai £300 juta[1]. Hotel ini dianggap sebagai hotel berbintang 10.

Hotel tersebut dijadwalkan dibuka tahun 2007. Tetapi, pada Februari 2008, peluncuran Hydropolis ditunda, karena masalah biaya dan dampak proyek terhadap kehidupan laut, proyek ini telah mengalami penundaan besar, dan dijadwalkan dibuka tahun 2009[2].

Hotel itu, bersama dengan proyek kembar lainnya, sedang dibangun oleh Crescent Hydropolis Holdings LLC, sebuah firma yang secara khusus dibentuk untuk pembangunannya. Perancangnya adalah Joachim Hauser.

Proyek kembar[sunting | sunting sumber]

Lainnya, hotel bawah laut direncanakan di Qingdao di Cina, dijadwalkan dibuka tahun 2009, akan dibangun di Laut Kuning dimana kedalamannya mencapai 16 hingga 20 meter ketika gelombang surut. Tamu akan tiba di hotel dengan kapal pesiar, yang juga direncanakan sebuah menara hidro di darat, rencananya dibuka untuk Olimpiade 2008 di Beijing. Harga setiap suite diperkirakan di atas harga properti bintang lima. Kamar reguler diberi harga seperti properti bintang lima lainnya.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]